Senin, 30 Maret 2015

Teluk Gurita



Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu. NTT Indonesia 

Introduksi 

Di Teluk Gurita ini kita bisa menemui pemandangan alam yang cantik yang dipadu dengan perairan teluk yang tenang dan jernih. Di balik keindahan alamnya yang cantik, Teluk Gurita juga menyimpan sejarah. Dahulu tempat ini bernama Kuit Namon dan merupakan pelabuhan alam yang digunakan untuk berdagang. Kebanyakan para pedagang tersebut berasal dari Asia dan Eropa yang bertujuan untuk mencari cendana dan lilin. 

Suatu hari kapal pedagang dari Spanyol datang di pelabuhan ini untuk berdagang. Saat sedang bertransaksi tiba-tiba kapal tersebut dililit oleh gurita raksasa hingga akhirnya kapal tersebut tenggelam. Sejak saat itu tempat ini diganti namanya menjadi Teluk Gurita. Bangkai kapal yang tenggelam tersebut hingga saat ini masih berada di dasar teluk ini.

Selain menikmati keindahan alamnya, kita juga dapat memancing di teluk ini. Bisa juga berkeliling menggunakan perahu hingga ke Danau Konkas yang berhubungan langsung dengan Teluk Gurita. Namun sayangnya belum terdapat fasilitas wisata yang memadai di Teluk Gurita ini. Di sekitar teluk ini juga tidak terdapat penginapan. Penginapan hanya bisa ditemukan di kota Atambua.

Jika mengunjungi Teluk Gurita jangan lupa untuk mencicipi jagung bakar dan akar bilan yang dijual oleh penduduk yang tinggal di sekitar teluk. Dari sini perjalanan wisata Anda dapat di lanjutkan ke obyek wisata selanjutnya, yang tidak jauh dari Teluk Gurita adalah Kolam Susuk.

Akses ke Teluk Gurita 

Teluk Gurita berjarak sekitar 20 kilometer arah barat laut dari pusat kota Atambua. Untuk menuju ke teluk ini dapat menggunakan angkutan umum dengan tarif sekitar Rp 15.000 per orang, ojek sekitar Rp 25.000 per orang sekali jalan, atau dengan menyewa kendaraan yang bisa digunakan secara rombongan dengan biaya sekitar Rp 250.000 per kendaraan. Perjalanan tersebut memakan waktu sekitar 30 menit.

Makan di Teluk Gurita

terdapat beberapa kios-kios yang menjual cinderamata seperti kain tenun khas Belu, patung-patung yang terbuat dari cendana hingga madu asli.

Sumber : utiket.com

Minggu, 29 Maret 2015

Pantai Atapupu Atambua Indonesia



Introduksi 

Kota Atambua merupakan kecamatan sekaligus ibukota Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kota ini juga menjadi pintu gerbang untuk menuju negara Timor Leste karena kota ini memang berbatasan dengan Timor Leste. Perbatasan tersebut berada di Desa Motaain yang berjarak sekitar 30 km dari kota Atambua.

Jika berencana mengunjungi perbatasan Indonesia-Timor Leste dari Atambua, maka sepanjang perjalanan kita dapat melihat pemandangan sebuah pantai yang indah, yaitu Pantai Atapupu.

Pantai Atapupu biasa juga disebut dengan nama Pantai Sukaerlaran atau Pantai Pasir Putih.

Disebut dengan nama Pantai Pasir Putih karena memang pantai ini memiliki hamparan pasir putih. Selain itu, keadaan alam di pantai ini masih sangat alami dan belum terjamah oleh tangan-tangan jahil. Pantai yang bersih ini memiliki air laut sangat bening dan jernih dengan topografi pantainya yang datar dan dangkal sehingga aman bagi kita untuk bermain air sepuasnya di sini.

Pengunjung pantai ini kebanyakan adalah warga lokal saja karena memang pantai ini belum banyak dikenal oleh para wisatawan. Selain warga lokal, pantai ini juga dikunjungi oleh warga negara Timor Leste yang menuju ke Atambua. Pada sore hari, pantai ini ramai dikunjungi oleh para anak muda.

Jika berada di pantai ini pada tengah hari, kita akan mendapati para nelayan yang sedang kembali dari melaut. Mereka akan menawarkan hasil tangkapan ikannya kepada para pengunjung pantai. Kita bisa membelinya. Harga yang ditawarkan oleh nelayan-nelayan ini lebih murah dan tentunya lebih segar. Panorama sunset di Pantai Atapupu merupakan pemandangan menakjubkan yang bisa kita saksikan saat berada di sini.

Akses ke Pantai Atapupu Atambua

Letak Pantai Atapupu sangat mudah dijangkau karena berada di jalur utama jalan raya Atambua-Timor Leste. Kita bisa menggunakan kendaraan bermotor dari pusat kota Atambua untuk menuju ke Pantai Atapupu. Waktu tempuh yang diperlukan untuk sampai ke pantai ini adalah sekitar satu jam.

Biaya tiket masuk

Untuk memasuki Pantai Atapupu dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 per orang.

Sumber : utiket.com

Jumat, 27 Maret 2015

Patong Beach Phuket Thailand



Introduksi 

Kota Phuket sebagai kota destinasi wisata terkenal di negara Thailand memiliki berbagai atraksi wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Patong Beach. Patong Beach merupakan obyek wisata terpopuler di Phuket. Layaknya Pantai Kuta di Bali, Patong Beach banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke kota ini. Pantai berpasir putih yang membentang sepanjang tiga kilometer ini menyajikan berbagai atraksi yang bisa dinikmati oleh semua wisatawan.

Pantai ini memiliki air laut yang cukup bersih. Anda bisa bermain air sepuasnya dan berolahraga air seperti berenang, snorkeling, selancar angin, berlayar dan parasailing. Terdapat berbagai tempat penyewaan peralatan olahraga tersebut di pinggir pantainya. Di pinggiran pantainya pun terdapat deretan kursi yang disewakan bagi Anda yang ingin berjemur atau hanya duduk bersantai sambil menikmati keindahan yang ditawarkan oleh pantai ini. Selain itu, pantai ini juga terkenal akan kehidupan malamnya. Jadi jangan heran jika pada malam hari pantai ini tetap ramai oleh pengunjung, apalagi di malam hari akan banyak terdapat restoran, kafe dan bar yang buka berhiaskan lampu warna warni.

