Selasa, 06 Januari 2015

Keeksotisan Pantai Ngurtafur Tual Indonesia



Introduksi

Provinsi Maluku memang memiliki banyak keindahan. Salah satu keindahan yang dimiliki adalah Pantai Ngurtafur yang berada di Pulau Warbal, Kabupaten Maluku Tenggara. Pantai ini memiliki keindahan alam yang cukup eksotis. Selain itu istimewanya lagi pantai ini memiliki hamparan pasir yang berwarna putih dan memanjang sepanjang dua kilometer dari tepi Pulau Warbal ke arah laut dengan lebar kurang lebih sekitar tujuh meter. Sehingga seolah-olah terdapat dua pantai di sisi kanan dan kiri bila Anda berdiri di pantai ini. Tidak hanya itu, air laut di pantai ini pun juga cukup jernih. Bahkan bisa dilihat terumbu karang yang ada di pantai dari atas kapal. Sehingga pantai ini juga cocok untuk berenang maupun snorkeling.

Penyu belimbing atau yang yang lebih dikenal dengan nama “Tabob” oleh masyarakat setempat juga terdapat di pantai ini. Penyu belimbing sendiri merupakan jenis penyu yang langka dan dilindungi. Keberadaannya di kawasan pantai ini dilindungi serta memiliki sebuah penangkaran yang dikelola oleh World Wide Fund for Nature (WWF). Selain itu pantai ini juga merupakan tempat persinggahan bagi sekumpulan burung pelikan asal Australia yang sedang migrasi. Bila beruntung Anda bisa melihatnya pada waktu tertentu.

Fasilitas

Pantai Ngurtafur memang belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah di bulan April hingga Mei serta antara bulan Oktober hingga Desember. Hal ini dikarenakan antara bulan tersebut cuaca tergolong cerah dan ombak yang ada di pantai juga cenderung tenang.

Bila akan berkunjung ke sini jangan lupa untuk membawa bekal makanan maupun minuman, karena Anda tidak akan menjumpai warung makan di kawasan pantai ini. Namun bila Anda ingin menginap, Anda bisa mengunjungi ke beberapa penginapan yang ada di sekitar kawasan Pantai Ngurbloat.

Akses ke Pantai Ngurtafur Tual

Untuk menuju ke lokasi ini, bila Anda menggunakan transportasi udara maka Anda bisa langsung menuju ke Tual.

Dari bandara di kota Tual, perjalanan bisa dilanjutkan menuju ke Pelabuhan Debut. Dari Pelabuhan Debut, Anda bisa langsung menuju ke Pantai Ngurtafur dengan menyewa kapal motor. Biaya sewa berbeda-beda tergantung kesepakatan. Biasanya harga sewa sekitar Rp 700.000 hingga Rp 1.000.000 untuk pulang-pergi (PP) dengan kapasitas kapal dapat mengangkut sebanyak lima belas penumpang dengan waktu tempuh sekitar satu setengah jam perjalanan.

Sumber : utiket.com