Jumat, 05 September 2014

Tugu Khatulistiwa Pontianak Indonesia



Tentang Tugu Khatulistiwa

Di Kota Pontianak yang dijuluki dengan Kota Khatulistiwa terdapat Tugu Khatulistiwa yang menjadi icon kota ini dan menjadi salah satu tujuan wisata. Tugu ini berada di Jalan Khatulistiwa, Kelurahan Siantan, Kecamatan Pontianak Utara, Propinsi Kalimantan Barat. Nama lain tugu ini adalah Equator Monument.

Bangunan Tugu Khatulistiwa ini terdiri dari 4 tonggak kayu belian yang berdiamater 0.30 meter, tinggi 3.05 meter. Tonggak bagian belakang tempat lingkaran dan anak panah penunjuk arah memiliki tinggi 4.40 meter. Di tengah diameter lingkarannya terdapat tulisan EVENAAR yang berarti khatulistiwa, di bawah anak panah terdapat plat dengan tulisan 109o 20' OLvGr yang menunjukkan letak berdirinya Tugu Khatulistiwa pada garis bujur timur.

Ada peristiwa menarik yang terjadi di Tugu Khatulistiwa, yaitu terjadinya titik kulminasi matahari. Titik kulminasi ini berlangsung ketika matahari berada tepat di garis khatulistiwa dimana posisi matahari tepat berada di atas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda di permukaan bumi. Saat titik kulminasi terjadi, bayangan tugu dan benda-benda lain di sekitar tugu akan menghilang beberapa detik saat diterpa sinat matahari. Titik kulminasi matahari ini terjadi setahun dua kali: 21-23 Maret dan 21-23 September.

Untuk dapat melihat Tugu Khatulistiwa ini tidak dipungut biaya, namun jika kamu ingin mendapatkan sertifikat Tugu Khatulistiwa sebagai bukti bahwa kamu pernah berkunjung ke Tugu Khatulistiwa ini kamu bisa membayar sebesar Rp. 10.000,-. Di sertifikat tersebut akan terdapat foto pengunjung yang bersangkutan dan tanda tangan Walikota Pontianak.

Akses ke Tugu Khatulistiwa

Dari pusat Kota Pontianak, Tugu Khatulistiwa berjarak sekitar 3 km dan dapat ditempuh dengan menggunakan bus atau angkutan kota yang menuju lokasi Tugu Khatulistiwa.

Sumber : utiket.com