Minggu, 15 Februari 2015

Lima Lokasi Rafting Terbaik di Indonesia



Apa wisata sekaligus olahraga paling asik di musim hujan? Rafting atau arung jeram pastinya. Ada beberapa tempat rafting di Indonesia yang menjadi favorit bagi para rafter. Tempat-tempat itu mempunyai tantangan tersendiri, mulai dari arusnya, bebatuan di sungai dan lain-lain. Berikut lima lokasi rafting terbaik di Indonesia :

Sungai alas, NAD

Sungai ini berada di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Sungai ini membelah kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, NAD. Sungai Alas mempunyai arus yang deras dan belokan yang tajam. Perlu stamina lebih untuk bisa mengarungi arus sungai ini dengan sukses. Dan yang paling penting tentu saja nyali dan kerjasama tim dalam satu perahu. Selain arusnya yang menantang, Sungai Alas juga mempunyai pemandangan yang masih alami. Bahkan kita bisa menyaksikan secara langsung gajah, rusa, dan monyet yang sedang berada di pinggir sungai. 

Sungai Citarik, Jawa Barat

Lokasi kedua berada di Taman Nasional Gunung Halimun, Cikadang, Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Lokasi arung jeram ini sangat terkenal. Sungai Citarik mempunyai tingkat kesulitan yang beragam, mulai dari pemula hingga profesional. Pihak pengelola memberikan dua pilihan rute yang bisa dipilih. Rute terpendeknya bisa ditempuh dengan pengarungan selama satu jam. Menariknya lagi Sungai Citarik mempunyai air terjun di beberapa tempat.

Sungai Elo, Jawa Tengah

Tempat ketiga berada di Blondo, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Lokasinya cukup dekat dengan Candi Borobudur. Dari Yogyakarta dapat ditempuh dengan waktu sekitar 40 menit. Sungai ini cocok untuk para pemula. Tantangannya yaitu struktur sungai yang miring dan arusnya yang cukup deras, sehingga membuat kita harus ekstra hati-hati. Perjalanan mengarungi Sungai Elo bisa memakan waktu dua hingga tiga jam. Serunya di beberapa tempat di sungai ini, Anda bisa berenang dan menyeburkan diri.

Sungai Ayung, Bali

Sungai Ayung merupakan salah satu destinasi favorit yang ada di Bali. Banyak wisatawan dari luar negeri dan dalam negeri, sengaja datang ke sini untuk menantang adrenalin. Arung jeram Sungai Ayung dimulai dari daerah Payangan dan berakhir di Desa Kedewatan. Panjang jalurnya sekitar 12 kilometer dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Tantangan di sungai ini yaitu arus yang deras dan banyaknya bebatuan besar. Uniknya, di beberapa titik Anda dapat melihat pahatan-pahatan tebing yang indah dan besar karya seniman ubud.

Sungai Lamandau, Kalimantan Tengah

Kalimantan merupakan wilayah yang mempunyai banyak sungai. Sungai-sungai besar, bisa kita temukan di sana. Salah satunya yaitu Sungai Lamandau di Kalimantan Tengah. Sungai ini berada di Desa Riam Tinggi, Kecamatan Delang, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah. Yang paling menarik di sini adalah suasana jalur arung jeram yang dipenuhi dengan pohon-pohon tinggi, hujan tropis yang lebat, dan arus yang deras serta jalur yang berkelok-kelok.

Sumber : utiket.com