Kebanyakan yang menikmati Patong Beach pada malam hari adalah mereka yang menyukai pesta. Tak jauh dari Patong Beach terdapat Bangla Road (Soi Bangla), Paradise Complex dan Jungceylon Shopping Center yang tak kalah ramainya pada malam hari dan menyajikan berbagai atraksi kehidupan malam, salah satunya adalah pertunjukan Simon Cabaret yang merupakan pertunjukan seni yang dibawakan oleh para ladyboy dan sayang untuk dilewatkan. Bagi Anda nightlife lovers, Patong Beach dan kawasan sekitarnya merupakan tempat yang patut Anda kunjungi saat datang ke Phuket. Berbagai jenis penginapan juga bisa Anda temukan dengan mudah di sekitar Patong Beach, mulai dari hotel kelas melati hingga hotel berbintang dengan berbagai tarif dan fasilitas.

Akses ke Patong Beach Phuket

Patong Beach berjarak sekitar limabelas kilometer ke arah barat dari kota Phuket. Anda bisa mengambil penerbangan yang menuju ke Phuket International Airport. Dari bandara ini Anda bisa menggunakan taksi untuk langsung menuju ke Patong Beach atau menggunakan shuttle bus dari bandara yang menuju ke pusat kota Phuket. Dari pusat kota Phuket, Anda bisa berganti bus yang menuju ke arah Patong Beach.

Sumber : utiket.com

Selasa, 24 Maret 2015

Jalur Tebing Paling Berbahaya di Dunia



Jalur tebing ini sebelumnya sejak tahun 2001 telah ditutup, karena telah menewaskan lima orang yakni pada rentang tahun 1999 dan tahun 2000. Namun, rencananya di akhir bulan Maret 2015, jalur ini akan dibuka kembali untuk umum.

Jalur pendakian ini berada pada ketinggian sekitar 100 meter di atas Ngarai Desfiladero del los Gaitanes, Desa El Chorro, Malaga, Spanyol. Bentuknya berupa jalur setapak dan dikenal dengan nama jalur Caminito del Rey. Jalur ini sudah ada selama 110 tahun dan merupakan jalur pendakian paling berbahaya di dunia.

Salah satu faktor dibukanya kembali jalur pendakian yang cukup ekstrim ini karena didorong oleh wisatawan pecinta tantangan. Mereka mendorong pemerintah setempat untuk segera merenovasi dan memperbaiki jalur tersebut agar bisa dibuka kembali untuk umum. Oleh karena itu, saat ini sudah ada lantai kaca yang diletakkan di sisi tebing serta tambahan papan kayu yang tertata cukup rapi di jalur ini. Tak hanya itu, di sepanjang jalur ini sekarang sudah dilengkapi dengan seling baja sebagai pengamannya. Para wisatawan yang mau melintasi jalur ini juga diharuskan memakai helm keselamatan. Sehingga menurut pemerintah setempat, jalur ini sudah cukup aman untuk dilalui.

Sumber : utiket.com

Kamis, 19 Maret 2015

Gerai Garuda Indonesia Klaten



Foto by Yuliadon Sakti


Pada tanggal 18 Maret 2015 telah resmi dibukanya salah satu outlet penjualan tiket pesawat Garuda Indonesia di Hotel Grand Tjokro Klaten oleh Wakil Bupati Klaten yaitu Ibu Sri Hartini dengan acara pemotongan pita, outlet ini adalah merupakan salah satu bagian pemasaran dari PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Solo. Pada acara pembukaan ini, Garuda Indonesia memberikan merchandise menarik, seperti undian diskon 50% tiket Solo-Jakarta dan doorprize berupa tiket free of charge (FOC) Solo (SOC)-Jakarta (CGK)-Solo (SOC) yang dimenangkan oleh Bapak Yuliadon Sakti yaitu utusan sekaligus pemilik Alkatrans Tour & Travel Cabang Klaten.

Salah satu pemenang doorprice
 tiket free of charge SOC-CGK-SOC

Dibukanya Gerai Garuda Indonesia di Hotel Grand Tjokro Klaten adalah merupakan salah tempat yang sangat strategis, yaitu yang berada di tengah kota. Dan selain itu secara demografis Kota Klaten di apit oleh dua kota yang sangat kental budaya jawanya, yaitu Kota Surakarta dan Kota Yogyakarta. Dimana Klaten sendiri juga memiliki tempat pariwisata, kerajinan batik dan kuliner.

Selain itu pula dipilihnya tempat di Hotel Grand Tjokro Klaten adalah dikarenakan Hotel ini adalah Hotel yang terbesar di Kota Klaten, yang terletak di jalan utama Kota Klaten yaitu Jalan Pemuda No. 42 Klaten. Sehingga para wisatawan yang mengunjungi Kota Klaten, banyak pilihan destinasi tujuan wisatanya.

Pada Gerai Garuda Indonesia Klaten melayani: 1. Pemesanan informasi harga, pembelian tiket penerbangan, baik domestik maupun internasional dan pengembalian uang tiket / refund. 2. Pemesanan lebih dari 10 tiket (group) dan Perusahaan mitra Garuda Indonesia (corporate). 3. Penukaran poin GarudaMiles menjadi tiket penerbangan atau upgrade ke kelas penerbangan yang lebih tinggi.

Semoga dengan telah dibukanya Gerai Garuda Indonesia Klaten akan lebih meningkatnya pengguna Garuda Indonesia di Klaten dan sekitarnya. Selain itu pula semoga Kota Klaten semakin semarak dengan hadirnya para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Sabtu, 14 Maret 2015

Museum Madame Tussauds Hongkong



Introduksi 

Bertemu dengan artis Hollywood atau tokoh terkenal di dunia mungkin seperti mimpi. Artis dan tokoh yang mempunyai jutaan penggemar di dunia itu memang tidak gampang ditemui. Selain jadwal yang padat, orang-orang terkenal itu pasti menghindari muncul di tempat umum. Namun, jika Anda pergi ke Hongkong, Anda bisa mengunjungi Museum Madame Tussauds. Museum ini dipenuhi oleh selebritis dan tokoh terkenal dunia. Tentu bukan selebritis sungguhan, namun patung lilin yang menyerupai selebritis dan tokoh dunia. Patung lilin ini dibuat khusus dan sangat mirip karena mempunyai ukuran badan yang sama. Di sini Anda tidak hanya bisa melihat patung selebriti dan tokoh dunia saja, namun Anda juga bisa berfoto bersama patung-patung tersebut.

