Jumat, 28 November 2014

Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali Indonesia



Introduksi

Selain pantai, Bali juga memiliki obyek wisata air terjun. Salah satunya bernama Air Terjun Tegenungan atau dikenal pula dengan nama Air Terjun Kemenuh. Letaknya ada di Sungai Tukad Petanu, tepatnya berada di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Jaraknya sekitar 16 kilometer dari pusat kota Denpasar. Air terjun ini tidak seperti air terjun lainnya yang berada di dataran tinggi atau pegunungan, namun justru berada di dataran rendah.

Tinggi air terjun ini hanya sekitar empat meter, namun debit air terjun ini cukup deras dan menyegarkan. Di sekelilingnya juga memiliki pemandangan yang indah. Pepohonan yang hijau dan asri bisa Anda saksikan dari sini. Bila mau, Anda bisa sekedar bermain air atau mandi di lokasi ini. Air terjun ini juga cocok dikunjungi oleh Anda para pecinta fotografi. Beberapa sudutnya cocok untuk dijadikan sebagai lokasi pemotretan.

Fasilitas

Di sini telah tersedia fasilitas pemandian dan air pancuran yang bisa digunakan oleh pengunjung. Beberaa warung makan sederhana yang menjual berbagai makanan dan minuman ringan bisa Anda dapatkan di lokasi ini. Begitu juga untuk penginapan, dapat dengan mudah Anda temukan di sekitar kawasan ini.

Akses ke Air Terjun Tegenungan Denpasar

Air terjun ini jaraknya sekitar 16 kilometer dari pusat kota Denpasar. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, sewa atau angkutan umum seperti taksi untuk menuju ke lokasi. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit perjalanan.

Rutenya :

Dari pusat kota Denpasar, bisa langsung menuju ke Sukawati. Setelah melewati Pasar Seni Sukawati, lurus terus hingga tiba di perempatan jalan. Dari sini, ambil arah ke kanan yang menuju ke Tegenungan. Lurus ikuti jalan, sekitar satu setengah kilometer, Anda sudah sampai di Air Terjun Tegenungan. Dari tempat parkir, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni anak tangga. Jumlahnya sekitar 150an anak tangga.

Sumber : utiket.com