Senin, 03 November 2014

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi Indonesia



Introduksi

Pantai Wedi Ireng merupakan salah satu pantai cantik yang ada di Banyuwangi. Lokasi tepatnya berada di Desa Pancer, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Jaraknya hanya sekitar tiga kilometer dari Pulau Merah atau sekitar 65 kilometer sebelah selatan pusat kota Banyuwangi.

Pantai ini masih sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan, sehingga suasananya masih cukup tenang dan asri. Pantai ini memiliki air laut yang berwarna biru dan cukup jernih. Bibir pantainya dikelilingi oleh pepohonan berwarna hijau sehingga memberikan suasana teduh. Pasir pantainya tersusun dari pasir berwarna putih dan hitam yang menjadi satu. Selain itu beberapa karang yang ada di pinggir pantai semakin menambah pesona pantai ini.

Lokasinya yang cukup tenang dan asri sangat cocok dijadikan sebagai lokasi pemotretan. Di pantai ini, Anda bisa bermain air, berenang ataupun memancing bila mau. Selain itu di pantai ini juga mempunyai beberapa tempat terbaik untuk menikmati panorama sunrise maupun sunset.

Fasilitas

Pantai ini masih sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan, sehingga masih minim fasilitas. Anda tidak akan menemukan penjual makanan atau minuman di sini. Jadi jangan lupa bawalah bekal makanan/minuman sendiri. Bila mau menginap, Anda bisa mendapatkan tempat menginap di sekitar kawasan Pedotan atau mendirikan tenda di kawasan pantai.

Akses ke Pantai Wedi Ireng

Pantai ini berjarak sekitar 65 kilometer dari pusat kota Banyuwangi atau sekitar tiga kilometer dari Pulau Merah. Akses menuju ke lokasi memang tidak mudah. Bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi dan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Waktu tempuhnya sekitar 3 hingga 4 jam perjalanan. Atau dapat ditempuh dari Pulau Merah dengan menggunakan kapal nelayan setempat. Waktu tempuhnya hanya sekitar 15 menit perjalanan.

Rutenya :

Dari kota Banyuwangi langsung menuju ke Kecamatan Jajag, lalu ikuti petunjuk jalan yang menuju ke arah Pulau Merah.

Kira-kira sekitar tiga kilometer sebelum sampai di Pulau Merah, Anda akan menemukan papan petunjuk arah yang menginformasikan lokasi Pantai Pancer. Ikuti papan petunjuk arah tersebut.

Dari Pancer ada Anda bisa parkir di sekitar kawasan TPI Pancer dan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Setelah itu, Anda harus menyeberangi sebuah muara. Caranya Anda bisa menyeberang dengan kapal nelayan setempat. Setelah itu, Anda akan melewati bukit yang penuh dengan pohon pisang sebelum masuk hutan. Dan kawasan Pantai Wedi Ireng akan terlihat setelah Anda berjalan sekitar 20 menit.

Sumber : utiket.com