Sabtu, 28 Februari 2015

Gua Batu Kuala Lumpur Malaysia



Introduksi 

Gua Batu terletak hanya 13 kilometer sebelah utara Kuala Lumpur, distrik Gombak dan merupakan tujuan wisata terkenal bagi wisatawan dan peziarah Hindu. Gua Batu merupakan pegunungan kapur dengan beberapa gua dan candi.

Gua-gua tersebut diperkirakan berumur 400 juta tahun dan semula digunakan untuk berbagai keperluan. Gua-gua tersebut digunakan sebagai tempat berteduh bagi suku asli Temuan, sebagai sumber guano yang subur bagi penduduk Cina pada abad ke 19. Pada tahun 1890 seorang pedagang India K. Thamboosamy Pillai mengunjungi gua-gua tersebut dan memutuskan untuk membangun sebuah candi di dalam gua dan sebuah patung Sri Subramania Swamy (gua ini sekarang dinamai Candi atau Gua Cathedral).

Terdapat tiga gua utama dan sejumlah gua lebih kecil terletak sekitar 100 meter di atas tanah:
  • Gua Candi (Temple Cave). Ini merupakan yang terbesar dan paling terkenal. Langit-langit gua raksasa berketinggian 100 meter. Untuk mencapainya anda harus memanjat 272 tangga.
  • Gua Galeri Seni (Art Gallery Cave) dan Gua Museum (Museum Cave) terletak di kaki bukit dan penuh dengan lukisan dan patung Hindu.
  • Gua Ramayana (Ramayana Cave). Di sini kamu bisa menjumpai kisah Ramayana yang terkenal dilukis di tembok gua.
Baru-baru ini candi-candi dan patung-patung baru dibangun. Di tempat tersebut anda bisa menjumpai patung terbesar di dunia (tinggi 42,7 meter) dari Lord Muruga yang dibangun pada tahun 2006. Juga pada perjalanan menuju Gua Ramayana anda bisa melihat patung dan candi yang dipersembahkan kepada Hanuman. Candi dibuka tahun 2001. Pada gua-gua lebih kecil dari jalur utama terdapat gua-gua dengan keunikan flora dan fauna, terutama tentu saja kelelawar dan monyet.

Tiap tahun pada bulan Tamil Thailand (sekitar Januari, awal Februari) pesta Thaipusam dirayakan di sini, tidak hanya oleh pemeluk Hindu dari Malaysia tetapi juga dari negara-negara jauh seperti Australia dan India. Lebih dari satu juta peziarah akan mengunjungi pesta ini.

Akses ke Gua Batu Kuala Lumpur

Gua-gua Batu mudah dicapai menggunakan kendaraan umum. Anda dapat menggunakan kereta komuter (RM 2) atau bus 11/11d berangkat dekat Puduray (RM 3). Naik taksi tarifnya sekitar RM 30.

Sumber : utiket.com