Senin, 15 Desember 2014

Rute Penerbangan Terpendek di Dunia



Penerbangan komersil biasanya identik untuk menghubungkan dua tempat yang letaknya saling berjauhan. Bila jaraknya dekat, angkutan darat biasa digunakan. Atau bila terpisah oleh perairan, kapal menjadi salah satu angkutan utama untuk menghubungkannya. Namun uniknya di dunia ini ada rute penerbangan komersial yang jaraknya sangat pendek. Rute tersebut menghubungkan antara Pulau Westray dan Pulau Papa Westray yang ada di Kepulauan Orkney, Skotlandia, Inggris. 

Pulau Papa Westray sendiri merupakan sebuah pulau yang memiliki sekitar 60 situs arkeologi. Maskapai yang melayani rute penerbangan ini adalah Loganair, sebuah maskapai asal Skotlandia. Padahal jarak antara kedua pulau hanya dipisahkan oleh sebuah perairan kecil. 

Jarak rute penerbangan ini hanya sekitar 2,7 kilometer saja. Secara resmi, waktu tempuh penerbangannya  hanya sekitar dua menit perjalanan. Namun bila, kondisi angin normal, waktu tempuhnya hanya sekitar 47 detik. Harga tiket untuk rute ini sekitar USD 30 per penumpang. Dan tentunya selama perjalanan, tidak ada layanan apapun yang ditawarkan untuk penumpang.

Sumber : utiket.com