Senin, 23 Februari 2015

Little India Singapore



Introduksi 

Sesuai dengan namanya Little India, kawasan ini di dominasi oleh kaum india dengan berbagai budayanya yang buka pada pukul 09.00-22.00. Terletak di sebelah timur sungai singapura, seberang China Town dan bagian utara Kampong Glam, lebih tepatnya di Seragoon Rd. Sebuah kawasan perbelanjaan dengan nuansa sekitar tahun 1920-an. Konstruksi dan sanitasi Little india sangat berbeda dengan kabupaten di Singapura pada umumnya.

Terdapat berbagai pernak-pernik khas india dari mulai makanan otentik india, kain sari sampai kerajinan tangan khas india. Di Seragoon road dan lorong-lorongnya terdapat kios-kios yng menjual minyak pijat Ayurvedic, emas, dupa, dan kain dalam berbagai variasi dan kawasan ini merupakan kawasan komersial di Little India dan tempat yang tepat untuk menemukan oleh-oleh. Jika kamu ingin berbelanja terdapat beberapa kios ternama, antara lain:
  • Tekka Centre, yang di kenal dengan KK. Merupakan pasar basah yang penuh dengan sayuran, ikan ,daging, rempah, serta bunga-bunga.
  • Mustafa Centre, Meski bentuk luarnya sederhana namun Mustafa Centre memiliki aneka pernak-pernik rumah tangga, hiasan, jenis pakaian, dan rempeh-rempah India yang cukup lengkap.

Di Serangoon Road kamu akan menemukan berbagai masakan khas India. Kamu juga bisa membeli paket rempah masakan India siap pakai.

Untuk melihat ritual agama Hinddu kamu bisa mendatangi kuil Sri Veeramakaliamman, sebuah kuil yang di persembahkan untuk Dewi Kali. Di kawasan ini setiap tahun pada bulan purnama di bulan Tamil Thai, biasanya Januari atau Februari, di adakan festival Thaipusam yang ekstrim, dimana para laki-laki mengaitkan badan mereka dan berjalan beriringan. Di sini juga terdapat tempat ibadah lainnya, yaitu: FooChow Methodist church, Masjid Angullia dan masih banyak lagi.

Akses ke Little India Singapore 

Menuju ke Little India, bisa dengan berjalan kaki dan di capai melalui MRT, kamu juga bisa naik SMRT Link, layanan pertama bis gratis yang di kelola oleh operator transportasi umum. SMRT Link berkeliling selama 8-15 menit pada hari libur dari stasiun MRT Dhoby Ghanut sampai ke Little India.

Sumber : utiket.com