Kamis, 27 November 2014

Pantai Toyolawa Gunung Sitoli Indonesia



Introduksi

Pantai Toyolawa merupakan salah satu pantai yang cukup populer di Pulau Nias, tepatnya berada di Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara. Jaraknya sekitar dua jam perjalanan dari Gunung Sitoli.

Pantai Toyolawa memiliki hamparan pasir pantai berwarna putih dan merah kecoklatan. Sebagian pasir pantainya ada yang bercampur dengan bebatuan kerikil. Beberapa bebatuan karang serta deretan pohon kelapa juga tampak menghiasi bibir pantai ini. Konon bebatuan karang tersebut berasal dari sebuah peristiwa alam yang pernah terjadi di Pulau Nias. Air laut di pantai ini masih cukup jernih dan menyegarkan. Sesekali di tengah laut, tampak beberapa kapal nelayan yang sedang melakukan aktivitasnya. Di pantai ini, Anda bisa berenang di garis pantainya yang cukup dangkal.

Pantai Toyolawa juga sering dijadikan sebagai tempat acara keluarga karena suasana di sini sangat mendukung dan terasa nyaman. Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota juga memudahkan masyarakat untuk menjangkaunya. Pada saat akhir pekan atau liburan, kawasan pantai ini biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan. Namun saat hari biasa, cukup sepi dari pengunjung.

Fasilitas

Pantai ini masih minim fasilitas. Namun beberapa penginapan dan tempat makan bisa Anda dapatkan di sekitar kawasan pantai ini.

Akses ke Pantai Toyolawa Gunung Sitoli

Untuk menuju Pantai Toyolawa, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan sewa atau angkutan umum dari Gunung Sitoli. Akses jalan ke lokasi pantai sudah cukup bagus.

Rutenya dari Gunung Sitoli - Kecamatan Lahewa. Waktu tempuhnya sekitar dua jam perjalanan. Dari Lahewa, akan ada papan petunjuk yang menginformasikan lokasi pantai.

Bila menggunakan angkutan umum, Anda bisa menggunakan angkot dengan dari Gunung Sitoli dengan jurusan Gunung Sitoli – Lahewa. Biayanya sekitar Rp 35.000 sekali jalan. Dari Lahewa, Anda bisa lanjut dengan menggunakan ojek motor untuk menuju ke lokasi pantai.

Sumber : utiket.com