Selasa, 24 Maret 2015

Jalur Tebing Paling Berbahaya di Dunia



Jalur tebing ini sebelumnya sejak tahun 2001 telah ditutup, karena telah menewaskan lima orang yakni pada rentang tahun 1999 dan tahun 2000. Namun, rencananya di akhir bulan Maret 2015, jalur ini akan dibuka kembali untuk umum.

Jalur pendakian ini berada pada ketinggian sekitar 100 meter di atas Ngarai Desfiladero del los Gaitanes, Desa El Chorro, Malaga, Spanyol. Bentuknya berupa jalur setapak dan dikenal dengan nama jalur Caminito del Rey. Jalur ini sudah ada selama 110 tahun dan merupakan jalur pendakian paling berbahaya di dunia.

Salah satu faktor dibukanya kembali jalur pendakian yang cukup ekstrim ini karena didorong oleh wisatawan pecinta tantangan. Mereka mendorong pemerintah setempat untuk segera merenovasi dan memperbaiki jalur tersebut agar bisa dibuka kembali untuk umum. Oleh karena itu, saat ini sudah ada lantai kaca yang diletakkan di sisi tebing serta tambahan papan kayu yang tertata cukup rapi di jalur ini. Tak hanya itu, di sepanjang jalur ini sekarang sudah dilengkapi dengan seling baja sebagai pengamannya. Para wisatawan yang mau melintasi jalur ini juga diharuskan memakai helm keselamatan. Sehingga menurut pemerintah setempat, jalur ini sudah cukup aman untuk dilalui.

Sumber : utiket.com