Sabtu, 15 November 2014

Pesona Goa Gong Solo Indonesia



Introduksi

Goa Gong terletak di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 kilometer arah barat daya dari pusat kota Pacitan atau sekitar 140 kilometer sebelah selatan kota Solo. Goa ini merupakan salah satu goa terindah yang ada di Asia Tenggara.

Panjang goa ini sekitar 256 meter dan mempunyai stalaktit serta stalagmit yang berusia ratusan tahun. Dinamakan Goa Gong karena konon menurut cerita, dari dalam goa sering terdengar bunyi-bunyian yang menyerupai bunyi gong. Dalam goa ini sudah dilengkapi dengan beberapa lampu penerangan yang berwarna-warni. 

Memasuki lorong pertama gua, pengunjung akan disambut dengan stalaktit dan stalagmit goa yang membentuk seperti barisan ornamen.

Dalam balutan cahaya, bintik-bintik kecil putih yang ada pada beberapa barisan ornamen terlihat gemerlap seperti bintang dan cukup memukau. Goa ini sudah dilengkapi dengan fasilitas berupa tangga dan pegangan besi. Jadi jangan khawatir tidak mendapat tempat untuk pijakan kaki. Hanya saja terkadang jalan setapaknya terkesan licin dan basah, jadi tetap harus hati-hati. Untuk lebih amannya lagi, bisa juga menyewa jasa pemandu wisata untuk menemani perjalanan Anda menyusuri goa Anda dapat juga menyewa senter dengan biaya sekitar Rp 3.000

Fasilitas

Beberapa toko souvenir, rumah makan, mushola, toilet juga sudah tersedia di sekitar kawasan obyek wisata ini. Bagi Anda yang ingin menginap, tersedia pula beberapa hotel atau penginapan yang ada di pusat kota Pacitan.

Akses ke Pesona Goa Gong

Akses menuju ke Goa Gong sangat mudah. Bila Anda datang dari kota Solo, Anda harus menuju ke Pacitan terlebih dahulu. Banyak angkutan umum yang bisa Anda dapatkan untuk menuju ke lokasi. 

Jalannya pun sudah beraspal. Sampai di Pacitan, perjalanan lalu dilanjutkan menuju ke Desa Bomo, Kecamatan Punung. Dari sini Anda bisa langsung menuju ke lokasi goa.

Jam buka

Goa Gong buka mulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WIB

Biaya tiket masuk

Biaya tiket masuk ke area goa dikenakan sekitar Rp 7.000 per orang.

Sumber : utiket.com