Senin, 31 Maret 2014

Bandara Terbaik di Dunia Tahun 2014


Skytrax tahun ini kembali mengumumkan sepuluh bandara terbaik di dunia. Dan tahun 2014 ini Bandara Changi yang ada di Singapura kembali terpilih menjadi Bandara Terbaik di Dunia (World’s Best Airport) dalam acara “2014 World Airport Awards”. Acara tersebut diselenggarakan di Passenger Terminal EXPO, Barcelona, Spanyol. 

Selain itu dalam acara yang sama, Bandara Changi juga berhasil meraih penghargaan sebagai Bandara Terbaik untuk Fasilitas Rekreasi (Best Airport for Leisure Amenties). Hal ini tidak lepas karena lengkapnya fasilitas dan hiburan yang ada di terminal bandara. Begitu juga dengan adanya Skytrain pada bandara ini, juga lebih memudahkan akses dari satu terminal ke terminal lainnya. 

Bandara Changi telah memenangkan penghargaan sebagai Bandara Terbaik di Dunia dua tahun berturut-turut. Menurut CEO Skytrax yakni Edward Plaisted hal tersebut menandakan bahwa Bandara Changi lebih dari bandara biasa. Selain itu menurutnya bandara ini terus melakukan peningkatan kualitas agar menjadi bandara paling favorit di seluruh dunia. Semoga dengan adanya penghargaan ini akan lebih memacu bandara yang ada di Indonesia untuk lebih meningkatkan kualitas dan pelayanannya. Jadi selamat untuk Bandara Changi yang ada di Singapura.

Sumber : utiket.com

Rumah Adat Banua Mbaso


Indonesia terdiri dari berbagai macam suku dan daerah. Sehingga mempunyai banyak tradisi, adat, serta seni dan budaya. Begitu pula dengan rumah adat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah Banua Mbaso

Banua Mbaso merupakan salah satu rumah adat yang ada di Kampung Lere, Palu, Sulawesi Tengah. Rumah ini dikenal juga dengan nama Sou Raja yang bermakna Rumah Besar atau Pondok Raja. Rumah adat ini dibangun oleh Raja Palu yakni Jodjokodi pada tahun 1892. Awalnya selain sebagai pusat pemerintahan kerajaan, juga berfungsi sebagai tempat tinggal raja beserta keluarga. 

Bangunan rumah ini ditopang dengan sejumlah tiang kayu berbentuk balok persegi empat. Tiang kayu yang digunakan berasal dari jenis kayu yang berkualitas tinggi, sehingga meski kini sudah berumur ratusan tahun, bangunannya masih terlihat kokoh. Untuk atap bangunan berbentuk piramida segitiga dan dihiasi dengan berbagai ukiran yang disebut dengan panapiri. Pada dasarnya bangunan ini merupakan perpaduan antara rumah adat Sulawesi Selatan dengan rumah adat Kalimantan Selatan

Rumah adat ini terbagi menjadi tiga ruangan yakni Lonta Karawana (ruang depan) yang berfungsi untuk menerima tamu, Lonta Tata Ugana (ruang tengah) yang berfungsi untuk menerima tamu yang masih ada hubungan keluarga serta Lonta Urana (ruang belakang) yang digunakan sebagai ruang makan. Selain itu hampir semua bagian bangunan ini mempunyai hiasan kaligrafi Arab yang bermotif bunga dan daun yang melambangkan kesuburan, kemuliaan serta keramahtamahan dan kesejahteraan untuk penghuninya. Jadi sudah sepantasnya bangunan ini dirawat dan dijaga kelestariannya.

Maskapai terbang ke Palu



Sumber : utiket.com

Minggu, 30 Maret 2014

Rumah Pohon Suku Korowai


Indonesia terdiri dari banyak suku. Salah satunya adalah Suku Korowai. Suku Korowai menempati pedalaman Papua, tepatnya di sekitar wilayah Kaiba, Kabupaten Mappi, Papua, Indonesia. Suku ini mulai dikenal oleh banyak orang sekitar tahun 1974. Meski tinggal di pedalaman Papua, namun suku ini termasuk salah satu suku yang tidak menggunakan koteka. Uniknya, suku ini membangun rumahnya di atas pohon yang disebut dengan Rumah Tinggi

Rumah pohon Suku Korowai biasanya dibangun di atas pohon dengan ketinggian sekitar 15 hingga 50 meter. Rumah dibangun di atas pohon untuk menghindari gangguan binatang buas maupun roh-roh jahat. Menurut kepercayaan mereka, semakin tinggi rumah yang dibangun maka semakin jauh pula gangguan roh jahat. 

Bahan yang digunakan untuk membangun rumah berasal dari alam. Seperti kayu, rotan, akar atau ranting pohon. Pada bagian dinding atau atap, biasanya menggunakan kulit kayu atau anyaman dari daun sagu. Sedangkan untuk lantainya biasanya hanya dilapisi kulit kayu saja. Cara pembuatannya, sepenuhnya dilakukan secara manual. Satu-satunya alat yang digunakan hanyalah kapak atau parang yang biasa digunakan untuk berburu dan tali rami untuk mengikat bagian demi bagian. 

Rumah pohon Suku Korowai biasanya paling tidak harus bisa menampung lebih dari sepuluh orang termasuk hewan peliharaan mereka. Sehingga pembuatan lantainya haruslah kuat. Setelah pembangunan selesai, si pemilik biasanya akan mengoleskan lemak hewani pada penyangga dan tangga di rumah tersebut. Suku ini pernah masuk dalam film dokumentasi BBC Human Planet. Dalam film dokumentasi tersebut, Suku Korowai menujukkan bahwa mereka dapat membangun rumah pohon setinggi 114 meter hanya dalam waktu dua minggu..! Wow! 

Meski selalu hidup di atas rumah pohon, Suku Korowai hanya menebang pohon sesuai dengan keperluan saja. Mereka tidak pernah menebang pohon secara sembarangan. Mereka juga hanya turun dari rumah untuk mencari makanan seperti buah-buahan dan daging saja. Dengan begitu memang kelestarian flora dan fauna hutan di Papua akan tetap terjaga kelestariannya.

