Jumat, 13 Februari 2015

Pantai Klayar Pacitan Indonesia



Introduksi 

Pantai Klayar terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 110 kilometer dari pusat kota Yogyakarta atau sekitar 40 kilometer sebelah barat dari pusat kota Pacitan. Kawasan pantai ini memang masih cukup sepi dan belum banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini kecuali saat hari libur.

Pantai Klayar masih bagian dari pantai selatan. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang berwarna putih. Air lautnya berwarna biru bergradasi putih dan cukup jernih. Di pinggiran pantainya terdapat banyak karang. Bahkan ada batu karang raksasa yang bentuknya menyerupai Sphinx. Beberapa batu karang tersebut juga mempunyai celah. Uniknya, saat ombak datang dengan deras maka otomatis air tersebut akan masuk ke bawah batu lalu menyembur ke atas layaknya air mancur raksasa. Air mancur tersebut bahkan bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter serta mempunyai suara yang mirip dengan siulan. Sehingga fenomena tersebut sering kali disebut dengan nama Seruling Laut.

Selain memiliki banyak karang, pinggiran pantai ini juga dihiasi dengan banyaknya pohon kelapa serta beberapa gubug yang beratap daun kering. Ombak di pantai cukup besar sehingga tidak cocok untuk berenang.

Fasilitas

Beberapa warung makan serta toilet umum sudah ada di kawasan pantai ini. Namun di kawasan ini belum terdapat fasilitas penginapan. Bila mau, Anda bisa mendirikan tenda untuk menginap di pantai ini. Jangan lupa juga untuk membawa bekal makanan / minuman sendiri karena bila malam datang, beberapa pemilik warung memilih untuk pulang.

Akses ke Pantai Klayar Yogyakarta

Dari Yogyakarta ke Pacitan jaraknya sekitar 110 kilometer. Jarak tersebut dapat ditempuh dengan waktu sekitar tiga jam perjalanan.

Rute yang dilalui adalah :

Dari Yogyakarta-Wonosari-Wonogiri-Pacitan. Nah, dari pusat kota Pacitan bisa langsung menuju ke barat sekitar 40 kilometer ke lokasi Pantai Klayar. Waktu tempuhnya dari pusat kota Pacitan sekitar satu jam perjalanan.

Biaya tiket masuk

Tiket masuk ke pantai ini dikenakan biaya sekitar Rp 3.000 per orang.

Sumber : utiket.com