Senin, 13 Oktober 2014

Pantai Ujung Pandaran Sampit Indonesia



Tentang Pantai Ujung Pandaran

Pantai Ujung Pandaran adalah salah satu pantai yang ada Kota Sampit dan merupakan salah satu tempat wisata favorit. Pantai Ujung Pandaran terletak di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kota Waringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. Jarak Pantai Ujung Pandaran dari Kota Sampit yaitu sekitar 80 km arah selatan. Pantai Ujung Pandaran langsung berbatasan dengan Laut Jawa.

Letak Pantai Ujung Pandaran yang jauh dari hiruk pikuk kota merupakan tempat yang menarik bagi Anda untuk berlibur melepas lelah dari rutinitas sehari-hari. Pantai Ujung Pandaran berpasir putih, butiran-butiran pasirnya juga sangat halus. Di sekitar pantai banyak ditemukan kayu-kayu besar yang berserakan. Kayu-kayu tersebut adalah kayu-kayu yang dibawa oleh ombak besar hingga bibir pantai.

Penduduk di sekitar pantai sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Anda bisa mengamati aktivitas nelayan yang sedang mencari ikan menggunakan perahu. Di sana para penduduk juga banyak yang membuat ikan asin, maka tak heran bila semerbak bau khas ikan asin menyambut Anda saat Anda berkunjung ke sana. Selain itu, setiap tahunnya diadakan ritual Simah Laut yang merupakan ritual tolak bala yang dilakukan oleh para nelayan Ujung Pandaran sebelum mereka memulai pelayaran untuk mencari ikan. Ritual ini diadakan setiap tanggal 10 bulan Syawal. Para nelayan tersebut akan bergotong royong membersihkan pantai sebelum acara ritual dimulai, kemudian berbagai sesaji akan dilarung ke tengah laut. Mereka mempercayai dengan adanya ritual ini akan mendatangkan keselamatan dan limpahan rejeki selama melaut.

Ketika senja tiba, Pantai Ujung Pandaran menawarkan pemandangan yang sangat indah, yaitu sunset atau matahari terbenam. Anda bisa menikmati sunset Pantai Ujung Pandaran sembari duduk santai di saung-saung yang ada di sekitar area pantai.

Akses ke Pantai Ujung Pandaran

Dari Kota Sampit: menggunakan kendaraan pribadi atau sewa dengan memakan waktu kurang lebih selama 3 jam. Perjalanan menggunakan jalur darat dan akan menjadi perjalanan yang menarik karena Anda akan melewati perkebunan kelapa dan semak-semak belukar di samping kiri kanan. Anda juga akan melewati jalanan yang tak terlalu bagus dengan sesekali aspal, kerikil dan semen.

Dari Kota Palangkaraya: menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum bisa naik bus jururan Palangkaraya-Sampit dari Terminal Palangkaraya. Setibanya di Sampit dilanjutkan menggunakan bus yang menuju ke Teluk Sampit, tempat dimana Pantai Ujung Pandaran berada.

Sumber : utiket.com