Sumber : utiket.com

Sabtu, 29 Maret 2014

Hotel Pertama di Indonesia


Tahukah Anda bahwa hotel berbintang pertama dibangun di Jakarta, Indonesia? Nama hotel tersebut adalah Hotel Indonesia yang diresmikan pada tanggal 5 Agustus 1962 oleh Presiden Soekarno. Hotel Indonesia adalah hotel bintang lima yang dibangun untuk menyambut Asian Games IV tahun 1962. Hotel tersebut dibangun di atas lahan seluas 25.082 meter persegi dengan arsitek perancangnya adalah Abel Sorensen dan istrinya Wendy yang berasal dari Amerika Serikat. Hotel Indonesia mempunyai slogan A Dramatic Symbol of Free Nations Working Together

Setelah dilakukan peresmian, hotel ini dimanfaatkan untuk menampung para tamu negara serta atlet mancanegara yang bertanding dalam rangka Asian Games IV. Design hotel bangunan ini dibuat layaknya huruf T. Seluruh kamar yang ada pada hotel pun mempunyai jendela luas yang mengarah ke pemandangan ibu kota Jakarta. Tak hanya itu dekorasi pada hotel juga menggambarkan karakter nasional dari bangsa Indonesia. Salah satunya adalah adanya relief berjudul “Balinese Life” yang berupa pahatan di atas batu andesit dan menggambarkan tentang masyarakat Bali. Selain itu terdapat juga patung “Gadis Kerikan” yang terletak di dekat kolam renang hotel. 

Dalam perjalanannya, hotel ini sempat mengalami beberapa renovasi. Pengelolaannya pun kini telah beralih ke pihak swasta yakni beralih ke jaringan Kempinski Group. Sehingga nama hotel bersejarah ini pun telah berganti menjadi Hotel Indonesia Kempinski. Sebuah nama yang disesuaikan dengan nama pengelolanya. Meski telah berganti pengelola, semoga saja karakter nasional yang ada pada hotel ini tetap terjaga kelestariannya.

Sumber : utiket.com

Bandara Dengan Mall Pertama di Indonesia


Setelah Bandara Kualanamu di Medan, satu lagi konsep bandara keren yang ada di Indonesia. Dibalik pro dan kontra rencana pergantian nama bandara menjadi Bandara Internasional Aji Muhammad Sulaiman, kali ini giliran Bandara Sepinggan yang mempunyai terminal bandara baru dengan konsep mall. Terminal bandara baru ini menjadikan Bandara Sepinggan sebagai Bandara dengan mall yang pertama di Indonesia. 

Bandara Sepinggan berada di Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia. Karena selalu melebihi kapasitas penumpang, akhirnya pemerintah merenovasi bandara sepinggan ini dengan membangun terminal baru. Setelah renovasi diharapkan bandara ini mampu menampung 15 juta penumpang per tahunnya dari kapaitas awal yang hanya mampu menampung sekitar 2 juta penumpang saja per tahun. Terminal bandara baru ini sudah mulai beroperasi sejak Sabtu lalu tanggal 22 Maret 2014. 

Proses renovasi bandara sendiri selesai dalam jangka waktu 32 bulan yaitu dimulai sejak Agustus 2011. Bandara ini mempunyai konsep futuristik modern. Renovasi bandara sendiri menghabiskan dana kurang lebih sekitar Rp 2 triliun yang digunakan untuk membangun terminal penumpang seluas 110.000 meter dan gedung parkir seluas 77.000 m. Sedangkan proyek bandara ini dikerjakan oleh PT Angkasa Pura I. 

Salah satu keistimewaan terminal baru Bandara Sepinggan ini adalah dilengkapi dengan aneka fasilitas yang modern. Ada Mal setinggi tiga lantai, sehingga penumpang yang baru turun dari pesawat bisa langsung melintasi mal tersebut. Selain itu bandara ini juga dilengkapi dengan fasilitas butik dan hotel. Fasilitas lainnya adalah bandara dilengkapi dengan 11 unit garbarata, 74 konter check in, 8 unit conveyor dan apron seluas 140.900 m persegi. 

Untuk sistem keamanan bandara sendiri telah dilengkapi dengan fasilitas yang mutakhir seperti aplikasi Airport Integrated Management System (AIMS) dan Hold Baggage Screening (HBS) level 4 serta memilii gedung parkir yang mampu menampung hingga 2.300 unit kendaraan. Asyiknya lagi bandara ini memiliki banyak taman di dalam ruangan. Taman ini selain ditanami dengan berbagai bunga juga ditanami dengan pohon jenis palem setinggi empat meter, sehingga menjadikan suasana ruangan semakin segar dan asri.

Sumber : utiket.com

Jumat, 28 Maret 2014

Sate Lilit Khas Bali


Bali memang mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan, beragam tempat wisata kebudayaan hingga wisata kulinernya yang khas. Salah satu kuliner khas Bali yang menjadi favorit para wisatawan dan jarang ditemui di kota lain yaitu sate. Eits, jangan membayangkan potongan daging kecil-kecil yang ditusuk kemudian di bakar ya, sate yang satu ini beda. Namanya sate lilit, tidak seperti sate pada umumnya, daging sate lilit sudah dicincang halus terlebih dahulu dan dicampur dengan bumbu serta parutan kelapa. Sajian sate khas ini biasanya menggunakan daging ikan sebagai bahan utamanya. Daging ikan ini kemudian dibentuk menyerupai kepalan kecil dan dililitkan pada batang serai atau batang tebu atau bambu lalu dibakar di atas arang. Biasanya arang yang digunakan terbuat dari batok kelapa. 

Sate lilit Bali konon berasal dari daerah Karangasem, tapi sekarang sate lilit ini bisa ditemui di hampir setiap sudut kota di Bali. Mulai dari pedagang keliling, pedagang kaki lima, bahkan restauran elit pun menyediakan sate lilit ini. Bahkan kini, bagi Anda yang tidak suka dengan daging ikan, tersedia juga sate lilit dengan daging ayam sebagai bahan utamanya. Soal harga sangat terjangkau, biasanya satu tusuk sate lilit ikan dihargai seribu hingga dua ribu rupiah saja. 

Sate lilit biasanya disajikan dengan ketupat atau tipat serta plecing kangkung. Soal rasa jangan ditanya, bumbu khas Bali yang digunakan sangat terasa disetiap gigitannya. Pedas, wangi, manis dan gurih bercampur menjadi satu. Meskipun terbuat dari daging ikan dan kelapa, sate lilit bisa bertahan hingga tiga hari lamanya. Sehingga cocok juga dibeli untuk oleh-oleh. Sate yang akan dibawa ke luar kota biasanya sate mentah yang belum dibakar. Jadi, jangan lupa mencicipi kelezatan sate lilit ini ya saat jalan-jalan ke Bali.

Sumber : utiket.com

Tips Berlibur di Bali Saat Nyepi


Tahun ini Hari Raya Nyepi jatuh pada tanggal 31 Maret 2014. Praktis di hari Nyepi itu pulau Bali akan syahdu dan sunyi nyaris tanpa aktivitas. Para wisatawan pun kebanyakan hanya boleh beraktivitas di dalam hotel saja. Mungkin terdengar membosankan ya, pergi berlibur ke Bali saat hari Nyepi seperti itu. Eits, tunggu dulu berlibur ke Bali saat nyepi tetap bisa seru kok dengan tips berikut : 

Pilih tiket pesawat sebelum atau sesudah Hari Raya Nyepi

Saat Nyepi bandara akan ditutup. Begitu juga dengan kendaraan lainnya juga tidak diperbolehkan beraktivitas. Sebaiknya Anda datang ke Bali maksimal H-2 sebelum Nyepi. Agar Anda tidak terjebak di dalam bandara karena hampir semua aktivitas berhenti. Begitu juga untuk tiket pesawat pulangnya pilih penerbangan paling tidak satu atau dua hari setelah Hari Raya Nyepi. 

