Senin, 20 Oktober 2014

Candi Gedung Songo Semarang Indonesia



Tentang Candi Gedung Songo

Kesembilan candi kecil Hindu (Gedung Songo berarti 'sembilan bangunan' dalam bahasa Jawa) yang di dalamnya sendiri tidak begitu mengesankan namun berharga. Gedung Songo adalah salah satu kompleks candi paling indah yang berlokasi di Jawa.

Mereka dibangun pada abad ke-8 dan ke-9 jauh sebelum Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Candi Songo dibangun pada waktu yang sama dengan candi di Dieng namun dengan cara yang berbeda.

Kuil ini terletak di atas sebuah stratovulcanon dan disisi Gunung Unguran, 30 km sebelah selatan kota Semarang tua. Lima dari candi dalam kondisi baik setelah direnovasi besar-besaran pada 1980-an.

Candi Songo dibagi menjadi tiga kompleks yang masing - masing berjarak 3 km. Yang paling menarik dari Candi Songo adalah pemandangan yang sangat indah di kompleks terakhir, pada ketinggian 1000 m setelah kamu melewati sumber belerang dan mata air panas. Dari sebelah selatan kamu dapat melihat Gunung Merbabu dan di belakangnya Gunung Merapi dengan karakteristik asap yang membanggakan, sedangkan di sebelah barat adalah Gunung Sumbing dan Gunung Sundoro.

Candi Songo dan kawasan Gunung Unguran merupakan tujuan akhir pekan yang populer bagi mereka yang tinggal di Semarang, terutama pada hari Minggu. Candi Songo buka setiap hari dari pukul 06:00 sampai jam 17:00. Biaya masuk Rp 7,000 per orang.

Akses ke Candi Gedung Songo

Candi Songo berada sekitar 6 km sebelah timur dari kota Bandungan atau 30 km sebelah selatan dari Semarang. Dari Semarang bisa menggunakan bus menuju Sumawono dan turun di dasar bukit dan untuk ke atas bukit, kamu bisa menggunakan ojek atau berjalan kaki dengan jarak sekitar 3 km.

Sumber : utiket.com