Museum Madame Tussauds sendiri tidak hanya ada di Hongkong. Namun juga terdapat di beberapa negara di Eropa, Amerika serta Asia. Sedangkan Museum Tussauds yang ada di Hongkong sendiri merupakan museum pertama yang ada di Asia. Nama museum diambil dari nama seorang pembuat patung lilin asal Prancis yaitu Marie Tussaud. Patung lilin yang ada disini meliputi patung tokoh dunia seperti, musisi, tokoh film, tokoh olah raga, keluarga kerajaan, serta artis dan tokoh lokal. Menariknya di Madame Tussauds Hongkong ini terdapat tokoh Indonesia yang sangat terkenal. Siapa lagi jika bukan Presiden pertama Republik Indonesia yakni Ir. Soekarno. Dijamin Anda tidak akan menyesal berkunjung ke museum ini.

Tiket

Harga tiket untuk orang dewasa sekitar HK$ 215, sedangkan untuk anak-anak umur tiga hingga sebelas tahun sekitar HK $145.

Jam buka

Museum ini buka mulai pukul 10.00 hingga pukul 22.00 waktu setempat.

Restaurant terdekat

The Peak Lookout, New York Fries, Bubba Gump Shrimp Company

Akses ke Museum Madame Tussauds

Museum ini berada di bawah pengelolaan The Peak, Anda bisa menggunakan bus dengan nomor rute 15, 15B atau 15C untuk menuju ke tempat ini. Selain itu minibus dengan nomor rute satu serta Tram juga bisa Anda gunakan.

Sumber : utiket.com

Kamis, 12 Maret 2015

Pesona Air Mancur Buatan Hongkong



Introduksi 

Salah satu tempat wisata karya Pemerintah Macau yang beda dari yang lain yaitu Nam Van Lake Cybernetic Fountain. Wisata ini merupakan wisata air mancur buatan Macau yang disertai dengan pertunjukan laser yang berwarna-warni. Nam Van Lake Cybernetic Fountain mulai dijadikan kawasan wisata hiburan pada tahun 1999. Kawasan ini merupakan danau buatan yang juga memiliki air mancur buatan dan terletak Avenida da Praia Grande, Macau, China atau di seberang gedung Macau SAR (Special Administrative Region). Keindahan Nam Van Lake Cybernatic Fountain dapat Anda saksikan di malam hari.

Air mancur di tempat ini merupakan air mancur buatan yang cukup besar. Air mancurnya dilengkapi dengan 86 alat yang siap menyemprotkan air ke udara serta 300 lampu warna-warni. Tinggi air mancurnya pun bisa mencapai delapan meter. Pada hari Rabu dan juga Sabtu malam, di kawasan ini biasanya di gelar pesta sinar laser, dimana perpaduan lampu dan sinar laser menjadi pemandangan yang sangat menarik. Pada akhir pekan dan momen istimewa seperti Natal, Imlek dan Tahun juga digelar berbagai pertunjukkan musik. 

Jika ingin berkunjung ke sini sebaiknya datang lebih awal agar bisa mendapatkan tempat yang nyaman untuk menonton. Pertunjukan biasanya dimulai pada jam delapan malam waktu setempat hingga jam sepuluh malam. Jangan lupa bawa kamera, agar bisa mengabadikan setiap moment menarik di tempat ini.

Restaurant : Henri’s Galley, Restaurant Sin Lei Char Chan Teng.

Jam buka : Buka setiap hari dengan jadwal pertunjukkan yang berbeda. Untuk pertunjukkan laser hanya dilaksanakan setiap hari Sabtu dam Minggu mulai pukul 20.30 – 21.00 waktu setempat dan pukul 21.30 – 22.00 waktu setempat.

Akses ke Pesona Air Mancur Buatan Hongkong

Jika Anda berada di Hongkong Anda bisa menggunakan kapal ferriDari terminal penyeberangan, Anda tinggal melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju Nam Van Lake Cybernetic Fountain. Sementara jika Anda berada di kawasan Macau Anda bisa menggunakan bis untuk menuju lokasi.

Sumber : utiket.com

Selasa, 10 Maret 2015

Taman Laut Terbesar di Dunia



Taman laut ini memiliki wilayah yang sangat luas, mulai dari daratan hingga lautnya. Luasnya sekitar satu koma tiga juta kilometer persegi. Sehingga dinobatkan sebagai taman laut terbesar di dunia. Namanya adalah Le Parc Natural de la Mer De Corail atau dikenal pula dengan nama The Natural Park of the Coral Sea. Letaknya berada di New Caledonia yakni sebuah negara persemakmuran Prancis yang ada di kawasan Samudera Hindia. Di tempat inilah banyak ditemukan berbagai hewan laut seperti 48 spesies hiu, 25 spesies mamalia, 19 spesies burung hingga 5 spesies penyu, termasuk penyu hijau yang sudah langka.

Selain itu, taman laut terbesar di dunia ini memang menawarkan pemandangan yang indah. Air lautnya masih berwarna biru dan sangat jernih. Sedangkan di bawah lautnya terdapat lantai terumbu karang seluas satu koma satu juta hektar dengan berbagai jenis ikan di dalamnya.

Kawasan di New Celedonia memang memiliki banyak keaneka ragaman hayati. Bahkan di kawasan ini juga terdapat Grand Lagon Sud yang merupakan laguna terbesar di dunia. Kawasan tersebut juga tercatat sebagai salah satu situs warisan dunia dari UNESCORencananya kawasan taman laut ini nantinya akan dibagi menjadi beberapa zona. Diantaranya adalah zona untuk kegiatan ekonomi, dimana pengunjung nantinya dapat memancing serta melakukan kegiatan snorkeling.