Pilih hotel dengan fasilitas lengkap

Saat Nyepi biasanya beberapa hotel di Bali menyediakan promo menarik dengan harga yang jauh lebih murah. Tapi Anda harus jeli ya, pilih hotel yang menyediakan fasilitas lengkap. Kenapa? Karena pada saat Nyepi wisatawan hanya diperbolehkan di lingkungan hotel saja, tidak boleh pergi jalan-jalan ke tempat wisata. Jika fasilitas hotel lengkap Anda bisa memanfaatkannya untuk mengisi hari Anda selama Hari Raya Nyepi

Bawa senter elektronik

Malam hari di saat Nyepi semua lampu akan dimatikan termasuk lampu kamar hotel kecuali bila Anda membawa anak kecil. Lampu yang boleh tetap menyala hanya lampu baca saja. Untuk itu Anda bisa membawa senter elektronik yang bisa dichas ketika habis untuk menerangi kamar Anda. 

Bawa bekal makanan dan obat-obatan

Saat Nyepi tidak ada warung makanan yang buka, meskipun pihak hotel biasanya masih tetap menyediakan makanan yang bisa diantar ke kamar Anda. Namun untuk jaga-jaga sebaiknya Anda menyediakan bekal makanan dan minuman. Semua minimarket di Bali akan buka hingga pukul 22.00 WITA sehari sebelum Hari Raya Nyepi. Anda bisa membeli aneka makanan dan minuman disana. Begitu juga dengan obat-obatan. Sebaiknya siapkan obat pribadi karena pada saat Nyepi aktivitas rumah sakit pun juga terbatas. 

Bawa perlengkapan renang, buku, gadget dan laptop

Beberapa benda inilah yang bisa menjadikan hari Anda tetap seru meskipun hanya berada di lingkungan hotel. Anda tetap bisa berenang di dalam hotel, membaca buku di dalam kamar, bermain gadget atau laptop, serta mendengarkan musik dengan headset juga masih bisa Anda lakukan asalkan tidak membuat kegaduhan. Selain itu biasanya beberapa hotel juga menyediakan Paket Khusus untuk memperingati Hari Raya Nyepi seperti yoga, sauna atau message. 

Menyaksikan ritual menyambut Nyepi

Ada beberapa ritual yang dilakukan oleh umat Hindu Bali menjelang perayaan Nyepi. Ritual ini sangat menarik untuk wisatawan. Wisatawan pun boleh turut serta menyaksikannya asalkan menggunakan pakaian yang sopan dan tidak mengganggu pelaksanaan ritual. Ritual yang dilangsungkan antara lain ritual Melasti yang bertujuan untuk membersihkan benda-benda yang disakralkan ke laut, danau atau sumber mata air. Ritual ini diselenggarakan beberapa hari sebelum perayaan Nyepi. Ritual lainnya yakni Upacara Tawur Agung Kesanga yaitu upacara pengorbanan suci untuk menetralisir para roh jahat agar tidak mengganggu kehidupan manusia. Upacara biasanya akan dilakukan pada siang hari. Pada malam harinya sekitar pukul 19.00 WITA, masyarakat dan wisatawan bisa menyaksikan parade ogoh-ogoh yaitu boneka besar yang merupakan simbol dari roh jahat dan diarak.

Sumber : utiket.com

Kamis, 27 Maret 2014

Nikmatnya Rendang Khas Minangkabau


Kuliner yang satu ini sangat terkenal di Indonesia dan bahkan sudah mendunia. Yupss, bener banget apalagi kalau bukan rendang. Pada tahun 2011, makanan khas ini berada di peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods yang diselenggarakan oleh CNN international. Siapa yang tak suka dengan rendang ini, daging sapi yang diolah sedemikian rupa dengan bumbu dan rempah serta santan kelapa menjadikan kuliner ini mempunyai rasa yang khas. Selain pedasnya yang pas, gurihnya juga sangat terasa. 

Proses memasak rendang memang cukup rumit memakan waktu berjam-jam, biasanya sekitar empat jam atau hingga kuah rendang mengering dan berwarna hitam pekat. Rendang bisa tahan sampai berminggu-minggu loh walaupun tanpa bahan pengawet. Sehingga banyak yang membawa rendang untuk bekal perjalanan jauh. Selain itu rendang juga cocok digunakan untuk oleh-oleh. 

Rendang berasal dari Sumatera khususnya daerah Minangkabau. Selain menjadi sajian keseharian masyarakat Minang, rendang juga merupakan masakan tradisi masyarakat Minang yang selalu disajikan dalam berbagai acara adat. Rendang bisa ditemukan di hampir semua restoran atau warung padang yang terdapat di hampir seluruh wilayah Indonesia. Masakan ini cukup terkenal hingga ke luar negeri. Walau begitu, masing-masing daerah di Minangkabau memiliki teknik memasak dan bumbu yang berbeda. Jenis rendang berbeda-beda, ada rendang kering, ada juga rendang basah atau sering disebu Kalio. Untuk rendang jenis ini tidak bisa bertahan lama hanya sekitar satu minggu saja. 

Rendang mempunyai filosofi budaya Minangkabau yaitu Dagiang (Daging) sebagai bahan utamanya melambangkan “Niniak Mamak” yang melambangkan para pemimpin suku adat. Sedangkan Krambia (Kelapa) merupakan lambang “Cadiak Pandai” yakni kaum intelektual yang akan merekatkan kebersamaan kelompok dan individu. Lado (sambal) merupakan lambang alim ulama yang memiliki sifat tegas untuk mengajarkan syariat agama. Terakhir Pemasak (bumbu) yang melambangkan kebersamaan atau keseluruhan dari masyarakat Minangkabau

Di jaman sekarang rendang juga telah mengalami banyak variasi tidak hanya menggunakan daging sapi saja sebagai bahan utamanya tetapi juga daging ayam, telur, daging itik, ikan dan juga jengkol. Soal rasa sudah pasti akan membuat siapapun yang mencobanya akan ketagihan.

