Rabu, 04 Februari 2015

Pantai Jogan Adalah Pantai dan Air Terjun Yogyakarta Indonesia



Introduksi 

Pantai Jogan terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi pantainya ada di sebelah barat Pantai Nglambor dan Pantai Siung atau di sebelah timur Pantai Timang atau sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta. Karakteristik Pantai Jogan berbeda dengan pantai-pantai lain yang ada di Gunung Kidul. Karakteristik unik dari pantai ini adalah terdapat air terjun yang langsung mengalir ke laut. Air terjun tersebut memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Selain itu pantai ini nyaris tidak memiliki pasir pantai sebagai pembatas wilayah antara daratan dan lautan. Namun sebaliknya, pantai ini berbatasan langsung dengan tebing.

Sepanjang jalan masuk ke Pantai Jogan akan terlihat sungai kecil yang mengalir, itu adalah cikal bakal dari air terjun Pantai Jogan. Air sungai tersebut berasal dari perbukitan karst yang ada di Gunung Kidul. Saat musim hujan, air terjun ini akan terlihat semakin cantik karena debit air yang mengalir menjadi lebih besar.

Sesampainya di pantai, kita tidak bisa langsung melihat air terjunnya, Anda perlu berjalan sekitar 100 meter dari lokasi parkiran motor. Sedangkan untuk bisa menikmati guyuran air terjun ini, kita harus turun ke bawah.

Ada dua cara untuk turun yaitu pertama dengan teknik canyoning alias rappeling di air terjun (khusus bagi Anda yang sudah berpengalaman dan memiliki peralatan serta kemampuan yang memadai).

Namun bila Anda tidak memiliki kemampuan dan peralatan yang memadai, bisa menggunakan cara kedua yaitu dengan cara menapaki turunan. Perlu diingat bahwa turunan ini sangat licin dan basah, jadi meski ada kayu-kayu pegangan sebagai penopang tubuh, Anda tetap harus berhati-hati.

Fasilitas

Sayangnya keindahan Pantai Jogan ini tidak dibarengi dengan fasilitas yang memadai. Fasilitas yang ada masih minim. Hanya ditemui tempat parkir yang tidak cukup luas dan beberapa warung. Jadi sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri sambil menikmati keunikan pantai ini.

Akses ke Pantai Jogan: Pantai dan Air Terjun Yogyakarta

Pantai Jogan berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta atau sekitar dua jam perjalanan dari Yogyakarta ke lokasi. Atau sekitar 200 meter ke arah barat dari Pantai Siung. Untuk menuju ke lokasi pantai ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi motor maupun mobil.

Kondisi jalan sampai di Pantai Siung sudah beraspal dan mulus. Namun untuk menuju Pantai Jogan kondisi jalan berubah dengan cor blok sekitar satu kilometer jauhnya.

Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum rutenya :

Dari terminal Giwangan Yogyakarta menuju ke Terminal Wonosari dengan biaya sekitar Rp 5.000, kemudian dilanjutkan dengan ganti angkutan ke arah Tepus atau Pantai Siung dengan biaya sekitar Rp 6.000.

Biaya tiket masuk

Tiket masuk ke Pantai Jogan sekitar Rp 3.000 (sudah termasuk tiket ke Pantai Siung) dan untuk parkir motornya dikenakan biaya sekitar Rp 2.000.

Sumber : utiket.com