Sumber : utiket.com

Minggu, 08 Maret 2015

Tung Wan Beach Hong Kong



Introduksi 

Tung Wan Beach merupakan salah satu obyek wisata berupa pantai yang menarik di Hongkong. Pantai ini berjarak sekitar duabelas kilometer ke arah selatan dari pusat kota Hongkong atau lebih tepatnya berada di Cheung Chau Beach Road dan Hak Pai Road, Cheung Chau, Outlying Islands. Pantai ini menjadi salah satu tujuan para wisatawan asing yang datang ke Hongkong untuk menikmati keindahan alam Pulau Cheung Chau yang indah di Hongkong.

Pantai ini menawarkan keindahan dan ketenangan suasana alamnya. Wilayah di sekitar pantai ini pun masih terlihat sangat asri dimana terdapat pepohonan yang rimbun sehingga menjadikan pantai ini terasa sejuk. Selain itu, air lautnya yang berwarna hijau kebiru-biruan menambah asrinya pantai ini. Bukan hanya pada siang hari saja Anda dapat menikmati keindahan pantai ini, namun pada malam haripun Anda dapat menyaksikan pemandangan kawasan Aberdeen dan Lamma Island yang indah dari pantai ini. Di tepi pantai ini pun tersedia lahan bagi Anda yang ingin memanggang seafood atau pesta barbeque. Berada tak jauh dari pantai ini terdapat sebuah pantai yang menyediakan fasilitas windsurfing, yaitu Kwun Yam Beach. Anda hanya perlu berjalan sekitar lima menit untuk menuju Kwun Yam Beach dari Tung Wan Beach.

Akses ke Tung Wan Beach Hong Kong

Jika ingin berkunjung ke pantai ini, Anda bisa menuju ke pelabuhan ferri Central yang berada di Hongkong Island. Di Central, Anda bisa menuju dermaga nomor lima yang melayani rute ke pelabuhan Cheung Chau di Cheung Chau Island menggunakan kapal ferri. Tersedia dua jenis kapal ferri yang bisa Anda gunakan: kapal ferri biasa dan cepat. Jika menggunakan kapal ferri biasa maka waktu tempuh yang diperlukan untuk mencapai Cheung Chau Island adalah sekitar satu jam. Namun jika menggunakan kapal ferri cepat, maka hanya diperlukan waktu sekitar 40 menit. Untuk menggunakan kapal ferri tersebut Anda dikenakan biaya yang berbeda untuk kedua jenis kapal ferri tersebut. Setibanya di pelabuhan Cheung Chau, Anda bisa berjalan melalui Tung Wan Road sekitar sepuluh menit untuk tiba di Tung Wan Beach.

Sumber : utiket.com

Jumat, 06 Maret 2015

Kuil Wat Pho Bangkok Thailand



Introduksi

Mayoritas warga Thailand beragama Buddha maka tak heran jika di sana banyak terdapat kuil-kuil Buddha yang megah. Kuil-kuil ini selain sebagai tempat beribadah juga menjadi obyek wisata khas Negara Thailand, khususnya Bangkok. Salah satu kuil Buddha yang terkenal di Bangkok yaitu Wat Pho. Kuil ini terkenal dengan patung Buddha raksasa yang berlapis emas. Patung ini mempunyai tinggi kurang lebih lima belas meter dan panjang sekitar empat puluh tiga meter. Uniknya patung Buddha ini dibuat dengan posisi berbaring dan tangan sang Buddha menyangga kepala. Karena patung Buddha yang khas ini, kuil ini disebut juga dengan nama Temple of The Reclining Buddha. Telapak kaki patung Buddha raksasa ini dihiasai dengan kerang mutiara, Rangkaiannya terdiri dari 108 panel yang menggambarkan ciri agung seorang Buddha. Kuil ini sangat cantik karena dihiasai dengan lukisan-lukisan yang indah.

Wat Pho merupakan kuil terbesar dan tertua yang ada di Thailand. Kuil ini mulai dibangun pada tahun 1788. Dahulu kuil ini merupakan tempat pendidikan pengobatan tradisional ala Thailand yang masih ada dan lestari hingga kini. Kemudian pada masa pemerintahan Raja Rama III kuil ini mengalami pemugaran. Komplek kuil terdiri dari dua bagian yaitu area utara dan selatan. Di sebelah area utara terdapat patung Buddha raksasa dan tempat pendidikan pijat tradisional Thai. Sedangkan di area selatan terdapat Tukgawee yaitu Biara tempat tinggal dan belajar para biksu. Di bagian luar kuil terdapat bangunan Chedi atau stupa yang berjumlah 91 buah, empat vihara dan satu tempat yang menjadi pusat tempat suci.

Di sekeliling kompleks terdapat enam belas gerbang yang dijaga oleh sebuah batu dengan ukiran khas dari China yang berukuran cukup besar. Di sepanjang koridor terdapat 108 mangkok perunggu yang melambangkan karakter Buddha. Uniknya Anda bisa menjatuhkan beberapa buah koin ke dalam mangkok tersebut. Sebagian orang percaya bahwa hal tersebut bisa mendatangkan keberuntungkan, namun ada juga yang memberi koin sebagai sumbangan kepada para biarawan yang merawat kuil. Meskipun kuil ini adalah tempat wisata, namun banyak juga warga Thailand yang datang untuk beribadah. Untuk itu jika Anda mengunjungi kuil ini usahakan tidak berbuat gaduh dan mengganggu pengunjung lainnya.

Jam Buka : Kuil ini dibuka untuk umum setiap harinya mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 waktu setempat.

Harga tiket : Akan dikenakan biaya tiket untuk masuk sekitar 100 bath.

Akses ke Kuil Wat Pho Bangkok

Untuk menuju ke lokasi ini, Anda bisa menggunakan kapal ferri Chao Phraya Express Boat menuju ke dermaga Tha Tien Pier (N8). Nah dari sini kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 250 meter menuju Thai Wang Road.

Sumber : utiket.com

Kamis, 05 Maret 2015

Lima Ngarai Terindah di Dunia



Ngarai merupakan sebuah bentang alam yang menyerupai lembah. Biasanya terdapat tebing yang bentuknya hampir tegak lurus dengan tanah. Ngarai kebanyakan terbentuk dari proses erosi yang lama dari aliran sungai dengan arus yang cepat. Nah, berikut ini lima ngarai yang memiliki pemandangan terindah di dunia.