Sumber : utiket.com

Perayaan Sekaten Yogyakarta


Yogyakarta atau yang sering disebut Jogja merupakan salah satu kota menarik di Indonesia. Tak salah jika kota ini mendapat gelar Daerah Istimewa. Kebudayaan dan tradisi yang masih kental dipertahankan oleh masyarakatnya, membuat Jogja selalu menarik untuk di kunjungi bukan hanya wisatawan lokal saja bahkan wisatawan asing betah tinggal berlama-lama di kota ini. Sebagai kota budaya tentu Jogja mempunya bermacam kebudayaan, salah satunya yaitu tradisi Sekaten

Upacara Sekaten ini sudah ada sejak jaman Kerajaan Demak atau sekitar abad ke 16. Perayaan Sekaten diadakan satu tahun sekali pada Bulan Maulud yang merupakan bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW. Upacara sekaten ini diawali dengan Pasar malam yang diadakan selama 39 hari di alun-alun Utara. Pasar malam menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Jogja. Aneka macam permainan, pedagang pakaian dan makanan tumpah ruah di sini. Banyak makanan khas Sekaten yang bisa kita temukan disini, seperti nasi gurih, sate gajih, brondong jagung, cambuk rambak dan lain-lain. Selain makanan, banyak juga pedagang yang menjual sirih serta pecut atau cambuk, banyak yang percaya jika memakan sirih di acara ini akan membuat awet muda, sedangkan cambuk dibawa pulang agar hasil panen melimpah. 

Ada beberapa pendapat yang berbeda tentang asal-usul tradisi Sekaten ini. Antara lain pendapat yang mengatakan bahwa kata Sekaten berasal dari kata “Syahadatain” yaitu dua kalimat syahadat dalam ajaran Islam. Ada juga yang mengatakan bahwa kata sekaten berasal dari kata “Sekati” yaitu nama dari dua perangkat pustaka Kraton yang berupa gamelan dan disebut dengan nama Kanjeng Kyai Sekati. Gamelan tersebut biasanya akan ditabuh pada acara peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW.

Sementara pendapat lain mengatakan kata sekaten berasal dari kata “suka dan senang hati” karena menyambut hari Maulud serta perasaan syukur dan bahagia dalam perayaan pasar malam yang diselenggarakan di alun-alun utara. 

Puncak acara peringatan Sekaten diadakan pada tanggal 12 Maulud persis di hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Acara ini biasanya dimulai pada jam delapan pagi dan ditandai dengan “Grebeg Muludan”. Dalam acara ini ada sebuah Gunungan yang terbuat dari beras ketan, aneka makanan tradisional, sayuran dan buah-buahan yang melambangkan kesejahteraan Kerajaan Mataram. “Gunungan” ini akan diarak serta dikawal oleh sepuluh macam prajurit Kraton dari istana Kemandungan lalu melewati Sitihinggil dan baru kemudian menuju Masjid Agung. Setelah didoakan, gunungan ini akan dibagikan kepada masyarakat. 

Biasanya dalam acara ini masyarakat sudah penuh sesak dan saling berebut untuk mendapatkan Gunungan. Mereka percaya bahwa bagian dari Gunungan akan membawa berkah, terutama bagi para petani. Bagian gunungan ini biasanya akan dibawa pulang oleh masyarakat dan ditanam di sawah agar menjadi subur dan terhindar dari malapetaka.

Maskapai terbang ke Yogyakarta

AirAsia AirAsia
Lion Lion
Xpress Xpress
Sriwijaya Sriwijaya
Silkair Silkair
Garuda Garuda
Citilink Citilink
Malaysia Malaysia


Sumber : utiket.com

Rabu, 26 Maret 2014

Obyek Wisata Yang Terancam Punah


Banyak tempat menarik yang menakjubkan di dunia ini yang bisa kita lihat dan bahkan kita kunjungi. Namun akibat pemanasan global yang menyebabkan perubahan iklim dan anomali cuaca yang semakin tidak jelas, menyebabkan beberapa tempat wisata ini terancam rusak, bahkan punah. Sangat miris jika ini benar-benar terjadi. Ada baiknya jika kita mulai melakukan hal-hal kecil untuk menjaga bumi ini. Berikut adalah lima tempat wisata yang terancam rusak : 

Laut Mati Yordania

Laut mati Yordani adalah laut yang mengandung kadar garam tinggi, sehingga kita tidak akan tenggelam jika berenang di laut ini. Selain itu Laut Yordania juga merupakan laut paling asin yang ada di dunia. Sayangnya laut ini terancam punah karena air laut perlahan menguap dan mulai surut dikarenakan suhu bumi yang semakin tinggi. Bahkan dalam beberapa tahun ini permukaan Laut Mati menyurut hingga lima centimeter per tahun. 

Venesia, Italia

Seperti yang kita tahu, Venesia adalah kota romantis yang ada di italia. Kota ini dikelilingi oleh kanal air sehingga transportasi utamanya adalah gondola. Namun akibat pencairan gletser maka air laut pun semakin meninggi. Permukaan air laut dan curah hujan yang semakin tinggi juga dapat mengakibatkan kota Venesia terancam hilang, tenggelam oleh air. 

Pegunungan Alpen, Eropa

Siapa yang tak kenal dengan pegunungan Alpen yang mendunia ini. Penggunungan ini terlihat sangat cantik karena berselimut salju. Namun meskipun pegunungan ini berada di kawasan dengan temperatur suhu yang rendah, dampak pemanasan global tetap tidak bisa di hindari. Pemanasan global yang terjadi akan memicu penipisan pada gletser salju yang menutupi pegunungan ini. Bahkan saat ini gunung tertinggi di wilayah pegunungan Alpen, Mont Blanc ini ketebalan gletsernya sudah menurun hingga empat puluh lima centimeter. 

The Great Barrier Reef Australia

Kawasan ini adalah kawasan terumbu karang terluas di dunia. Lebih dari 400 jenis terumbu karang ada di sini. Obyek wisata ini berada di Laut Coral, Queensland, timur laut Australia. Kawasan ini terancam punah. Salah satu faktor yang menyebabkannya adalah pemanasan global. Seperti cuaca yang tidak menentu, polusi air, matahari yang terlalu terik dan beberapa hal lainnya. Spot favorit para diving dunia ini bahkan diperkirakan akan punah pada tahun 2050. 

Taj Mahal, India

Ini adalah bangunan termegah dan tercantik di dunia. Bangunan ini sangat terkenal dan tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Namun banyaknya wisatawan yang datang justru membuat bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1638 ini semakin memprihatinkan. Wisatawan terkadang kurang bijak dengan memegang bagian bangunan secara sembarang. Selain wisatawan, Taj Mahal juga kian mengenaskan karena polusi yang disebabkan oleh kendaraan bermotor dan pabrik-pabrik di sekitar kawasan obyek wisata.

