Selasa, 04 November 2014

Air Terjun Madakaripura Surabaya Indonesia



Tentang Air Terjun Madakaripura

Satu lagi, air terjun cantik yang ada di Indonesia, Air Terjun Madakaripura. Air terjun ini masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Air terjun Madakaripura berada di tebing-tebing hijau yang menjulang tinggi. Air terjun ini seakan-akan menyerupai tirai di seluruh bidang tebingnya, cantik sekali.

Suasana kawasan air terjun dilengkapi dengan pemandangan hijau khas pegunungan, serta udara yang masih bersih dan segar. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 200 meter. Menjadikannya sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia setelah Air Terjun Sigura-gura yang ada di Kabupaten Toba Samosir, Parapat, Provinsi Sumatera Utara.

Air Terjun Madakaripura juga dijuluki sebagai air terjun abadi, karena aliran air pada air terjun ini tidak pernah berhenti, bahkan di saat musim kemarau. Oh iya, sebaiknya Anda mebawa baju ganti atau jas hujan jika ingin berkunjung ke sini, karena bisa dipastikan baju akan basah oleh percikan air terjun.

Menurut Kitab Jawa Kuno, Negarakertagama, Madakaripura dahulunya merupakan sebidang tanah yang diberikan oleh Raja Majapahit yakni Hayam Wuruk kepada Patih Gajah Mada. Di tempat ini pula konon Sang Patih moksa dari muka bumi (menghilang secara fisik dan spiritual). Maka tak heran bila di dekat kawasan air terjun ini terdapat patung Sang Patih Gajah Mada. Air terjun ini masih dianggap sebagai Tirta Sewana (Air Suci) bagi umat Hindu. Sehingga setiap tahunnya, masyarakat Tengger yang ada di sekitar kawasan Gunung Bromo menggunakan air dari air terjun ini sebagai air suci untuk prosesi Mendhak Tirta.

Fasilitas

Tiket masuk ke kawasan wisata air terjun ini dikenakan biaya sekitar Rp 3.000 per orang (di luar parkir kendaraan). Sedangkan bila ingin menggunakan jasa pemandu, bisa mendapatkannya dengan biaya sekitar Rp 50.000 sekali jalan. Beberapa fasilitas seperti warung makan, kamar mandi umum, masjid serta jasa penyewaan payung juga tersedia di kawasan ini.

Akses ke Air Terjun Madakaripura

Cara termudah untuk menuju air terjun ini yaitu dengan kendaraan pribadi atau menyewa mobil dari Surabaya atau Malang. Dari Surabaya pejalanan menuju Air Terjun kurang lebih makan sekitar tiga jam perjalanan. Rutenya dari Surabaya-Sidoarjo-Porong-Pasuruan-Probolinggo. Setelah sampai di Kecamatan Tongas, Probolinggo, akan ada sebuah pertigaan dengan papan petunjuk arah yang menginformasikan arah ke Gunung Bromo dan Air Terjun Madakaripura, ikuti petunjuk itu.

Setelah perjalanan kurang lebih sekitar 20-30 menit Anda akan melihat tanda arah lagi untuk menuju ke Air Terjun Madakaripura ini. Ikuti tanda ini maka Anda akan sampai di depan pintu masuk Air Terjun Madakaripura. Sesampainya di area parkir, Anda diharuskan berjalan kaki kurang lebih sekitar satu kilometer melewati jalan setapak serta menyeberangi sungai sebelum akhirnya sampai di lokasi air terjun. Medan untuk menuju ke lokasi air terjun ini memang agak berat. Apalagi di kawasan ini sering terjadi banjir dan longsor. Ada baiknya bila Anda menggunakan jasa pemandu wisata yang umumnya berasal dari warga setempat. Karena mereka pastinya lebih menguasai suasana dan keadaan kawasan ini.

Sumber : utiket.com