Kamis, 05 Februari 2015

Pantai Siung Yogyakarta Indonesia



Introduksi 

Terletak di wilayah terpencil di Kabupaten Gunung Kidul, lebih tepatnya sebelah kecamatan Tepus. Pantai Siung berjarak 98 kilometer atau 2 jam perjalanan dari pusat kota YogyakartaMeski jalan untuk menuju pantai Siung sangat sulit dan melelahkan namun sesampainya di pantai Siung semua kelelahan akan terobati dengan birunya air laut dengan pasir putihnya. Tersedia sejumlah rumah-rumah kayu di pantai, sebagai tempat beristirahat sambil menikmati keindahan pantai Siung. Selain birunya air laut dan pasir putihnya, pantai Siung juga memiliki keistimewaan lain, yaitu batu karang yang berukuran raksasa di sebelah barat dan timur pantai. Karang itu juga menjadi saksi kejayaan wilayah pantai di masa lalu dengan pesonanya yang di kenal di wilayah Asia.

Menurut cerita, sesepuh setempat yang bernama Wastoyo, Wilayah Siung pada masa wali menjadi salah satu pusat perdagangan di Gunung Kidul, tidak jauh dari pantai lebih tepatnya di wilayah Winangun.

Sekitar tahun 1989, karang-karang di pantai Siung memiliki peranan penting karena pada tahun 1989 ada komunitas pecinta alam dari Jepang memanfaatkan tebing-tebing karang Pantai Siung sebagai area panjat tebing, kemudian di dekade 90-an berlangsung kompetisi Asian Climbing Gathering.

Kini sebanyak 250 jalur pemanjatan dengan grade (tingkat kesulitan) dan karakteristik bervariasi yang terdapat di Pantai Siung dan tidak menutup kemungkinan jalur pemanjatan ini dapat di tambah. Selain fasilitas jalur pemanjatan, di sini juga ada fasilitas lain yang mendukung kegiatan panjat tebing seperti ground camp dimana para pecinta alam yang sedang melakukan kegiatan pendakian dapat mendirikan tenda-tenda dengan menyalakan api unggun namun dengan syarat tidak menganggu habitat penyu ataupun merusak lingkugan.

Tidak jauh dari area ground camp terdapat sebuah rumah panggung yang terbuat dari kayu dan di gunakan sebagai base camp, ukuran rumah panggung ini cukup besar dan bisa untuk 10 bahkan 15 orang. Saat malam tiba nan sepi, sekelompok kera ekor panjang akan turun dari puncak tebing.

Akses ke Pantai Siung Yogyakarta

Untuk dapat menjangkau pantai Siung dengan menggunakan kendaraan pribadi akan lebih mudah karena sulitnya menemukan angkutan umum seperti bus ataupun colt. Dengan menggunakan motor maupun mobil adalah alternatif terbaik untuk menuju pantai Siung.

Namun kendaraan harus dengan performa yang baik karena jalan menuju pantai Siung dikelilingi perbukitan kapur dan ladang palawija serta banyak di dominasi dengan tanjakan dan tikungan tajam meski kondisi jalan cukup baik, beraspal dan mulus namun harus tetap berhati-hati.

Jalur mudah menuju Pantai Siung adalah :

Dari Yogyakarta menuju Wonosari ke arah Tepus dan selanjutnya Purwodadi kemudian Siung.

Jalur lain dari Yogyakarta menuju Imogiri ke arah Gunung Kidul, namun jalur ini akan lebih sulit karena banyaknya jalan berlubang.

Biaya tiket masuk

Tiket masuk sebesar Rp 5.000 termasuk biaya parkir kendaraan bermotor.

Sumber : utiket.com