Sumber : utiket.com

Selasa, 25 Maret 2014

Makanan Khas Papeda


Selain nasi, makanan pokok masyarakat Indonesia lainnya adalah Papeda. Papeda adalah makanan khas yang terbuat dari sagu. Papeda biasanya menjadi menu utama bagi masyarakat Ambon, Papua dan masyarakat wilayah timur lainnya. 

Bahan utama pembuatan Papeda adalah tepung sagu. Bentuknya hampir menyerupai lem, bening dan lengket. Makanan ini dikenal juga dengan nama Bubur Sagu. Cara membuatnya sangat mudah. Tepung sagu disiram dengan air panas dan diaduk terus hingga mengental. Jika sudah mengental, barulah Papeda siap dihidangkan. 

Papeda mempunyai rasa tawar dan memiliki tekstur yang kenyal. Biasanya dihidangkan dengan kuah kuning yang terbuat dari ikan tongkol atau ikan mubara serta dibumbui dengan kunyit, jeruk nipis dan juga kelapa sisi yaitu kelapa tua yang dipotong sedang dan dimakan mentah. Karena teksturnya yang kenyal, maka diperlukan alat khusus untuk mengambil Papeda dari tempatnya. Alat yang biasa dipakai terbuat dari bambu dan biasa disebut dengan “Gata-Gata”. Biasanya Papeda dimakan tidak menggunakan sendok tetapi langsung dari piring, namun jika belum terbiasa memang sedikit susah sehingga memerlukan sendok untuk memakannya. 

Makanan ini merupakan makanan favorit untuk masyarakat Ambon dan wilayah timur lainnya. Rasanya tak lengkap jika makan tanpa Papeda. Makanan tradisional ini juga sudah menjadi turun temurun bagi anak dan cucu msyarakat Ambon. Bahkan saat ada acara adat, Papeda menjadi makanan yang wajib ada. Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba makanan unik ini?

Sumber : utiket.com

Senin, 24 Maret 2014

Es Pisang Ijo khas Makassar


Saat cuaca panas, minuman sejenis es menjadi salah satu pilihan untuk menyegarkan tenggorokan. Nah, salah satunya adalah wisata kuliner asal Makassar yakni es pisang ijo. Seperti namanya, bahan utama yang digunakan memang menggunakan pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Dulunya makanan ini hanya bisa ditemui di Bulan Ramadhan saja dan menjadi menu spesial orang Makassar saat berbuka puasa. Kini es pisang ijo sudah bisa kita jumpai kapan dan dimana saja. Bahkan di luar kota Makassar

Es pisang ijo terdiri dari pisang yang dibalut dengan dadar tepung berwarna hijau. Pisang yang digunakan biasanya adalah pisang raja. Pisang ini kemudian dipotong bulat lalu ditambah es serut, bubur sumsum dan terakhir diguyur dengan sirup merah dan susu kental manis. Bisa dibayangkan kan betapa segar es pisang ijo ini. 

Di Makassar sendiri es pisang ijo yang paling terkenal ada di Warung Bravo. Es pisang ijo di sini terkenal beda karena perpaduan manisnya sangat pas. Selain itu adonan tepung yang menyelimuti pisang juga tebal dan kenyal. Di Warung Bravo tersedia menu es khas Makassar lainnya yakni Es Palu Butung. Camilan khas Makassar seperti Jalang Kote (semacam pastel khas Makassar), lumpia serta otak-otak tersedia juga di warung ini. 

Jika ingin menu yang lebih berat, tersedia juga coto Makasar, sop konro, hingga nasi goreng. Es pisang hijau disini harganya Rp 14.000, sedangkan es palu butung sekitar Rp 13.000, untuk makanan lainnya harganya berkisar mulai Rp 3.500. Warung ini berada di Jalan Andalas 154. Jika Anda sedang jalan-jalan ke Makasar tak ada salahnya untuk mampir dan mencicipi es pisang ijo disini.

Sumber : utiket.com

Lima Sungai Terindah Di Dunia


Sungai-sungai berikut ini adalah beberapa sungai indah yang ada di dunia. Keberadaannya kerap menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan dunia. Penasaran, sungai apa saja? Simak info berikut ini : 

Sungai Hanalei, Kauai, Hawaii

Sungai ini memang cukup kecil dengan panjangnya hanya sekitar 25 kilometer dan berada di Pulau Kauai, Hawaii. Namun, jangan salah! Sungai ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Tepi sungai dikelilingi oleh hutan tropis dengan kehidupan liar yang masih asri di dalamnya. Selain itu sungai ini juga memiliki pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. 

Sungai Kenai, Alaska

Sungai ini terletak di Alaska dan panjangnya sekitar 132 kilometer. Sungai dikelilingi oleh Pegunungan Severe Nordics dan hutan. Kebanyakan wisatawan datang ke tempat ini untuk memancing atau berkemah. Spesies ikan Raja Salmon yang merupakan salmon terbesar menghuni sungai ini. 

Sungai Seine, Perancis

Sungai ini merupakan sungai utama di Perancis yang membelah kota Paris. Saat berlayar di sungai ini maka akan dijumpai berbagai bangunan cantik seperti Notre Dame hingga Menara Eiffel. Selain itu pemandangan matahari terbenam dari sungai ini juga cukup indah. 

Sungai Li, China

Sungai Li terletak di Guangxi, China. Aliran sungai ini berasal dari Pegunungan Mao’er di Xing’an yang mengalir ke selatan malalui Guilin, Yangshuo serta Pingle. Sungai ini memiliki panaorama yang sangat indah dengan adanya batu-batu kapur yang menjulang tinggi di sekitar sungai. 

Sungai Cano Cristales, Kolombia

Sungai ini terletak di Serrania de la Macarena, Kolombia. Sungai ini dikenal juga dengan nama Sungai Pelangi Cair karena di sungai airnya terdapat beberapa warna yakni merah, kuning, hijau dan biru. Warna-warna tersebut dihasilkan dari ganggang yang hidup di sungai, sehingga membuat sungai ini begitu indah.

Sumber : utiket.com

Minggu, 23 Maret 2014

Lima Stasiun Kereta Api Termegah di Dunia


Tidak hanya di Indonesia saja, berbagai negara di penjuru dunia juga menggunakan kereta api sebagai salah satu transportasi utama. Di sebagian negara, kereta api menjadi transportasi pilihan utama bagi sebagian besar warganya. Stasiun kereta apinya pun dibangun dengan sedemikian rupa agar mampu mengakomodir seluruh penumpang. Yuk kita intip stasiun KA mana saja yang menjadi stasiun KA termegah di dunia. 

Berlin Hauptbahnhof, Jerman

Hauptbahnhof memiliki arti stasiun kereta api utama. Stasiun KA ini terletak di ibukota negara Jerman, Berlin. Pembangunan stasiun KA ini selesai pada tahun 2006 dan menjadi stasiun KA terbesar di benua Eropa. Berlin Hauptbahnhof memiliki konstruksi bangunan yang modern dan megah yang terbuat dari logam dan panel kaca dengan arsitektur bangunan yang futuristik. Bangunan stasiun ini terdiri dari dua tingkat, empat belas bagian dan memiliki 80 stand toko di dalamnya. 

