Senin, 06 April 2015

Menara Alor Setar Malaysia



Introduksi 

Menara Alor Setar merupakan salah satu ikon bagi negara bagian Kedah, Malaysia. Menara ini berada tepat di jantung kota Alor Setar, Malaysia. Selain merupakan ikon, menara ini juga berfungsi sebagai menara telekomunikasi sekaligus sebagai salah satu obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Menara yang dibangun pada tahun 1994 dan selesai pada tahun 1996 ini memiliki ketinggian sekitar 165 meter dan menjadikannya sebagai menara tertinggi kedua di Malaysia dan tertinggi ke 19 di dunia. Menara ini resmi dibuka untuk umum sejak tanggal 14 Agustus 1997.

Terdapat beberapa ruang di Menara Alor Setar yang dapat dikunjungi. Dimulai dari Amphitheatre yang merupakan ruang terbuka yang digunakan untuk pertunjukan seni dan budaya serta berbagai acara pameran. Ruang selanjutnya berada di ketinggian 88 meter yang bernama Observation Deck. Di sini merupakan tempat pengamatan bulan untuk menentukan hilal. Selain itu, di sini tersedia lima binocular otomatis yang dapat digunakan oleh pengunjung. Dari ruang ini para pengunjung dapat melihat panorama keindahan kota Alor Setar yang membentang dari Gunung Jerai yang dikenal dengan nama Kedah Peak hingga ke Gunung Keriang. Terdapat juga toko souvenir, tempat penukaran uang (money changer) dan outlet makanan ringan serta es krim.

Di ketinggian 94 meter terdapat Restoran Seri Angkasa. Selain menyajikan pemandangan yang indah, restoran berputar ini menyajikan berbagai macam menu yang lezat mulai dari menu lokal hingga internasional. Jika cuaca cerah, kita bisa melihat negara Thailand dari restoran ini. Di ruang terakhir yang berada di ketinggian 100 meter, kita dapat menemukan ruang bernama Mega View yang merupakan tempat yang dapat disewa untuk berbagai acara, seperti pesta pernikahan, ulang tahun dan berbagai acara extravaganza lainnya. Tentunya akan sangat berkesan saat mengadakan acara di atas ketinggian 100 meter dengan panorama yang sangat indah.

Akses ke Menara Alor Setar Alor Setar

Menara Alor Setar dapat dijangkau dengan mudah dari Bandara Sultan Abdul Halim, Alor Setar karena menara ini berada di jantung kota Alor Setar. Kita dapat menggunakan taksi dari bandara dengan lama perjalanan sekitar 30 menit.

Jam buka

Pukul 09.00 hingga pukul 22.00 waktu setempat.

Biaya tiket masuk

Untuk anak dengan usia sekitar 6 hingga 12 tahun dikenakan biaya RM 6 (Ringgit Malaysia) untuk tiket masuknya. Sedangkan untuk orang dewasa dikenakan biaya RM 12.

Sumber : utiket.com