Gorges du Vedon

Ngarai ini terletak di Provinsi Alpes de Haute, Prancis. Ngarai ini memiliki sungai yang juga dikenal dengan nama Sungai Gorges du Verdon. Panjang sungainya sekitar 25 km dengan bagian terdalamnya bisa mencapai hingga 700 meter. Sungai di ngarai ini merupakan salah satu sungai tercantik yang ada di kawasan Eropa. Wisatawan yang datang ke sini, biasanya melakukan kegiatan trekking atau hiking di tepi sungai, berenang maupun melakukan kegiatan panjat tebing.

Blyde River Canyon

Ngarai ini terletak di Mpumalanga, Afrika Selatan. Bentangan alam dengan pepohonan nan hijau dapat kita saksikan dari puncak Blyde River Canyon. Ngarai ini mempunyai kedalaman hingga sekitar 762 meter serta memiliki sungai sepanjang 26 km yang ditumbuhi dengan vegetasi hijau. Sehingga suasana di sini sangat sejuk.

Tara River Canyon

Ngarai ini terletak di Taman Nasional Durmitor, sekitar kawasan Montenegro. Kedalaman ngarai ini mencapai 1.300 meter di atas permukaan laut dan memiliki aliran sungai yang membentang sekitar 82 km dengan 42 air terjun di sepanjang aliran sungainya. Bentangan alam nan hijau juga bisa kita saksikan dari sini.

Copper Canyon

Ngarai ini terletak di bagian barat daya Negara Bagian Chihuahua, Meksiko. Ngarai ini terdiri dari enam ngarai yang berbeda dan terbentuk oleh enam aliran sungai yang mengalir di sisi barat Sierra Tarahumara. Bagian terdalam ngarai ini mencapai sekitar 1.879 meter.

Grand Canyon

Ngarai ini terletak di sebelah utara Arizona dan merupakan salah satu tujuan wisata yang populer di Amerika Serikat. Ngarai Grand Canyon ini terbentuk oleh Sungai Colorado beberapa juta tahun yang lalu. Yang membuatnya cantik adalah dominasi antara warna oranye dan merah yang ada di ngarai ini. Kedalaman ngarai ini mencapai lebih dari satu koma enam kilometer dengan panjang sekitar 446 kilometer.

Sumber : utiket.com

Rabu, 04 Maret 2015

Wisata Religi dan Budaya di Kota Cilegon





Syekh Djamaluddin adalah tokoh abad ke 19 yang diyakini oleh masyarakat sekitar sebagai orang yang membuat Pelabuhan Merak selama pada peristiwa tsunami Krakatau yang melanda Banten seabad yang lalu. Suasana yang nyaman di pondok sekitar Syekh Djamaluddin di area Pelabuhan Merak banyak dikunjungi para peziarah. Makam ini berada diatas bukit yang lokasinya berada tak jauh dari dermaga III Pelabuhan Merak. Setiap malam Jum'at pengajian digelar dipondok yang berada hanya beberapa meter dari makam tersebut. Mereka yang mengikuti pengajian ini tak hanya warga Cilegon saja beberapa diantaranya dari banyak masyarakat diluar Banten. Syekh Djamaluddin adalah tokoh ulama besar ke 14 yang memiliki wawasan keagamaan dan ilmu Pemerintahan yang tinggi. Syekh Djamaluddin adalah cucu dari Syekh Maulana Malik Israil, salah satu Dewan Wali Empat yang terbentuk Wali Songo. Dalam zamannya Syekh Djamaluddin banyak berjasa dalam melawan penjajahan Portugis khususnya diperairan Selat Sunda. "Namanya sangat terkenal hingga Malaysia dan Singapura beliau dikenal sebagai Syekh Putih karena konon selalu mengenakan jubah putih” kata pimpinan Yayasan Syekh Djamaludin Banten Ahmad Sudrajat.

Makam Syekh Jamaluddin adalah salah satu makam yang dijadikan wisata religi ini banyak mendapatkan dukungan dan bantuan baik moril ataupun materil dari berbagai pihak yang diantaranya dari Pemerintah Cilegon dan para Perusahaan yang berada disekitar Merak. Selain itu keberadaan Makam Syekh Jamaluddin yang banyak dikunjungi baik dari para peziarah dalam kota maupun luar Kota dapat meraup rejeki dari para pedagang setempat baik pedagang makanan maupun souvenir.

Setiap kegiatan keagamaan seperti Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di Pondok Makam Syekh Jamaluddin mengadakan berdzikir bersama guna melestarikan budaya positif, ribuan masyarakat berbondong-bondong baik undangan para alim ulama, tokoh masyarakat bahkan Walikota Cilegon turut pula menghadiri undangan tersebut. Ikut serta puluhan polisi dan tim pengamanan berjaga-jaga diarea gerbang masuk makam Syekh Jamaluddin. Acara ini digelar adalah merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap pelestarian tradisi masyarakat. Kepedulian terhadap pelestarian tradisi ini keturunan Syekh Jamaluddin sejak setahun lalu telah membentuk Yayasan Bani Satim berharap dengan rangkaian acara keagamaan dan istigosah ditempat ziarah tersebut para peserta dan warga Cilegon mendapatkan berkah. “Alhamdulillah Kota Cilegon sepi dari bencana alam, ini berkat karomah dari para Wali yang soleh. Dan disini kita mengingat kembali para jasanya dan berusaha meneladaninya” kata Nasrullah.

Sejenak menengok sejarah Maulana Malik Israil bersama anggota dewan Wali Songo menyebarkan Islam hingga akhir hayatnya. Konon beliau dikuburkan disebuah bukit kecil ditepi teluk Banten, Bojonegara, kabupaten serang, Utara Kota Cilegon. Tampaknya bukit itu dipilih pertama kali oleh Maulana Malik Israil sebagai ulama yang lebih tua dari Syekh Soleh bin Abdurrahman seorang penyebar Islam yang hidup pada masa Maulana Hasanudin. Bukit itu berada pada lokasi yang memilki titik pandang yang cukup indah kearah barat sehingga dapat menjadi proyeksi tafakur pada saat menyepi. Masyarakat menyebut bukit itu digunung santri. Konon daerah tersebut tempat santri belajar kepada guru ulama tersebut. Pada masa selanjutnya daerah itu disebut dengan nama Kampung Beji, sebuah kampung yang kemudian menjadi basis pergerakan perlawanan masyarakat Banten terhadap Hindia Belanda pada akhir abad ke 19 hingga masa kemerdekaan. Salah satu inspirator perlawanan itu adalah Maulana Malik Israil, selanjutnya Sultan Ageng Tirtayasa. Inpirasi tersebut masuk dalam beberapa bentuk antara lain melalui keturunan yang tersebar di hampir seluruh tanah Banten. Salah satu keturunannya adalah Syekh Jamaluddin yang dimakamkan di dekat Pelabuhan Merak.