St. Pancras Station, Inggris

Stasiun KA yang dibangun antara tahun 1864-1868 ini berada di kota London, ibukota negara Inggris. Arsitektur bangunan kuno di stasiun KA ini masih dipertahankan dengan arsitektur khas Britania yang berpadu dengan gaya Gothik terang. Hal tersebut membuat stasiun KA ini terlihat megah apalagi di dalam stasiun ini terdapat bar sampanye terpanjang di dunia. 

La Gare de Strasbourg, Perancis

Stasiun KA ini terletak di kota Strasbourg, Perancis yang berada di dekat perbatasan dengan negara Jerman. Pembangunan stasiun ini dirancang oleh seorang arsitek yang berasal dari Berlin, Johann Jacobsthal pada tahun 1883. Pada tahun 2007, stasiun ini sempat direnovasi dengan penambahan rangka kaca dan 120 meter konstruksi kaca di bagian luar bangunan. Hal tersebut menjadikan stasiun KA ini berkilau bagaikan permata saat sinar matahari menerpanya. 

Stasiun Kanazawa, Jepang

Salah satu stasiun KA di Negeri Sakura ini memiliki arsitektur bangunan bergaya tradisional berbasis kayu yang dipadukan dengan arsitektur modern berbasis logam. Pintu gerbang stasiun ini memiliki tinggi empat belas meter seperti halnya gerbang tradisional khas Jepang. Di dalam stasiun ini juga terdapat kubah besar yang terbuat dari 3.000 panel kaca yang menghubungkan antara bagian timur bangunan stasiun dengan bagian barat. 

Southern Cross Station, Australia

Stasiun KA ini berada di kota Melbourne, Australia dan menjadi stasiun KA utama di kota tersebut. Arsitektur bangunan stasiun ini terlihat sangat mengesankan dengan atapnya yang bergelombang. Stasiun ini dibuka pada tanggal 17 Januari 1859. Namun pada tahun 2002-2006, stasiun ini direkonstruksi dengan memakai rancangan arsitektur dari Nicholas Grimshaw. Arsitektur bangunan stasiun ini dinilai sangat mengesankan dan berhasil meraih penghargaan Lubetkin Prize oleh the Royal Institute of British Architects pada tahun 2007. Lubetkin Prize merupakan penghargaan tahunan untuk bangunan yang paling mengesankan di luar Uni Eropa.

Sumber : utiket.com

Sabtu, 22 Maret 2014

Efek Sering Naik Pesawat


Tahukah Anda jika sering menggunakan pesawat terbang ternyata juga bisa menimbulkan beberapa efek bagi kesehatan Anda. Efek tersebut bisa muncul karena beberapa faktor seperti tekanan udara, ketinggian, atmosfer serta konsentrasi gas. Ini dia beberapa efek kesehatan yang mungkin bisa terjadi: 

Jet lag

Jet lag sering menyerang para penumpang yang melakukan penerbangan jarak jauh. Jet lag sendiri mengakibatkan jam biologis tubuh Anda terganggu karena melintasi sebagian zona waktu dalam waktu singkat. Jet lag akan menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan masalah pencernaan, masalah tidur, kehilangan nafsu makan, lemas, nyeri otot, mudah marah, gelisah, sakit kepala dan lain-lain. 

Penyakit ketinggian (Altitude Sickness)

Penyakit ketinggian ini seringkali dialami oleh orang yang sering dan lama berada di ketinggian, seperti penumpang pesawat atau para pendaki gunung. Penyakit ketinggian ini disebabkan oleh pasokan/suplai oksigen yang kurang karena berpindah terlalu cepat dari dataran rendah ke ketinggian lebih dari 8.000 kaki. Meskipun pesawat telah dirancang dengan begitu canggih sehingga bisa membuat penumpang merasa aman berada di ketinggian, namun penerbangan jarak jauh tetap berpotensi menyebabkan penyakit ini. Gejala-geja penyakit ketinggian ini antara lain adalah sakit kepala berdenyut, kehilangan nafsu makan, kelesuan abnormal, dan lemas. Sedangkan untuk kasus yang lebih kronis lagi biasanya disertai dengan, bibir dan kuku yang membiru sehingga berpotensi mengakibatkan orang tersebut tidak sadarkan diri atau pingsan. 

Airplane Ear/Ear Barotrauma

Pernah merasakan rasa sakit tak nyaman pada telinga saat naik pesawat? Itu adalah salah satu gejala Ear Barotruma. Hal ini terjadi karena gas yang terperangkap dalam tubuh penyebar ke bagian lain. Sehingga tekanan udara di telinga tengah dan lingkungan berbeda. Gejala lainnya dari Ear Barotrauma yaitu telinga berdering, saluran telinga terasa terhambat, vertigo dan muntah. Jangan sepelekan penyakit ini, karena dalam kasus yang parah penderita bisa mengalami gangguan pendengaran, sakit gigi, nyeri pencernaan hingga pendarahan pada telinga. 

Dehidrasi

Udara yang lembab di atas ketinggian membuat tubuh kita mengalami dehidrasi. Kelembaban di dalam kabin pesawat relatif kurang dari 20%. Kelembaban ini lebih rendah dari yang dibutuhkan tubuh yaitu lebih dari 39%. Gejala dehidrasi yang sering dialami oleh penumpang antara lain adalah kulit kering, sembelit, sakit kepala, mata kering dan gatal. Dalam kasus yang parah juga bisa menyebabkan korban pingsan. Selain dehidrasi kelembaban udara yang kurang juga menyebabkan seseorang lebih rentan terhadap infeksi saluran pernafasan.

Sumber : utiket.com

Lima Pantai Berpasir Pink di Dunia


Pantai berpasir merah muda dan dikenal dengan nama Pink Beach tidak hanya terdapat di Indonesia. Beberapa negara di dunia juga memiliki pantai bernuansa romantis ini. Pasir yang berwarna pink merupakan campuran pasir putih dengan pecahan terumbu karang yang berwarna merah. Berikut ini lima Pink Beach yang ada di dunia. 

