Minggu, 30 November 2014

Es Air Mata Pengantin



Selain sebagai nama tumbuhan, Air Mata Pengantin juga merupakan sebuah nama minuman dingin. Yup, Es Air Mata Pengantin adalah minuman khas Indonesia yang berasal dari Riau. Dinamakan Es Air Mata Pengantin karena dulunya minuman ini biasa disajikan saat acara pernikahan maupun acara-acara lainnya yang mengandung unsur kebahagiaan. Sehingga seringkali orang menyebut minuman ini sebagai simbol dari air mata yang bahagia.

Minuman ini rasanya sangat segar dan enak. Isinya terdiri dari berbagai macam agar-agar yang kenyal dan berwarna-warni. Selain itu minuman ini juga dilengkapi dengan biji selasih, sirup, serutan es batu, serta blewah. Biji selasih selain biasa digunakan sebagai pelengkap atau campuran  minuman dingin, juga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah dapat membantu mengurangi masalah pencernaan, menghilangkan rasa sakit, menurunkan demam dan lain-lain.

Cara pembuatan minuman ini pun cukup mudah. Sebelumnya siapkan terlebih dahulu bahan-bahan utamanya seperti agar-agar, blewah, biji selasih serta jelly kenyal sejenis nata de coco. Setelah itu masak atau rebus agar-agar dengan air dan gula. Bila mau, Anda bisa membuat agar-agar dengan beberapa pilihan warna agar lebih menarik. Setelah matang, tuang agar-agar tersebut ke dalam wadah lalu dinginkan.

Proses selanjutnya, setelah dingin, serutlah agar-agar tersebut lalu serta blewah yang juga telah diserut. Jangan lupa juga untuk menambahkan serutan es batu dan juga sirup. Untuk sirup, biasanya menggunakan sirup cocopandan. Dan Es Air Mata Pengantin yang segar sudah bisa Anda nikmati. Cukup mudah bukan.

Sumber : utiket.com