Kamis, 30 Juli 2015

Pesona Liang Mangkulangit Balikpapan Indonesia



Introduksi

Liang Mangkulangit merupakan salah satu obyek wisata yang ada di Desa Muara Kuaro, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur. Lokasinya dapat ditempuh dalam waktu sekitar lima jam perjalanan dari kota Balikpapan.

Liang Mangkulangit bermakna Goa Mengangkat Langit. Nama tersebut sangat cocok karena bentuknya yang menjorok ke atas seolah-olah sedang mengangkat langit. Liang Mangkulangit merupakan sebuah gunung batu yang berfungsi menjadi dinding dan atap bagi Sungai Kandilau. Selain kemegahan dinding dan tebing batunya yang cukup tinggi, pesona alam di kawasan ini masih alami dan asri. Termasuk berbagai satwa yang ada dan deretan pohon besarnya. Sebagian bebatuan terbalut dengan lumut hijau. Belum lagi suara tetesan air yang jatuh dari bebatuan. Semakin menambah daya tarik dan pesona kawasan ini.

Akses ke Pesona Liang Mangkulangit Balikpapan

Bila Anda melalui jalur udara maka kota terdekat untuk menuju ke kawasan ini adalah melalui kota Balikpapan. Dari Balikpapan ke Tanah Grogot yang merupakan ibukota Kabupaten Paser memakan waktu sekitar lima jam perjalanan. Nah dari Tanah Grogot perjalanan dapat dilanjutkan menuju ke Kecamatan Muara Komam dan dilanjut ke arah Desa Lusan sejauh sekitar lima kilometer dan turun di Jembatan Kandilau.

Di Jembatan Kandilau barulah ganti kendaraan Anda dengan menyewa perahu motor ke arah hulu sungai. Lama perjalanannya sekitar sepuluh menit.

Sumber : utiket.com