Jumat, 17 Oktober 2014

Danau Rawa Pening Semarang Indonesia



Tentang Danau Rawa Pening

Danau Rawa Pening mempunyai luas sekitar 2.670 hektar. Lokasinya berada di Kabupaten Semarang dan menempati wilayah empat kecamatan yakni Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Bawen, Kecamatan Tuntang serta Kecamatan Banyubiru. Selain itu danau ini dikelilingi oleh empat gunung yaitu Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, Gunung Ungaran serta Gunung Kendil.

Daya tarik utama Danau Rawa Pening tentu saja pemandangan indahnya yang merupakan favorit para fotografer. Tak heran jika lokasi ini juga sering digunakan untuk pengambilan foto pre wedding. Danau ini awalnya merupakan tempat favorit bagi warga sekitar untuk mencari ikan. Namun sayang, danau ini mengalami pendangkalan. Bahkan permukaannya pun kini banyak ditumbuhi oleh tumbuhan eceng gondok. Meski cantik, eceng gondok merupakan tumbuhan air yang bisa tumbuh dengan cepat, sehingga keberadaannya dapat memblokir aliran air dan menghambat perahu untuk berlayar. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu solusinya adalah dengan melakukan pembersihan dan pelatihan pemanfaatan eceng gondok sebagai bahan kerajinan.

Kini banyak warga setempat yang menggunakan perahu tradisional untuk memanen enceng gondok untuk digunakan sebagai bahan kerajinan. Meskipun penuh dengan eceng gondok namun ada juga area pemancingan di danau ini yang merupakan sumber mata pencaharian bagi para nelayan.

Ada beberapa spot menarik untuk menikmati kecantikan Danau Rawa Pening. Salah satunya berada di Desa Sumurup. Datanglah ke desa ini di pagi hari karena pemandangan dari sini sangat bagus. Banyak obyek foto yang menarik yang bisa pengunjung dapatkan seperti nelayan yang mencari ikan, matahari terbit dan sebagainya. Spot menarik berikutnya yaitu berada di Desa Kesongo. Pemandangan sore hari di desa ini sangat indah dari sini kita bisa melihat matahari terbenam.

Tiket masuk ke lokasi ini dikenakan biaya sekitar Rp 3.500 per orang. Loket tiketnya buka setiap hari mulai pukul 08.30 hingga pukul 21.00 WIB. Pengunjung pun bisa menyewa perahu motor di tempat ini dengan biaya sekitar 30.000/30 menit dan dapat menampung hingga enam orang penumpang. Sedangkan perahu untuk berkeliling danau dikenakan biaya sekitar 25.000 per jam dengan kapasitas penumpang antara 10-15 orang.

Akses ke Danau Rawa Pening

Menuju Rawa Pening bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi maka bisa lewat jalur Semarang-Solo. Sampai di pertigaan Ambarawa beloklah ke kanan lalu terus ikuti jalan dengan patokan lingkar selatan. Sementara jika menggunakan transportasi umum, dari kota Semarang bisa ditempuh dengan bus yang menuju ke Ambarawa atau Banyubiru. Bisa juga dari Terminal Terboyo Semarang dan langsung menuju ke Danau Rawa Pening.

Sumber : utiket.com