Sabtu, 10 Januari 2015

Pulau Salura Waingapu Indonesia



Introduksi

Pulau Salura terletak di Kecamatan Karera, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Salura merupakan pulau kecil yang menjadi salah satu pulau terluar di wilayah selatan Republik Indonesia dan berbatasan langsung dengan Negeri Kangguru, Australia dengan jarak sekitar 800 mil dari wilayah perbatasan laut negara tetangga tersebut. Pulau ini berada di sebelah selatan Pulau Sumba dan masuk ke dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Walaupun merupakan pulau terluar namun pulau ini berpenghuni dan memiliki keindahan alam yang sangat indah. Apalagi pulau ini jarang dikunjungi oleh wisatawan. Jangankan wisatawan, penduduk NTT sendiri juga jarang berkunjung ke pulau ini.

Pulau Salura memiliki pemandangan alam yang masih sangat alami. Pantai di pulau ini sangat eksotis dan mengagumkan. Air laut pantai di Pulau Salura sangat jernih dengan perpaduan gradasi warna biru laut. Ditemani dengan hamparan pasir putih dan pohon-pohon cemara yang berjajar, serta perahu-perahu nelayan yang berlabuh di tepi pantai, semakin menambah keelokkan suasana pantai ini. Kita pun bisa mendaki perbukitan di Pulau Salura ini dan bersiaplah untuk mendapati pemandangan yang sangat luar biasa. Dari atas bukit, kita bisa melihat dua pulau lainnya yang berdekatan dengan Pulau Salura, yaitu Pulau Kotak dan Pulau Menggudu. Namun kedua pulau tersebut tidak berpenghuni.

Fasilitas

Jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di pulau ini, kita bisa menggunakan rumah para warga untuk menginap. Tapi jangan lupa untuk meminta ijin terlebih dahulu dan tetap menjaga kesopanan. Warga di pulau ini juga sangat ramah terhadap para pengunjung Pulau Salura. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pulau ini adalah antara sekitar bulan Mei hingga November setiap tahunnya. Pada bulan Desember hingga April, biasanya kapal-kapal akan berhenti beroperasi karena memasuki musim barat dimana ombak di sepanjang laut menuju ke Pulau Salura akan menjadi tinggi dan berbahaya.

Akses ke Pulau Salura Waingapu

Perjalanan ke lokasi Pulau Salura dapat dimulai dari kota Waingapu di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Dari Waingapu dapat menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan carteran dengan tujuan Pantai Katundu. Perlu merogoh kocek yang lumayan untuk mencarter kendaraan dengan rute ini yakni sekitar Rp 800 ribuan hingga satu jutaan dan memakan waktu selama sekitar lima jam perjalanan.

Jalanan menuju ke Pantai Katundu tidaklah mulus. Jalanan berupa jalan khas pegunungan yang naik turun. Jika menggunakan angkutan umum akan lebih murah, hanya sekitar Rp 60.000 per orang untuk sekali jalan. Namun harus rela berdesakan dan memakan waktu sedikit lebih lama.

Sesampainya di Pantai Katundu bisa menyewa kapal motor untuk menyeberang ke Pulau Salura yang disewakan oleh penduduk setempat dengan kapasitas maksimal 20 penumpang. Hari Selasa merupakan hari penyeberangan ke Pulau Salura dan tarif sewa kapal pun menjadi murah, sekitar Rp 10.000 untuk sekali jalan.

Selain hari Selasa akan dikenakan tarif hingga Rp 250.000 untuk sekali jalan. Perjalanan kapal dari Pantai Katundu menuju ke Pulau Salura memakan waktu sekitar satu jam.

Sumber : utiket.com