Sabtu, 18 April 2015

Umbul Ponggok Klaten Indonesia



Introduksi 

Snorkeling merupakan olahraga air yang banyak digemari oleh para wisatawan. Mereka rela pergi jauh dan mengeluarkan banyak biaya demi mencari spot terbaik. Kegiatan ini biasanya dilakukan di bawah air laut yang dangkal. Selain bisa menikmati aneka flora dan fauna bawah air laut, kegiatan ini juga mempunyai sensasi tersendiri. Namun, tahukah Anda bahwa olahraga air seperti snorkeling itu tak hanya bisa dilakukan di laut saja, di air tawar pun Anda bisa melakukannya.

Yup, snorkeling air tawar ini bisa Anda lakukan di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Nama tempatnya adalah Umbul Ponggok. Sangat cocok untuk para pemula yang belum terlalu mahir dan ingin belajar snorkeling.

Umbul Ponggok merupakan sebuah mata air yang berbentuk kolam dengan panjang lebih dari 75 meter dan lebar lebih dari 40 meter. Kedalaman kolamnya pun mencapai dua hingga tiga meter (bagian tengah). Air di Umbul Ponggok ini sangat jernih. Airnya berasal dari mata air tanah yang hingga saat ini masih terus memancar. Saking jernihnya pengunjung bisa melihat aneka ikan di dalam air dengan jelas. Bahkan hasil dari berfoto ria di bawah air pun bisa terlihat sangat jelas. Namun untuk kamera tahan airnya, pengunjung bisa membawanya sendiri, karena pengelola belum menyediakan fasilitas ini.

Umbul Ponggok memang tidak menyediakan pemandangan bawah laut. Namun beberapa ikan juga dipelihara di umbul ini seperti nila, bawal, koi dan lainnya. Ikan-ikan ini tidak boleh dipancing, namun boleh dipegang. Tak perlu khawatir air Umbul Ponggok tidak akan berbau amis, karena air secara otomatis selalu berganti dan mengalir ke dua sungai di desa setempat.

Setiap harinya Umbul Ponggok ramai didatangi oleh pengunjung. Bahkan di hari libur pun pengunjungnya bisa mencapai hingga 600 orang per hari. Umbul ini juga sering dijadikan tempat untuk berlatih snorkeling. Bagi yang tidak mempunyai alatnya, di sekitar umbul juga disediakan jasa penyewaan alat snorkeling serta pelampung. Biaya sewanya pun cukup murah yaitu sekitar Rp 15.000 untuk sewa peralatan snorkeling lengkap.

Fasilitas

Beberapa fasilitas seperti tempat duduk untuk bersantai bagi para pengunjung, kolam khusus untuk anak-anak hingga taman bermain untuk anak-anak tersedia di kawasan ini. Selain itu beberapa penjual makanan dan minuman juga bisa Anda dapatkan di tempat ini. Anda juga bisa mendapatkan penginapan di pusat kota Klaten.

Akses ke Umbul Ponggok Klaten

Dari Solo rute terdekatnya adalah melalui jalan raya Solo-Yogyakarta.

Saat melewati Klaten berhentilah di Terminal Penggung. Terminal ini berada pada persimpangan lampu merah yang menuju ke Desa Ponggok. Dari sini ambilah arah ke kiri dan ikuti jalan hingga bertemu dengan Markas Koramil yang ada di sebelah kiri jalan pada pertigaan. Dari pertigaan tersebut ambil arah kanan, ikuti jalan dan Umbul Ponggok sudah terlihat.

Bila dari Yogyakarta, rutenya adalah melalu jalan raya Yogyakarta-Solo.

Setelah melewati Klaten, Anda akan menemukan Terminal Penggung. Dari terminal belok kiri dan ikuti jalan hingga Anda menemukan papan petunjuk arah jurusan Cokro-Solo-Boyolali. Ikuti arah tersebut hingga sekitar tiga kilometer jauhnya dan Anda akan menemukan lokasi Umbul Ponggok yang terletak di sebelah kiri jalan. Lama perjalanannnya sekitar satu setengah jam perjalanan.

Jam buka

Obyek wisata ini buka mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Biaya tiket masuk

Tiket masuk ke umbul dikenakan biaya sekitar Rp 3.000 per orang (hari biasa) dan Rp 4.000 per orang (akhir pekan dan hari libur).

Sumber : utiket.com