Senin, 22 Desember 2014

Pulau Samalona Makassar Indonesia



Introduksi

Selama ini obyek wisata di Makassar selalu identik dengan Pantai Losari. Namun tahukah Anda bahwa di Makassar terdapat sebuah pulau yang memiliki keindahan alam yang sangat cantik? Nama pulau tersebut adalah Pulau Samalona. Pulau ini merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar tujuh kilometer dari kota Makassar.

Pulau Samalona memiliki pantai dengan hamparan pasir berwarna putih. Air lautnya masih berwarna biru jernih. Di pulau ini terdapat banyak pohon kelapa yang semakin menambah kecantikannya. Pulau Samalona juga terkenal dengan keindahan dunia bawah lautnya. Selain berenang, Anda juga bisa menyelam / diving di sini. Terumbu karangnya masih cantik dengan ikan lautnya yang berwarna-warni.

Selain itu, pulau ini juga menyimpan misteri tentang karamnya sejumlah kapal peninggalan Perang Dunia Ke-2. Setidaknya ada tujuh buah kapal yang tenggelam di kawasan pulau ini. Diantaranya adalah Kapal Maru (sebuah kapal perang milik Jepang yang tenggelam di kedalaman sekitar 30 meter), Kapal Lancaster Bomber, Kapal Kargo Hakko Maru buatan Belanda dan beberapa kapal lainnya. Saat ini kapal-kapal tersebut telah berubah menjadi karang dan menjadi rumah bagi ratusan biota laut. Para wisatawan biasanya datang ke pulau ini untuk berenang diantara bangkai kapal-kapal tersebut.

Fasilitas

Di kawasan pulau ini terdapat beberapa warung makan yang menawarkan berbagai menu seafood yang cukup segar. Beberapa penginapan sederhana juga tersedia di kawasan pulau ini. Mushala dan toilet umum juga sudah tersedia di sini. Selain itu jasa penyewaan perlengkapan diving atau snorkeling juga bisa Anda dapatkan di pulau ini.

Akses ke Pulau Samalona Makassar

Pulau ini jaraknya sekitar tujuh kilometer dari pusat kota Makassar. Anda bisa menuju ke lokasi ini melalui sebuah dermaga yang terletak di dekat Pantai Losari maupun dari dermaga yang ada di dekat Benteng Fort Rotterdam. Dari dermaga tersebut, Anda bisa menyewa sebuah speed boat dengan biaya sekitar Rp 300.000 hingga Rp 400.000 untuk pulang-pergi atau tergantung kesepakatan dengan si pengemudi. Waktu tempuhnya sekitar 30 hingga 40 menit perjalanan.

Sumber : utiket.com