Rabu, 23 September 2015

Tiga Kecelakaan Pesawat Terparah di Dunia



Tragedi kecelakaan pada pesawat penerbangan memang kerap terjadi. Beberapa pesawat ada yang hanya mengalami kecelakaan ringan dan tidak menimbulkan korban jiwa. Namun sebagian ada pula yang menyebabkan korban jiwa. Berikut beberapa kecelakaan terparah tersebut.

Kecelakaan pesawat KLM 5805 dan pesawat Pan Am 1736
Kecelakaan ini terjadi pada tanggal 27 Maret 1977 pukul 17.06 waktu setempat. Kedua pesawat jenis Boeing 747 tersebut bertabrakan di Bandara Internasional Los Rodeos, Tenerife, Kepulauan Canary, Spanyol. Berdasarkan investigasi, kecelakaan tersebut terjadi karena adanya usaha lepas landas KLM tanpa izin dari ATC, faktor kebingungan dari kedua pilot karena petugas ATC menggunakan logat Spanyol serta pilot KLM tidak menggunakan bahasa standar penerbangan sehingga membingungkan petugas ATC. Kecelakaan tersebut menyebabkan 583 orang meninggal dunia dan 61 orang berhasil selamat.

Kecelakaan pesawat MH370
Kecelakaan ini terjadi pada tanggal 8 Maret 2014 lalu, pesawat MH370 milik maskapai Malaysia Airlines yang sedang melakukan penerbangan dengan rute Kuala Lumpur – Beijing mengalami hilang kontak di sekitar Samudera Hindia dan hingga kini pesawat tersebut belum ditemukan.

Kecelakaan pesawat MH17
Kecelakaan ini terjadi pada tanggal 17 Juli 2014, dimana pesawat MH17 milik maskapai Malaysia Airlines yang membawa 280 penumpang dan 15 awak kabin ditembak oleh sebuah rudal lantaran dianggap memasuki wilayah udara negara yang sedang berkonflik tanpa ijin. Sebelumnya diketahui bahwa pesawat tersebut melakukan penerbangan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur.

Sumber : utiket.com