Minggu, 25 Januari 2015

Taman Nasional Gunung Merapi Yogyakarta Indonesia



Introduksi

Gunung Merapi adalah salah satu gunung berapi yang paling aktif di Indonesia maupun di dunia. Gunung Merapi terletak di pulau Jawa tengah, hanya 25km ke utara dari kota utama, Yogyakarta. Nama Merapi berarti Gunung Api dalam bahasa Jawa. Asap bisa dilihat muncul dari kawah. Seperti baru-baru ini tahun 2006 dan November 2010 gunung berapi meletus mengakibatkan kerusakan yang cukup parah yang memakan banyak korban jiwa.

Karena sangat beresiko maka aktivitas pengunjung di Taman Nasional Gunung Merapi tergantung pada pemerintah daerah. Dilarang mengabaikan peringatan dari pemerintah daerah ataupun pergi sendiri.

Taman Nasional didirikan pada tahun 2004 dengan luas sekitar 6.410 hektar (64 km persegi) pada ketinggian 600-2968 meter di atas permukaan laut. Taman Nasional Gunung Merapi sebagian besar tertutup oleh hutan pegunungan tropis. Di taman hidup banyak spesies kehidupan liar seperti: Macan tutul, babi hutan, rusa, elang dan beberapa jenis ular.

Di pulau Jawa gunung Merapi adalah tempat sakral dan setiap tahun pada hari ulang tahun penobatan Sultan Yogyakarta diselengarakan upacara persembahan. Gunung Merapi merupakan bagian dari pusat sakral penghubung antar utara dan selatan yang menghubungkan para roh Merapi dengan Sultan Yogyakarta dan Ratu Nyi Roro Kidul dari Samudera Selatan.

Mendaki gunung dapat dilakukan dari arah selatan dan arah utara tetapi hanya dari arah utara kamu bisa mencapai kawah, bawalah panduan atau mintalah seorang pemandu jika kamu berencana untuk mendaki sampai ke kawah.

Akses ke Taman Nasional Gunung Merapi Yogyakarta

Panduan Wisata untuk melakukan perjalanan dan mendaki lereng utara di Yogyakarta sangatlah mudah, kamu bisa naik bus atau mobil ke Kaliurang di lereng selatan dan menemukan panduan di sana.

Sumber : utiket.com