Sekilas makam Syekh Jamaluddin tersebut tampak seperti gazebo diwarung makan atau restaurant-restauran tradisional. Pondok yang baru dibangun itu merupakan tempat istirahat para peziarah. "Sengaja kami bangun agar peziarah bisa lebh menikmati suasana makam. Ini merupakan wujud keinginan kami menjadiikan Syekh Djamaluddin menjadi taman wisata ziarah” ujar Sudrajat yang mengaku sebagai keturunan ke 16 Syekh Djamaluddin. Selain pondok rencananya Yayasan Syekh Djamaluddin akan membangun lapangan parkir kios cenderamata di area tersebut. Selain itu beberapa buku yang mengisahkan Syekh Djamaluddin juga akan dibuat. "Syekh Djamaluddin ini adalah tokoh Islam dijaman Portugis beliau cucu dari Syekh Maulana Malik Israil, yang menurunkan para Wali di Pulau Jawa. Dulu tempat ini adalah pesantren dan santrinya tak hanya di Banten, tetapi dari mancanegara seperti Singapura sampai Afrika. Hal itu saya buktikan ketika kami berjiarah ke makam salah satu tokoh Islam di Singapura. Mereka bertanya tentang Syekh Jamaluddin Merak” kata KH Nasrullah, cucu Syekh jamaluddin.

1. Angklung Buhun


Angklung buhun adalah alat musik tradisional khas Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Dinamakan buhun karena kesenian ini lahir bersamaan dengan hadirnya masyarakat Baduy. Buhun berarti tua, kuno (baheula). Angklung buhun adalah angklung tua yang menjadi kesenian pusaka masyarakat Baduy. Kesenian ini dianggap memiliki nilai magis (kekuatan gaib) dan sakral. Selain itu kesenian ini juga punya arti penting sebagai penyambung amanat untuk mempertahankan generasi masyarakat Baduy.

2. Angklung Gubrag


Angklung Gubrag Merupakan salah satu kesenian tradisional yang sudah langka, namun masyarakat Desa Kemuning, Kecamatan Kresek-Kabupaten Tangerang masih melestarikan kesenian Angklung Gubrag pada acara khitanan, perkimpoian dan selamatan kehamilan. Pada masa lalu kesenian Angklung Gubrag dilaksanakan pada saat ritual penanaman padi dengan maksud agar hasil panen berlimpah.

Instrumen yang digunakan 6 buah angklung menggunakan bambu hitam, masing-masing memiliki nama: bibit, anak bibit, engklok 1, engklok 2, gonjing dan panembal, dilengkapi dengan terompet kendang pencak dan seruling. Di atas angklung dikaitkan pita yang berasal dari kembang wiru, menurut kepercayaan kembang wiru dan air yang berasal dari angklung dipercaya dapat menjadi obat dan penyubur tanaman. Semua pemain berdiri tidak menari kecuali penabuh dogdog lojor menabuh sambil ngibing diiringi beberapa penari perempuan dengan kostum kebaya dan kain.

3. Bendrong Lesung


Bendrong Lesung merupakan salah satu kesenian tradisional masyarakat Cilegon-Banten, yang tumbuh dan berkembang secara turun temurun di masyarakat hingga saat ini. Awalnya kesenian ini merupakan tradisi masyarakat setempat dalam menyambut Panen Raya. Tujuannya untuk mengungkapkan kebahagiaan atas jerih payah yang dilakukan, dan yang telah membuahkan hasil.

Dalam perkembangannya, Bendrong Lesung tidak hanya ditampilkan pada penyambutan Panen Raya, tetapi ditampilkan juga pada acara-acara pesta perkimpoian atau upacara peresmian. Bendrong Lesung memadukan musik Lesung atau Lisung (tempat menumbuk padi) dengan musik lainnya yang dimainkan oleh beberapa orang.

4. Debus


Debus adalah seni pertunjukan yang memperlihatkan permainan kekebalan tubuh terhadap pukulan, tusukan, dan tebasan benda tajam. Dalam pertunjukannya, debus banyak menampilkan atraksi kekebalan tubuh sesuai dengan keinginan pemainnya. Pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa sekitar abad ke-17 (1651-1652), debus difokuskan sebagai alat untuk membangkitkan semangat para pejuang dalam melawan penjajah. Pada perkembangan selanjutnya, debus menjadi salah satu bagian ragam seni budaya masyarakat Banten sehingga kesenian ini banyak digemari oleh masyarakat sebagai hiburan yang langka dan menarik di Banten, permainan debus berkembang di Kabupaten Lebak, Pandeglang, kota Cilegon dan kota Serang.

5. Dogdog Lojor


Dogdog Lojor merupakan alat musik yang terbuat dari batang kayu bulat, tengahnya diberi rongga, namun kedua ujung ruasnya mempunyai bulatan diameter yang berbeda (± 12 - 15 cm) dengan panjang ± 90 cm. Pada ujung bulatan yang paling besar ditutup dengan kulit kambing yang telah dikeringkan dan diikat dengan bambu melingkar yang dipaseuk / baji untuk menyetel suara atau bunyi. Suara yang dihasilkan akan berbunyi dog dog dog (dalam telinga orang Sunda). Oleh karena itu alat ini diberi nama Dog Dog. Sedangkan kata lojor berarti lonjong atau lodor yang sepadan dengan kata panjang. Jadi Dogdog Lojor sama artinya dengan Dogdog Panjang.

