Selasa, 10 Maret 2015

Taman Laut Terbesar di Dunia



Taman laut ini memiliki wilayah yang sangat luas, mulai dari daratan hingga lautnya. Luasnya sekitar satu koma tiga juta kilometer persegi. Sehingga dinobatkan sebagai taman laut terbesar di dunia. Namanya adalah Le Parc Natural de la Mer De Corail atau dikenal pula dengan nama The Natural Park of the Coral Sea. Letaknya berada di New Caledonia yakni sebuah negara persemakmuran Prancis yang ada di kawasan Samudera Hindia. Di tempat inilah banyak ditemukan berbagai hewan laut seperti 48 spesies hiu, 25 spesies mamalia, 19 spesies burung hingga 5 spesies penyu, termasuk penyu hijau yang sudah langka.

Selain itu, taman laut terbesar di dunia ini memang menawarkan pemandangan yang indah. Air lautnya masih berwarna biru dan sangat jernih. Sedangkan di bawah lautnya terdapat lantai terumbu karang seluas satu koma satu juta hektar dengan berbagai jenis ikan di dalamnya.

Kawasan di New Celedonia memang memiliki banyak keaneka ragaman hayati. Bahkan di kawasan ini juga terdapat Grand Lagon Sud yang merupakan laguna terbesar di dunia. Kawasan tersebut juga tercatat sebagai salah satu situs warisan dunia dari UNESCORencananya kawasan taman laut ini nantinya akan dibagi menjadi beberapa zona. Diantaranya adalah zona untuk kegiatan ekonomi, dimana pengunjung nantinya dapat memancing serta melakukan kegiatan snorkeling.

Sumber : utiket.com