Minggu, 09 November 2014

Pusat Laut Donggala Palu Indonesia



Introduksi

Tempat wisata ini cukup unik, namanya Pusat Laut Donggala. Pusat Laut Donggala terletak di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. Jaraknya sekitar 45 kilometer dari kota Palu. Pusat Laut Donggala masih berada di kawasan Pantai Tanjung Karang, sebuah pantai yang juga cukup terkenal keindahannya. Hanya sekitar 500 meter dari bibir Pantai Tanjung Karang.

Pusat Laut Donggala berupa sebuah sumur raksasa yang berdiameter sekitar sepuluh meter dan mempunyai kedalaman sekitar tujuh meter. Sumur tersebut terbentuk secara alami dan mempunyai ukiran bebatuan. Air di dalamnya berwarna biru jernih dan berasa asin seperti air laut. Uniknya, air di dalam sumur tidak pernah keruh meskipun banyak orang yang menggunakannya untuk berenang ataupun menyelam.

Keunikan lainnya adalah, air di dalam sumur raksasa ini akan pasang bila air laut sedang surut dan akan surut ketika air laut sedang pasang. Masyarakat setempat pun percaya bahwa air di dalam sini bisa mengobati segala macam penyakit. Maka tak jarang, banyak pengunjung yang membawa pulang air ini sebagai oleh-oleh. Biasanya mereka meminta tolong anak-anak setempat yang berenang di dalam Pusat Laut untuk mengambilkan air, tentu saja dengan upah sepantasnya.

Anda pun bisa juga berenang di dalam Pusat laut ini, namun harus dengan keahlian khusus ya, mengingat kedalamannya yang tak biasa. Selain itu, sempatkan juga untuk menikmati indahnya Pantai Tanjung Karang yang letaknya tidak begitu jauh dari Pusat Laut ini. Pantai tersebut cukup terkenal. Selain memiliki hamparan pasir berwarna putih, juga merupakan salah satu tempat favorit untuk snorkeling maupun diving.

Fasilitas

Fasilitas di Pusat Laut Donggala dan sekitarnya ini sudah cukup lengkap karena sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Tersedia juga beberapa penginapan dan tempat makan di lokasi ini.

Akses ke Pusat Laut Donggala

Tempat wisata ini cukup mudah dijangkau. Masih berada di kawasan Pantai Tanjung Karang Donggala. Jaraknya pun sekitar 45 kilometer sebelah utara dari pusat kota Palu. Dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi. Waktu tempuhnya sekitar 45 menit perjalanan. Ikuti saja papan petunjuk arah yang menginformasikan lokasi Pantai Tanjung Karang Donggala. Dari pantai ini, lokasi Pusat Laut sudah sangat dekat.

Sumber : utiket.com