Kesenian ini berkembang di Banten bagian Selatan Kabupaten Lebak, dengan pemain berjumlah 12 orang. Pada awalnya pertunjukan seni Dogdog Lojor ini, dilakukan sebagai pelengkap dalam rangka pelaksanaan upacara adat seperti Seren Taun, sedekah bumi ataupun ruwatan. Oleh karena itu, pertunjukan Dogdog Lojor dilaksanakan secara khidmat. Sejalan dengan perkembangan zaman, pertunjukan Dogdog Lojor dilakukan dengan penuh kegembiraan sehingga berkembang menjadi seni pertunjukan hiburan dan permainan rakyat.

6. Dzikir Saman


Seni Saman atau disebut juga Dzikir Maulud yaitu kesenian tradisional rakyat Banten khususnya di Kabupaten Pandeglang yang menggunakan media gerak dan lagu (vokal) dan syair-syair yang dilantunkan mengagungkan Asma Allah dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW. berdasarkan literatur disebut Dzikir Saman karena berkaitan arti Saman yaitu Delapan dan dicetuskan pertama kali oleh Syech Saman dari Aceh.

Tari Saman berasal dari Kesultanan Banten yang dibawa para ulama pada abad 18 sebagai upacara keagamaan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW pada bulan Maulud, namun dalam perkembangan selanjutnya dapat pula dilakukan pada upacara selametan khitanan, pernikahan atau selametan rumah. Pemain seni Dzikir Saman berjumlah antara 26 sampai dengan 46 orang. 2 sampai 4 orang sebagai vokalis yang membacakan syair-syair Kitab

7. Kesenian Buaya Putih


Kesenian tradisional yang berkembang di Kampung Curugdahu desa kadubeureum kecamatan Padarincang kabupaten Serang, iringan ngarak buaya putih biasanya dilakukan dalam kegiatan mengirimkan bahan-bahan keperluan hajatan yang menjadi ciri khas daerah setempat, dimana keperluan hajatan ditata sedemikian rupa pada sebatang pohon bambu yang dibentuk rangka mirip seekor buaya, dengan panjang mencapai 8 sampai 10 meter, dengan dihiasi janur kelapa. Buaya putih dimainkan secara keseluruhan oleh 40 orang, dimana 4 orang pemain laki-laki yang bertugas memegang umbul-umbul sebagai pembatas barisan, 2 orang bagian paling depan dan 2 orang lagi sebagai pemegang spanduk, 1 orang sebagai penarik penonton, di belakang 10 orang sebagai penari mojang desa, berdiri sepasang pengantin yang diapit kedua orang tua yang di lengkapi dengan seorang pembawa payung kebesaran. Dibagian tengah terdapat 4 orang sebagai pemikul buaya putih yang harus mampu memainkan buaya putih dengan baik, dibawah kendali seorang pawang buaya yang bernama Ma Ijah, tarian buaya putih ini diiringi oleh 14 orang pemain musik rudat, dengan alat yang terdiri dari : Gending paria ria, kemplongan, dan gembrung.

8. Pantun Bambu


Pantun Bambu adalah alat musik tradisional khas masyarakat Cilegon yang terbuat dari bambu berdiameter rata-rata 10cm, panjang 80cm, beruas dua dengan lubang di tengah dan berlidah disayat dengan tiga buah senar bernada empat tangga nada. Dalam satu grup pantun bambu dibutuhkan paling sedikit tiga pantun yang terdiri dari pantun melodi gendang tapak, pantun bas gendang dan pantun ritme patingtung. Pada awalnya musik pantun di mainkan disaat-saat melepas lelah setelah para petani berkerja disawah, dengan peralatan bambu sederhana dapat menimbulkan irama yang menghibur. Dalam perkembangannya saat alat musik “Pantun” telah di kolaborasi dengan alat musik lainnya seperti musik patingtung, rudat, terbang gede dan sebagainya. Pantun sekarang ini juga digunakan untuk mengiringi lagu dan tarian.

9. Terbang Gede


Terbang gede merupakan salah satu kesenian tradisional Banten yang tumbuh dan berkembang pada waktu para penyebar agama islam menyebarkan ajarannya di Banten, oleh karena itu kesenian terbang gede berkembang secara pesat di lingkungan pesantren dan mesjid-mesjid.

Kesenian ini disebut terbang gede karena salah satu instrumen musik utamanya adalah terbang besar (gede). Pada awalnya kesenian terbang gede berfungsi sebagai sarana penyebaran agama islam, namun kemudian berkembang sebagai upacara ritual seperti : ngarak panganten, ruwatan rumah, syukuran bayi, hajat bumi, dan juga hiburan.

Terbang gede dimainkan oleh beberapa orang biasanya laki-laki yang telah lanjut usia terdiri atas Penabuh terbang gede (besar), penabuh sela, penabuh pengarak, penabuh kempul, penabuh koneng, yang diiringi dengan sholawatan nabi dengan bahasa Arab ataupun jawa.

10. Rampak Bedug


Rampak Beduk merupakan sajian instrumen berupa perkusi, yang ditingkahi suara bedug berbagai ukuran. Ada empat bedug diikat kain merah biru, yang dipukul oleh pemain yang berdiri di tengah. Di pinggirannya, kelompok musik menimpali dengan bedug berbagai ukuran. Sesekali suara terdengar dari mulut para pemainnya, mirip suara musik tiup. Namun, tak ada sajian instrumen tiup. Yang terdengar, suara harmonis antara bedug dan para vokalis tradisi saling menyahut. Seni Rampak Bedug berawal dari kebiasaan penduduk berkeliling kampung sambil memukul bedug kala sahur di bulan puasa. Yang kemudian dijadikan ajang untuk beradu keras memukul bedug. Alhasil terjadilah pertemuan antar mereka, saling beradu kekuatan bedug. Tari Rampak Beduk Banten dimainkan secara masal. Sekilas, gerakannya mirip tarian dari daerah Aceh.

Sumber : http://cilegon.go.id/cilegon/index.php/pariwisata/wisler

Selasa, 03 Maret 2015

Sungai Terindah di Dunia



Sungai yang satu ini berbeda dengan sungai pada umumnya. Keunikannya adalah air di sungai ini memiliki lima warna sekaligus. Yup, nama sungai ini adalah Sungai Cano CritalesDikenal pula dengan nama Sungai Pelangi atau Sungai Lima WarnaBahkan sungai ini dikatakan sebagai sungai terindah di dunia.

