Jumat, 06 Maret 2015

Kuil Wat Pho Bangkok Thailand



Introduksi

Mayoritas warga Thailand beragama Buddha maka tak heran jika di sana banyak terdapat kuil-kuil Buddha yang megah. Kuil-kuil ini selain sebagai tempat beribadah juga menjadi obyek wisata khas Negara Thailand, khususnya Bangkok. Salah satu kuil Buddha yang terkenal di Bangkok yaitu Wat Pho. Kuil ini terkenal dengan patung Buddha raksasa yang berlapis emas. Patung ini mempunyai tinggi kurang lebih lima belas meter dan panjang sekitar empat puluh tiga meter. Uniknya patung Buddha ini dibuat dengan posisi berbaring dan tangan sang Buddha menyangga kepala. Karena patung Buddha yang khas ini, kuil ini disebut juga dengan nama Temple of The Reclining Buddha. Telapak kaki patung Buddha raksasa ini dihiasai dengan kerang mutiara, Rangkaiannya terdiri dari 108 panel yang menggambarkan ciri agung seorang Buddha. Kuil ini sangat cantik karena dihiasai dengan lukisan-lukisan yang indah.

Wat Pho merupakan kuil terbesar dan tertua yang ada di Thailand. Kuil ini mulai dibangun pada tahun 1788. Dahulu kuil ini merupakan tempat pendidikan pengobatan tradisional ala Thailand yang masih ada dan lestari hingga kini. Kemudian pada masa pemerintahan Raja Rama III kuil ini mengalami pemugaran. Komplek kuil terdiri dari dua bagian yaitu area utara dan selatan. Di sebelah area utara terdapat patung Buddha raksasa dan tempat pendidikan pijat tradisional Thai. Sedangkan di area selatan terdapat Tukgawee yaitu Biara tempat tinggal dan belajar para biksu. Di bagian luar kuil terdapat bangunan Chedi atau stupa yang berjumlah 91 buah, empat vihara dan satu tempat yang menjadi pusat tempat suci.

Di sekeliling kompleks terdapat enam belas gerbang yang dijaga oleh sebuah batu dengan ukiran khas dari China yang berukuran cukup besar. Di sepanjang koridor terdapat 108 mangkok perunggu yang melambangkan karakter Buddha. Uniknya Anda bisa menjatuhkan beberapa buah koin ke dalam mangkok tersebut. Sebagian orang percaya bahwa hal tersebut bisa mendatangkan keberuntungkan, namun ada juga yang memberi koin sebagai sumbangan kepada para biarawan yang merawat kuil. Meskipun kuil ini adalah tempat wisata, namun banyak juga warga Thailand yang datang untuk beribadah. Untuk itu jika Anda mengunjungi kuil ini usahakan tidak berbuat gaduh dan mengganggu pengunjung lainnya.

Jam Buka : Kuil ini dibuka untuk umum setiap harinya mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 waktu setempat.

Harga tiket : Akan dikenakan biaya tiket untuk masuk sekitar 100 bath.

Akses ke Kuil Wat Pho Bangkok

Untuk menuju ke lokasi ini, Anda bisa menggunakan kapal ferri Chao Phraya Express Boat menuju ke dermaga Tha Tien Pier (N8). Nah dari sini kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 250 meter menuju Thai Wang Road.

Sumber : utiket.com