Pink Beach, Indonesia

Kita mulai dari negeri kita sendiri. Di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, terdapat Pink Beach yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu pantai ini menyimpan banyak keindahan alam bawah laut yang dihuni oleh begitu banyak biota laut. Sangat cocok bagi yang Anda suka snorkeling. Masih ada satu lagi pantai berpasir merah muda di Indonesia, yaitu Pantai Tangsi yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

Pink Beach, Filipina

Bergeser ke negara tetangga Indonesia, Filipina juga memiliki Pink Beach yang terletak di Great Santa Cruz Island, Zamboanga. Suasana di pantai ini sangat tenang dan indah. Terdapat banyak terumbu karang berwarna merah yang bisa kita jumpai saat snorkeling. Maka tak heran jika pantai ini memiliki pasir pantai berwarna pink yang merupakan campuran dari berbagai terumbu karang merah yang telah hancur. 

Pink Sands Beach, Bahama

Pink Sands Beach di negara Bahama ini tepatnya berada di Harbor Island. Pantai ini menawarkan keindahan alam, resort yang elegan, air laut yang tenang dan yang terutama keindahan pasir berwarna pink yang membentang sepanjang tiga mil. Pantai ini merupakan tempat yang ideal untuk berenang ataupun snorkeling karena terdapat banyak terumbu karang yang indah di bawah permukaan lautnya. 

Pink Beach, Italia

Di Negeri Pizza ini juga memiliki Pink Beach yang berada di Pulau Budelli, sebelah timur laut Sardinia, Italia. Pulau Budelli merupakan salah satu pulau kecil yang hanya memiliki luas sekitar satu setengah kilometer persegi. Dibalik mungilnya pulau ini terdapat keindahan alam berupa Pink Beach. Namun sayangnya saat ini tak seorang wisatawan pun yang diperbolehkan mendatangi Pink Beach di pulau ini. Hal tersebut dikarenakan dahulu banyak wisatawan yang kedapatan mengambil dan membawa pergi pasir pink di pulau ini. Walaupun begitu, keindahan Pink Beach ini masih dapat dinikmati dari laut saat kita berperahu di sekitar pulau ini. 

Pink Beach, Belanda

Pink Beach di Negeri Kincir Angin ini juga dikenal dengan nama Bonaire Beach. Pantai ini tepatnya berada di Pulau Bonaire, Kepulauan Karibia, Belanda. Pantai ini biasanya menjadi salah satu tempat liburan keluarga bagi penduduk lokal. Selain sebagai tempat liburan, pantai ini juga menawarkan keindahan bagi yang suka snorkeling ataupun scuba diving.

Sumber : utiket.com

Jumat, 21 Maret 2014

Lima Maskapai di Indonesia yang Bangkrut


Persaingan industri penerbangan di Indonesia memang sangat ketat. Beberapa cara telah dilakukan oleh maskapai agar tetap eksis di industri penerbangan ini. Sebagian ada yang tetap bertahan, berhasil melebarkan sayapnya dan terbang tinggi. Namun sebagian ada pula yang akhirnya jatuh karena tak mampu bersaing. Nah, berikut lima maskapai di Indonesia yang akhirnya jatuh dan tak mampu melebarkan sayap bisnisnya. 

Adam Air

Maskapai ini didirikan oleh Sandra Ang dan Agung Laksono yang dioperasikan oleh PT Adam SkyConnection Airlines. Pertama kali beroperasi pada tanggal 19 Desember 2003 dengan penerbangan perdananya yakni ke Balikpapan. Maskapai ini sempat meraih penghargaan Award of Merit dalam The Category Low Cost Airline of The Year tahun 2006 di Singapura. Namun setelah beberapa insiden kecelakaan yang sering terjadi pada maskapai ini, akhirnya pada tanggal 17 Maret 2008 kegiatan operasional Adam Air dibekukan. Sehari setelahnya ijin terbang Operation Specification Adam Air juga dicabut oleh Departemen Perhubungan. Hingga akhirnya Aircraft Operator Certificate (AOC) dicabut pada tanggal 19 Juni 2008. 

Batavia Air

Maskapai ini didirikan oleh Yudiawan Tansari pada tahun 2001 dengan nama perusahaan PT Metro Batavia. Awalnya maskapai ini membidik penerbangan domestik dengan pasar kelas menengah dan layanan standar. Hingga bulan Agustus 2003, Batavia Air akhirnya berhasil membuka rute penerbangan internasional dan berhasil mengantongi izin penerbangan di Uni Eropa yang tergolong eksklusif. Namun sayang, tanggal 31 Januari 2013, maskapai ini mengalami pailit dan akhirnya berhenti beroperasi. 

Bouraq Airlines

Maskapai ini didirikan oleh Jarry Albert Sumendap pada tahun 1970. Maskapai ini sempat mengoperasikan pesawat jenis Douglas DC-3. Hingga tahun 1973, pesawat jenis turbo propeller Hawker Siddeley HS 748 telah dioperasikan oleh maskapai ini. Namun karena masalah keuangan yang berkepanjangan, akhirnya maskapai ini ditutup pada tahun 2005. Lisensi penerbangannya pun telah dicabut pada tahun 2007. 

Indonesia Airlines

Maskapai ini didirikan oleh Rudy Setyopurnomo pada tahun 1999. Izin penerbangan dari pemerintah baru diperoleh di bulan September 1999 dan mulai beroperasi pada bulan Maret 2001. Namun sayang di tahun 2003, maskapai ini menghentikan operasi penerbangannya. 

Sempati Air

Maskapai ini milik sahabat dan keluarga mantan Presiden Soeharto. Didirikan pada bulan Desember 1968 dengan nama PT Sempati Air Transport dan mulai penerbangan perdananya pada bulan Maret 1969. Awalnya, maskapai ini hanya digunakan sebagai sarana transportasi karyawan perusahaan minyak. Namun di akhir tahun 1980an perusahaan semakin berkembang dan akhirnya berganti nama menjadi Sempati Air di tahun 1996. Setelah mengalami krisis di tahun 1998, akhirnya maskapai ini berhenti beroperasi, tepatnya pada tanggal 5 Juni 1998.

Sumber : utiket.com

Lima Kecelakaan Pesawat Terburuk di Dunia


Ada beberapa kecelakaan pesawat yang terjadi di dunia ini. Baik kecelakaan kecil seperti roda pesawat tergelincir atau kecelakaan besar yang menyebabkan korban hingga ratusan jiwa. Berikut ini merupakan beberapa kecelakaan pesawat terburuk yang pernah terjadi di dunia : 

Japan Airlines 1985

Kecelakan pesawat ini terjadi di Jepang pada tanggal 12 Agustus 1985. Pesawat dari maskapai Japan Airlines yang berjenis Boeing 747-100SR jatuh di Gunung Takamagahara yang ada di dekat Gunung Fuji.  Kecelakaan pesawat ini memakan 520 korban jiwa. Penyebab kecelakaan adalah kerusakan teknis yang terjadi pada bagian penyekat buritan pesawat dan kemudian pecah. Akibatnya terjadi ledakan pada bagian ekor pesawat. Pesawat memutar tak kendali selama kurang lebih 30 menit yang akhirnya menabrak gunung dengan posisi bagian punggung pesawat terlebih dahulu menghantam tanah. Hampir seluruh penumpang tewas dalam kecelakaan ini, hanya ada 4 penumpang saja yang selamat. 

