Senin, 12 Januari 2015

Kepulauan Banyak Aceh Singkil Indonesia



Introduksi

Kepulauan Banyak merupakan nama sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, Indonesia. Kepulauan ini terdiri dari 99 gugusan pulau. Sebagian besar pulau-pulau tersebut belum mempunyai nama. Sedangkan ibukota dari kecamatan ini adalah Pulau BalaiPulau Balai dijadikan sebagai ibukota Kecamatan Kepulauan Banyak karena di pulau tersebut transaksi ekonomi antar penduduk terjadi. Selain itu Pulau Balai mempunyai fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan pulau-pulau lain di Kepulauan Banyak.

Kepulauan Banyak berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Pulau-pulau di kepulauan ini hampir semuanya memiliki garis pantai yang panjang. Beberapa pulau besar di kepulauan ini antara lain Pulau Tuangku, Pulau Bangkaru, Pulau Palambak Besar serta Pulau Ujung Batu. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di kepulauan ini. Termasuk snorkeling maupun diving.

Bila mau snorkeling, menyelam atau diving, Anda bisa berkunjung ke Pulau Tallani, Pulau Rago-Rago, Pulau Pabisi atau Pulau Sikandang. Rata-rata perairan di Kepulauan Banyak berkarang dan berair jernih. Sehingga dari permukaan lautnya saja, Anda sudah bisa melihat karangnya. Seadngkan di Pulau Palambak Besar, Anda bisa berpetualang dengan mengayuh kayak. Ombak yang ada di bagian belakang pantai di pulau ini relatif tenang, sehingga sangat cocok untuk kegiatan kayaking.

Area berselancar yang terbaik ada di Pulau Bangkaru. Pulau ini selain dijadikan sebagai pusat konservasi penyu hijau juga merupakan salah satu area berselancar terbaik. Pulau ini mempunyai ombak dengan ketinggian rata-rata 5 hingga 6 meter. Sedangkan bila mau trekking, Anda bisa berkunjung ke Pulau Tuangku. Pulau ini menawarkan area trekking berupa hamparan hutan nan hijau segar. Anda akan menjumpai beberapa kepiting yang kerap berkeliaran di kepulauan ini. Jangan pernah memakannya, karena kepiting tersebut beracun.

Fasilitas

Pulau Balai memiliki fasilitas paling lengkap dibandingkan dengan pulau-pulau yang lain. Selain itu, Pulau Balai memiliki jumlah penduduk terbanyak di kepulauan ini. Di pulau tersebut terdapat beberapa penginapan serta bungalow yang bisa Anda sewa. Selain itu, jangan khawatir karena pengelola penginapan juga menyediakan makanan dengan menu yang menggugah selera.

Akses ke Pulau Banyak Aceh Singkil

Anda bisa menuju ke lokasi Kepulauan Banyak melalui kota Medan. Dari Medan, Anda bisa langsung menuju ke Kabupaten Aceh Singkil dengan menggunakan mobil pribadi atau mobil travel. Waktu tempuhnya sekitar 8 jam perjalanan.

Tiba di Kabupaten Aceh Singkil, perjalanan dilanjutkan ke Pulau Balai dengan menggunakan kapal ferry, speedboat atau kapal warga yang ada di Pelabuhan Jembatan Tinggi. Waktu tempuhnya sekitar 4 jam perjalanan. Untuk kapal ferry, jadwalnya hanya ada setiap seminggu sekali yakni hari Selasa.

Sumber : utiket.com