Selasa, 25 November 2014

Pantai Maluk Sumbawa Indonesia



Introduksi

Sumbawa Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat, memiliki obyek wisata berupa pantai yang tidak kalah indahnya dibandingkan dengan pantai-pantai di Bali. Pantai ini disebut dengan Pantai Maluk yang terletak di Desa Maluk, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat. Dari Pantai Maluk wisatawan juga bisa melihat pesona keindahan Teluk Maluk.

Surganya para Peselancar

Ombak di pantai Maluk diberi julukan Super Suck karena ombak yang menuju daratan terpecah oleh sebuah tanjung yang oleh penduduk setempat diberi nama Tanjung Ahmad. Pecahnya ombak ini menggulung hingga ketinggian di atas dua meter, oleh sebab itu ombak di Pantai Maluk masuk ke dalam daftar ombak terbaik bagi para peselancar.

Di sekitar pantai banyak papan selancar serta kano yang disewakan dengan tarif Rp 5.000 per jam untuk kano (bila harga belum berubah). Pasirnya yang putih dan lembut menjadikan wisatawan betah berlama-lama di pantai ini untuk sekedar berjemur. Selain itu terdapat pula tempat penangkaran penyu yang berada tepat di tepi pantai.

Fasilitas

Meski telah dibangun pancuran terbuka, area voli serta area bermain anak-anak di Pantai Maluk namun kapasitas untuk fasilitas tersebut masih minim. Selain area bermain di sini juga telah dikembangkan dengan adanya rumah makan yang menyajikan menu makanan sea food, di sini juga sudah tersedia hotel dengan tarif sekitar Rp 150.000 hingga Rp 250.000 per hari.

Akses ke Pantai Maluk

Untuk mengunjungi Pantai Maluk tidak terlalu sulit karena transportasi yang dibutuhkan oleh wisatawan tersedia setiap saat. Dari Ibu Kota NTB, Mataram sekitar 6 jam perjalanan untuk sampai ke Pantai Maluk, sekitar 2 jam perjalanan menggunakan feri dari Pelabuhan Kayangan Lombok dan selebihnya perjalanan di tempuh melalui jalur darat.

Sumber : utiket.com