Jumat, 10 April 2015

Taman Tumbina Bintulu Malaysia



Introduksi 

Taman Tumbina Bintulu merupakan taman rekreasi di kota BintuluSarawak, Malaysia. Jaraknya sekitar lima kilometer dari pusat kota Bintulu. Taman ini memiliki koleksi flora dan fauna yang mampu menarik perhatian setiap pengunjung. Tidak hanya ramai dikunjungi oleh warga lokal saja, taman ini juga menjadi tujuan wisata bagi siapa saja yang berkunjung ke kota Bintulu. Terlebih lagi letak taman ini menghadap ke arah Laut Cina Selatan. Taman ini berdiri di atas lahan seluas sekitar 57 hektar dan dibangun pada tahun 1990 lalu oleh Bintulu Development Authorithy (BDA) dan secara resmi dibuka untuk umum pada tanggal 2 Agustus 1991.

Perpaduan kebun binatang dan tumbuhan ini menjadikan Taman Tumbina selain sebagai tempat wisata, juga yang sebagai tempat edukasi, konservasi serta tempat penelitian dan pengembangan. Koleksi binatang yang terdapat di sini, antara lain burung rangkong, harimau, flamingo, buaya dan masih banyak lagi lainnya. Terdapat sebuah tempat yang khusus berisikan kupu-kupu dengan nama Alam Kelebar (Butterfly World). Salah satu koleksi tanaman yang menjadi daya tarik taman ini adalah tanaman anggrek. Terdapat berbagi jenis tanaman anggrek yang menjadi koleksi taman ini dan tersimpan di dalam Orchid Garden.

Mintalah peta Taman Tumbina ini saat di pintu masuk agar tidak tersesat. Namun jika lupa tidak meminta peta tersebut, tak usah khawatir karena ada petugas yang bisa ditemukan dengan mudah di dalam taman ini. Di dalam taman ini juga terdapat kantin yang menjual makanan dan minuman bagi para pengunjung. Terdapat juga toko souvenir yang menjual berbagai macam kerajinan dan souvenir khas Sarawak.

Tiket Masuk

Tiket masuk untuk anak–anak dikenakan biaya RM 0.50 (Ringgit Malaysia), sedangkan untuk dewasa dikenakan biaya tiket masuk sekitar RM 2 (Ringgit Malaysia).

Jam Buka

Taman Tumbina Bintulu buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga pukul 16.30 waktu setempat.

Akses ke Taman Tumbina Bintulu

Taman Tumbina Bintulu hanya berjarak sekitar lime kilometer dari pusat kota Bintulu dan dapat dicapai dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi, sewa maupun taksi. Jika menggunakan taksi, tarifnya sekitar RM 15 sekali jalan.

Sumber : utiket.com