KLM dan Pan Am 1977

Kecelakaan ini terjadi pada tanggal 27 Maret 1977 dan disebut sebagai kecelakaan pesawat paling mengerikan yang pernah terjadi. Kecelakaan terjadi Antara pesawat KLM dan pesawat Pan Am di Bandara Los Rodeos Tenerife, Kepulauan Canary Spanyol. Kedua pesawat ini mengalami tabrakan dikarenakan komunikasi yang kurang baik antara pilot dengan petugas ATC. Saat itu cuaca berkabut tebal, namun pesawat KLM melakukan take off tanpa seizin Air Traffic Controller (ATC). Sementara pada saat bersamaan, pesawat Pan Am sedang menyebrangi landasan yang sama untuk bersiap berangkat. Tabrakan pun tak bisa dihindarkan. Korban meninggal dalam kecelakaan ini sebanyak 583 orang, sedangkan korban selamat hanya sebanyak 61 penumpang saja. 

Turkish Airlines 1974

Kecelakaan ini terjadi pada tahun 1974 dimana pesawat Turkish Airlines akan menempuh perjalanan dari Paris menuju London. Namun pesawat tiba-tiba meledak sesaat setelah lepas landas dari Bandara Paris Orly Airport. Ledakan disebabkan karena salah satu pintu kargo terbuka saat pesawat sedang terbang, sehingga tekanan udara menjadi tidak stabil dan hilang kendali. Badan pesawat menjadi terkoyak dan seluruh sistem hidrolik dalam pesawat rusak. Pesawat ini kemudian jatuh ke dalam kawasan hutan Ermenonville di dekat Paris. Sebanyak 346 penumpang meninggal dalam kecelakaan ini. Untuk mengenang tragedi ini di dekat tempat kejadian kemudian dibangun monumen yang bertuliskan nama penumpang yang meninggal dalam kecelakaan. 

Air India 1985

Kecelakaan pesawat tragis ini terjadi pada maskapai Air India pada tanggal 23 Juni 1985. Kecelakaan disebabkan oleh teroris yang berasal dari etnis Sikh asli India yang berhasil menduduki pesawat dan meledakan bom di dalam pesawat pada ketinggian 31.000 kaki. Pesawat yang terbang dari Montreal di Kanada menuju New Delhi India ini akhirnya hancur berkeping-keping terjun ke dalam Samudra Atlantik. Sebanyak 319 penumpang meninggal dalam kecelakaan ini. 

Saudi Arabian Airlines dan Kazakhstan Airlines 1996

Kecelakaan pesawat ini terjadi di dekat kawasan New Delhi pada tanggal 12 November 1996. Sebanyak 349 penumpang meninggal dalam kecelakaan. Saat itu Saudi Arabian Airlines akan terbang dari New Delhi menuju Dhahran di Arab Saudi. Sementara Kazakhstan Airlines terbang dari Shymkent di Kazakhstan menuju New Delhi. Di kawasan Charkhi Dadri kedua pesawat ini mengalami tabrakan

Sumber : utiket.com

Kamis, 20 Maret 2014

Lima Istana Termegah di Dunia


Seperti yang kita tahu, ada beberapa negara di dunia yang dipimpin oleh seorang raja. Sebagai raja tentunya memiliki istana atau kerajaan sebagai tempat tinggal sekaligus pusat pemerintahan. Jika membayangkan istana, tentunya akan terlintas bangunan besar dan luas di benak kita. Hal tersebut memang benar adanya dan menjadikan istana sebagai tempat yang megah. Di bawah ini ada lima istana termegah di dunia versi utiket yang menarik untuk diketahui : 

Buckingham Palace, Inggris

Buckingham Palace merupakan istana yang menjadi tempat tinggal resmi bagi Raja Inggris. Istana ini berada di kota Westminster, London. Selain menjadi tempat tinggal sang raja, istana ini digunakan sebagai tempat berlangsungnya berbagai acara kerajaan dan kenegaraan. Bahkan istana ini juga menjadi pusat keramaian saat perayaan berbagai acara nasional bagi warga Inggris. 

Blenheim Palace, Inggris

Masih di negara Inggris, Blenheim Palace merupakan tempat tinggal Duke dan Duchess of 11 Marlborough. Istana ini berada di kota Oxfordshire dan dibangun di atas lahan seluas 2.100 hektar. Bangunan istana ini dikelilingi oleh taman dan padang rumput yang indah dimana terdapat sebuah danau besar. Perpaduan bangunan istana yang megah antara taman dan danau menghadirkan pesona tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya. 

Chateau de Versailles, Perancis

Chateau de Versailles atau Istana Versailles merupakan tempat tinggal resmi bagi raja Perancis. Cikal bakal bangunan ini dibangun oleh Raja Louis XIII pada tahun 1624. Pada awal dibangun, tempat ini merupakan sebuah pondok yang digunakan untuk berburu. Kemudian pada tahun 1669, Raja Louis XIV memperluas tempat ini dan menjadikannya sebagai tempat pertemuan rahasia dengan pujaan hatinya, Louise de la Valliere. Di sekitar bangunan utama istana ini juga dibangun sebuah taman dongeng oleh Raja Louis XIV. Hingga akhirnya seorang arsitek utama kerajaan bernama Jules Hardouin Mansart yang juga menjadi arsitek favorit Raja Louis XIV mengubah istana ini menjadi lebih megah. 

Dolmabahce Palace, Turki

Dolmabahce Palace merupakan sebuah istana yang berada di Istanbul, Turki. Berada di tepian Selat Bosporus yang memisahkan Turki dengan benua Eropa. Istana ini menjadi pusat administrasi utama kekaisaran Ottoman yang dibangun di atas lahan seluas 45.000 meter persegi dan terbagi menjadi tiga bagian, yakni apartemen keluarga Sultan (Harem-I Humayun), tempat khusus untuk pria (Mabeyn-i Humayun) dan aula sebagai tempat upacara (Muayede Salonu). Istana megah ini mempunyai 285 kamar, 68 kamar mandi, 46 aula dan 6 tempat pemandian. 

Tokyo Imperial Palace, Jepang

Tokyo Imperial Palace merupakan istana yang menjadi tempat tinggal utama Kaisar Jepang. Istana ini terletak di dekat Tokyo Station di Chiyoda, Tokyo. Istana ini berdiri di atas lahan seluas sekitar tujuh kilometer persegi. Bangunan istana ini dikelilingi oleh area taman yang sangat luas. Di sekitar area taman juga terdapat rumah pribadi bagi keluarga kerajaan.

Sumber : utiket.com