Selasa, 28 Oktober 2014

Pantai Nirwana Bau Bau Indonesia



Introduksi

Satu lagi pantai cantik yang dimiliki oleh Indonesia yakni Pantai Nirwana. Lokasinya berada di Kelurahan Sula, Kecamatan Betoambari, Bau-Bau, Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Jaraknya sekitar sembilan kilometer dari pusat kota Bau-BauNirwana mempunyai arti surga. Dinamakan Pantai Nirwana, karena keindahan yang ditawarkan pantai ini sangat mempesona, sehingga membuat siapapun yang berkunjung ke sini serasa berada di surga.

Pantai Nirwana mempunyai hamparan pasir pantai yang berwarna putih. Air lautnya mempunyai tiga kombinasi warna yakni putih, biru kehijauan dan biru muda. Ombak di pantai ini sangat tenang, bahkan tanpa karang. Sangat cocok untuk bermain air, berenang maupun diving. Semilir angin yang sejuk serta sederetan pohon kelapa yang ada di bibir pantai semakin menambah pesona pantai ini.

Di kawasan pantai ini sering dijumpai aktivitas penyelaman (diving) serta aktivitas pemotretan keindahan bawah laut oleh para wisatawan mancanegara. Pantai ini juga memiliki beberapa spot untuk menikmati keindahan sunrise maupun sunset. Memang baik di atas maupun di bawah permukaan lautnya, pantai ini tetap menyajikan keindahan.

Bagi masyarakat setempat, Pantai Nirwana tidak hanya sebatas sebagai tempat wisata saja. Sebagian ada yang memanfaatkanya sebagai kegiatan terapi untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti asma atau gangguan saluran pernafasan lainnya. Caranya hanya dengan berendam di dalam air laut pantai. Entah benar atau tidak, namun konon beberapa orang telah membuktikan khasiatnya.

Fasilitas

Di pantai ini tersedia jasa penyewaan ban untuk berenang maupun jasa penyewaan perlengkapan selam yang cukup lengkap. Pengunjung juga bisa menggunakan fasilitas Gode-Gode yakni sejenis gubuk yang dapat digunakan untuk beristirahat dan melepas penat. Beberapa warung makan dan restoran juga bisa Anda temukan di sekitar kawasan pantai. Begitu juga dengan tempat menginap. Ada banyak penginapan yang tesedia di sekitar kawasan ini.

Akses Transport

Pantai Nirwana jaraknya sekitar sembilan kilometer dari pusat kota Bau-Bau. Akses ke pantai ini cukup mudah. Dapat ditempuh menggunakan kendaraan darat baik kendaraan pribadi atau angkutan umum seperti ojek motor.

Waktu tempuhnya sekitar 15 menit dari pusat kota Bau-Bau atau hanya sekitar 5-10 menit dari Bandara Bau-Bau. Jangan khawatir, ada banyak papan petunjuk arah yang menginformasikan lokasi pantai. Bila menggunakan ojek motor biayanya sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per orang.

Sumber : utiket.com