Sungai Cano Cristales terletak di Sierra de la Macarena, Kolombia. Warna air di sungai ini tidak biasa. Warna-warna seperti merah, kuning, hijau, cokelat dan biru terlihat menghiasi permukaan air sungai ini. Warna-warna tersebut berasal dari ganggang serta tanaman lain seperti lumut yang tumbuh di bebatuan alam yang ada di sekitar sungai. Air sungainya cukup jernih, tidak ada sampah. Udara di sekitar juga masih sejuk. Sehingga semakin menambah keindahan sungai ini.

Panjang sungai ini sekitar 100 meter dengan lebar sekitar 20 meter. Lokasinya terletak di daerah terpencil. Untuk sampai ke lokasi sungai hanya bisa dicapai dengan naik kuda atau jalan kaki. Namun hal tersebut tidak membuat putus asa para wisatawan yang ingin berkunjung untuk menyaksikkan fenomena alam ini.

Fenomena alam yang membuat air sungai menjadi berwarna-warni ini memang tidak bisa disaksikan setiap saat. Fenomena ini hanya bisa disaksikan antara musim hujan serta musim kemarau. Fenomena tersebut juga hanya berlangsung beberapa hari saja. Hal inilah yang membuat sungai ini istimewa.

Sumber : utiket.com

Senin, 02 Maret 2015

Lima Batu Termahal dan Langka di Dunia



Bebatuan langka apalagi yang berjenis batu permata memang sudah lama digunakan sebagai aksesoris dan perhiasan bagi umat manusiaKebanyakan bebatuan tersebut dijadikan sebagai kalung, liontin, gelang, bros hingga cincin. Nah, berikut lima bebatuan jenis permata yang termahal dan langka yang ada di dunia.

Jadeite

Batu jenis ini merupakan batu yang cukup langka dan memiliki nilai lebih dari USD 3 juta per karat. Tak heran bila pada tahun 1997 lalu yakni di Hongkong, terjual sebuah kalung dengan untaian batu jadeite senilai USD 9,3 juta atau sekitar Rp 109 miliar lebih.

Red Diamond

Red diamond atau berlian merah jumlahnya memang sangat sedikit di dunia ini. Sehingga nila jual batu jenis ini mencapai USD 2,5 juta per karat atau sekitar Rp 29 miliar lebih per karat.

Serendibite

Batu jenis ini pertama kali ditemukan pada tahun 1902 di Gangapitiya, Ambakotte, Sri Lanka. Istilah Serendibite sendiri berasal dari kata Serendib, yang merupakan istilah Bahasa Arab kuno untuk menyebut Sri Lanka. Batu ini terbagi menjadi tiga jenis yakni batu dengan kadar 0,35 karat, 0,55 karat serta 0,56 karat. Nilai jual batu ini mencapai USD 2 juta per karat.

Blue Garnet

Batu ini  merupakan salah satu batu langka yang mengandung banyak warna yakni merah, oranye, hijau, kuning dan lain-lain. Sedangkan blue garnet atau garnet biru sendiri merupakan jenis batu garnet yang paling langka. Garner biru ditemukan pada tahun 1990 akhir di Bekily, Madagaskar. Selain itu pernah juga ditemukan di Rusia, Amerika, Kenya, Tanzania serta Turki. Nilai jual batu ini bisa mencapai USD 1,5 juta per karat. Terkadang beberapa jenis batu garnet bisa berubah warna pada siang dan malam hari.

Painite

Batu jenis ini termasuk salah satu batu yang sangat langka. Pertama kali ditemukan di Myanmar oleh seorang peneliti ahli mineralogi berkebangsaan Inggris yakni Arthur C.D Pain pada tahun 1950. Susunan kimia yang membentuk bebatuan ini adalah kalsium, zirkonium, boron, aluminium dan oksigen. Nilai batu ini mencapai USD 60.000 per karat.

Sumber : utiket.com

Minggu, 01 Maret 2015

Tiga Kota Tebing Terindah di Dunia



Umumnya sebuah kota memiliki bangunan-bangunan yang berdiri kokoh di tempat yang nyaman dan aman untuk ditinggali. Namun tidak dengan beberapa kota di dunia ini. Kota-kota ini dibangun di pinggir tebing. Beberapa diantaranya merupakan kota kuno yang sudah ada sejak jaman Romawi Kuno. Selain berbahaya, namun ternyata memiliki nilai keindahan sendiri. Bahkan juga menjadi salah satu tujuan para wisatawan di dunia. Berikut tiga kota tebing terindah yang ada di dunia.

Ronda, Spanyol

Ronda merupakan nama sebuah kota yang ada di Spanyol. Kota ini juga merupakan salah satu kota tertua yang ada di Spanyol. Letaknya berada di sebelah barat Provinsi Malaga. Kota ini terbagi menjadi dua yakni kota tua dan modern, dimana keduanya dipisahkan oleh jurang atau tebing sedalam 100 meter yang bernama El Tajo. Sebuah pemandangan pegunungan yang sangat indah bisa Anda lihat dari sini. Di sini juga terdapat tiga buah jembatan yang menghubungkan antara kota tua dan modern. Ketiga jembatan tersebut dibangun di tiga jaman yang berbeda yakni di jaman Romawi, Moorish dan pada abad ke-18.

Bonifacio, Pulau Corsica

Bonifacio merupakan sebuah kota tua yang terletak di Pulau Corsica, Mediterania, Perancis. Kota ini berdiri di atas tebing putih dengan ketinggian sekitar 70 meter. Sedangkan di bawahnya merupakan hamparan lautan Mediterania. Hembusan khas angin laut serta burung-burung laut yang berterbangan merupakan pemandangan di kota ini. Selain itu tempat ini juga berfungsi sebagai pelabuhan kecil bagi kapal-kapal yacht yang mewah dari berbagai negara.

Santorini, Yunani

Santorini atau Thira merupakan sebuah kota yang terletak di Kepulauan Cyclades atau sekitar 200 km sebelah tenggara dari daratan Yunani. Bangunan-bangunan di kota ini berada di atas tebing dengan hamparan laut berada di bawahnya. Konon Santorini dulu terbentuk dari sebuah letusan vulkanik yang sangat besar. Suasana malam hari yang indah menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata terpopuler di Eropa.

Sumber : utiket.com