Jumat, 31 Oktober 2014

Pantai Pandawa Denpasar Bali Indonesia



Introduksi

Bali memang sudah menjadi icon wisata di negara Indonesia, keindahan pantai di Bali sudah sangat terkenal sampai ke luar negeri. Banyak wisatawan asing yang sengaja datang ke Bali untuk berlibur. Nah baru-baru ini Bali membuka pantai baru untuk para wisatawan. Namanya Pantai Pandawa. Pantai ini terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Pantai ini tidak jauh dari kawasan wisata Nusa Dua dan Pura Uluwatu. Jaraknya kurang lebih sekitar tiga kilometer dari Nusa Dua. Pantai Pandawa ini dahulunya dikenal dengan nama Secret Beach atau Pantai Kutuh. Keindahannya memang sudah disadari oleh penduduk setempat dan beberapa wisatawan. Namun karena sulitnya akses untuk masuk kesini, membuat pantai ini sepi pengunjung. Untungnya Pemerintah Daerah sekitar tanggap dengan potensi wisata yang dimiliki oleh pantai ini. Kemudian dibangunlah akses jalan yang memudahkan wisatawan menuju ke Pantai Pandawa.

Pantai Pandawa memang berada di balik perbukitan karst. Sepanjang perjalanan menuju pantai ini Anda akan menemukan tebing-tebing karst yang tinggi menjulang. Diantara tebing karst tersebut ada patung dari kelima tokoh Pandawa yakni Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa. Sehingga namanya disebut dengan nama Pantai Pandawa.

Hamparan pasir di Pantai Pandawa berwarna putih lembut. Air lautnya juga jernih berwarna hijau kebiruan. Lokasinya juga cocok untuk berenang, karena ombak yang datang ke bibir pantai akan pecah terhalang karang. Pantai ini juga mempunyai sunrise yang cantik karena berada di bagian timur. Di sekitar pantai kita bisa juga melihat aktivitas para petani rumput laut, aktivitas pecinta paralayang di atas bukit. Anda juga bisa menyewa sebuah kano dengan biaya sekitar Rp 15.000. Satu kano mampu mampu menampung dua orang. Anda juga akan diberi fasilitas jaket pelampung, jadi tidak usah takut untuk tenggelam.

Fasilitas

Di kawasan pantai ini banyak tersedia fasilitas warung makan yang menawarkan menu nasi goreng, mie goreng, menu makanan laut hingga masakan barat. Jika ingin berjemur, disediakan pula jasa penyewaan kursi beserta payungnya dengan biaya sekitar Rp 30.000 (bila belum dinaikkan). Selain itu beberapa penginapan juga bisa Anda dapatkan di kawasan ini.

Akses ke Pantai Pandawa

Jarak lokasi pantai sekitar 18 kilometer dari Bandara Ngurah Rai. Untuk menuju ke tempat ini, Anda bisa menggunakan kendaran sewa atau kendaraan pribadi.

Rutenya :

Dari bandara langsung menuju ke Kuta lalu menuju ke arah Garuda Wisnu Kencana. Dari sini belok kiri menuju ke arah Nusa Dua atau Bali Cliff. Ambil jalan lurus hingga tiba di pertigaan yang sedikit besar. Di pertigaan tersebut Anda akan menemukan papan petunjuk arah yang menginformasikan lokasi Pantai Pandawa.

Belok kiri dari pertigaan tersebut dan ikuti jalan hingga sekitar 3-4 kilometer, Anda akan menemukan sebuah tikungan menanjak dan papan petunjuk arah ke Pantai Pandawa. Belok kanan dan ikuti papan petunjuk arah tersebut hingga sekitar 3 kilometer dan lokasi pantai sudah mulai terlihat.

Biaya tiket masuk

Harga tiket masuk ke kawasan ini sekitar Rp 2.000 per orang (bila belum dinaikkan).

Sumber : utiket.com