Kamis, 09 Oktober 2014

Pesona Pantai Kaliantan Lombok Indonesia



Tentang Pesona Pantai Kaliantan

Pantai satu ini dikenal dengan nama Pantai Kaliantan. Lokasinya berada di Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Jaraknya sekitar 72 km dari pusat kota Mataram. Pantai ini memang tidak terlalu populer. Meski begitu suasana pantainya pun masih cukup asri dan tenang.

Air laut di pantai ini cukup jernih, berwarna biru segar. Garis pantainya cukup panjang sekitar dua kilometer. Hamparan pasir pantainya berwarna putih kecoklatan seperti bubuk merica. Tak hanya itu pemandangan bawah lautnya pun masih cukup terjaga. Tak heran beberapa wisatawan menyempatkan diri untuk snorkeling di pantai ini. Pantai ini juga mempunyai gelombang laut yang cukup tinggi dengan karakteristik ombak yang cukup tenang. Sehingga cocok juga untuk melakukan kegiatan surfing.

Di kawasan Pantai Kaliantan terdapat padang rumput yang membentang luas serta beberapa bukit. Anda bisa naik ke atas bukit dan menikmati panorama pantai atau sunset yang menakjubkan. Sekali dalam setahun, terkadang lokasi pantai ini dipilih untuk melakukan kegiatan Tradisi Bau Nyale. Tradisi ini biasanya berlangsung antara bulan Februari hingga Maret. Saat acara berlangsung, pantai ini biasanya akan ramai oleh pengujung.

Fasilitas

Untuk masuk ke kawasan pantai ini belum dikenakan biaya tiket masuk. Selain itu di pantai ini, belum terdapat fasilitas yang memadai seperti warung makan, toilet atau penginapan. Jadi sebaiknya Anda membawa bekal makanan / minuman sendiri. Bila mau menginap, Anda bisa mendirikan tenda atau menyewa penginapan di pusat kota Mataram, Lombok.

Akses ke Pesona Pantai Kaliantan

Jaraknya sekitar dua hingga tiga jam perjalanan dari pusat kota Mataram, Lombok. Untuk menuju ke lokasi ini sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Karena tidak ada transportasi umum yang menuju ke lokasi. Rutenya adalah dari pusat kota Mataram menuju ke timur ke arah Kabupaten Lombok Timur. Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke arah selatan melalui Kecamatan Sikur – Sakra – Keruak – Jerowaru – Pemongkong – Kaliantan.

Sumber : utiket.com