Selasa, 16 Desember 2014

Pantai Nihiwatu Tambolaka Indonesia



Introduksi

Punya pantai di negeri sendiri tapi tidak bebas dikunjungi. Hmm, kedengarannya sedikit aneh. Tapi itulah kenyataan yang berlaku untuk Pantai Nihiwatu. Pantai berpasir putih sepanjang 2,5 km ini merupakan satu dari sepuluh pantai yang terbaik di Asia. Banyak peselancar dari mancanegara yang terpesona dengan ombak Pantai Nihiwatu. Mereka menjulukinya dengan Left God Waves.

Terletak di arah 30 km dari Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Propinsi Nusa Tenggara Timur, Pantai Nihiwatu dikelola oleh sebuah resort internasional bernama Resort Nihiwatu. Tidak semua orang bisa bebas memasuki lokasi pantai ini . Hanya tamu Resort Nihiwatu saja yang diperbolehkan. Jika kamu ingin menikmati keindahan Pantai Nihiwatu, kamu harus memesan kamar untuk menginap di Resort Nihiwatu terlebih dahulu.

Bangunan resort ini terdari dari villa-villa yang menghadap ke laut, bungalow dengan 3 kamar tidur besar yang dibangun di atas bukit yang dilengkapi dengan kolam pribadi yang menghadap ke Samudera Hindia. Begitu pula dengan restorannya pun dibangun menghadap ke arah pantai dengan model bangunan terbuka. Arsitektur dan ornamen bangunan yang ada di resort ini merupakan gabungan dari tradisional dan modern. Resort ini memang menawarkan keindahan laut dengan keeksotisan budaya Pulau Sumba. Hal tersebut membuat resort ini memenangkan penghargaan sebagai hotel terbaik ke-2 di Indonesia pada tahun 2012 yang diadakan oleh TripAdvisor. Walaupun pemilik resort ini adalah seorang warga negara asing, namun karyawannya adalah penduduk lokal dan mereka menjaga dengan baik kebersihan pantai dan fasilitas yang ditawarkan.

Untuk bisa menikmati fasilitas tersebut kamu harus merogoh kocekmu cukup dalam. Tarif untuk menginap di Resort Nihiwatu dipatok sekitar Rp 5 juta per malam. Itupun dengan minimum menginap selama 5 malam. Harga yang cukup wow untuk menikmati keindahan Pantai Nihiwatu.

Selain menikmati keindahan laut dan keeksotisan budayanya, banyak para tamu resort ini yang berselancar di Pantai Nihiwatu. Tidak semua peselancar bisa berselancar bersamaan dalam satu waktu. Di tempat ini hanya dibatasi maksimal 10 peselancar yang berada di pantai demi menjaga keamanan dan keselamatan mereka. Jika sudah ada 10 peselancar di pantai, peselancar lainnya harus menunggu giliran. Saat menunggu giliran, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan seperti memancing, snorkeling, diving atau berperahu ke daerah teluk.

Bulan terbaik untuk berkunjung ke resort ini antara bulan April - Desember setiap tahunnya. Setiap Januari dan Februari Resort Nihiwatu tutup.

Akses ke Pantai Nihiwatu Tambolaka

Dari Bandara Ngurah Rai, Denpasar kamu bisa terbang ke Bandara Tambolaka menggunakan Aviastar, TransNusa, Wings Air atau Merpati. Dari Bandara Tambolaka kamu bisa menyewa mobil untuk melanjutkan perjalanan menuju Pantai Nihiwatu dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam. Tarif sewa mobilnya sekitar Rp. 300.000 - 400.000.

Sumber : utiket.com