Selasa, 23 Desember 2014

Pesona Kepulauan Banda Ambon Indonesia



Introduksi

Kepulauan Banda terletak di Bandaneira, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Indonesia atau berjarak sekitar 132 kilometer sebelah tenggara kota Ambon. Kepulauan Banda sebenarnya terdiri dari tiga pulau besar dan tujuh pulau kecil. Panorama di kepulauan ini cukup indah, begitu juga dengan keindahan bawah lautnya.

Menurut sejarah, Kepulauan Banda merupakan penghasil rempah-rempah khususnya pala yang terbesar di dunia. Maka tak heran bila sejak tahun 600-an, Bangsa Tiongkok sudah mulai berdagang di kepulauan ini. Lalu diikuti oleh Bangsa Moro, Bangsa Portugis, Inggris dan Belanda di tahun 1621.

Pesona keindahan Kepulauan Banda memang cukup terkenal. Perairan lautnya yang cukup hangat serta keindahan bawah laut yang dimiliki menjadikannya sebagai salah satu surga bagi para penyelam dunia. Beberapa spot untuk menyelam pun tersedia di kepulauan ini. Beberapa tempat juga menyediakan jasa penyewaan perahu serta alat untuk menyelam. Namun saat musim hujan tiba yakni antara bulan Juli hingga September, hanya beberapa spot untuk menyelam saja yang boleh dikunjungi.

Fasilitas

Dari penginapan sederhana hingga hotel mewah bisa Anda dapatkan di tempat ini. Selain itu beberapa rumah makan juga menyediakan menu makanan tradisional yang bisa Anda cicipi. Tak kalah ketinggalan beberapa penjual cinderamata lokal juga bisa Anda dapatkan di sini.

Akses ke Pesona Kepulauan Banda Ambon

Tempat terdekat untuk berkunjung ke tempat ini adalah dari kota Ambon. Setelah tiba di Bandara Pattimura Ambon, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan pesawat kecil menuju ke Bandaneira yang mempunyai jadwal penerbangan seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Tidak ada penerbangan pulang-pergi sehingga penerbangan kembali juga harus melalui Bandaneira.

Atau Anda bisa juga menggunakan kapal feri KM Ciremai yang beroperasi dua kali seminggu dari Ambon ke Bandaneira dengan waktu tempuh sekitar tujuh jam perjalanan.

Sumber : utiket.com