Sabtu, 25 April 2015

Ogoh-Ogoh



Ogoh-ogoh merupakan karya seni yang berbentuk boneka atau patung dari Bali. Ogoh-ogoh merupakan simbol dari unsur negatif atau sifat buruk yang ada di sekeliling kehidupan manusia. Ogoh-ogoh biasanya ditampilkan satu hari sebelum Hari Raya Nyepibiasanya dimulai saat hari mulai petang hingga tengah malam (pengerupukan). 

Ogoh-ogoh dahulu awalnya terbuat dari kerangka bambu yang dilapisi dengan kertas. Namun seiring dengan perkembangan zaman, ogoh-ogoh mulai dibuat dengan bahan dasar styrofoam. Dengan bahan inilah ogoh-ogoh bisa berbentuk tiga dimensi dan lebih hidup. Selain itu  bentuknya juga terlihat lebih halus. 

Proses pembuatan ogoh-ogoh bisa berminggu-minggu sebelum Hari Raya Nyepi, tergantung pada ukuran, jumlah orang yang mengerjakan serta bentuknya. Setiap tingkatan masyarakat di wilayah Bali mulai dari tingkat banjar umumnya akan membuat ogoh-ogoh. Setiap ogoh-ogoh pasti akan diarak, biasanya oleh sekumpulan pemuda maupun anak-anak dan diiringi oleh gamelan khas Bali. Ogoh-ogoh tersebut juga akan dilombakan. Pelaksanaan arak-arakan akan dikelola oleh sebuah panitia yang dibentuk oleh Sekaa Teruna Teruni yakni sejenis karang taruna di masing-masing banjar.

Bentuk ogoh-ogoh awalnya merupakan simbol perwujudan dari Bhuta Kala yang terdiri dari unsur alam yakni air, api, cahaya, tanah serta udara yang divisualisasikan dalam bentuk yang tinggi besar dan menyeramkan. Maknanya jika kekuatan alam tersebut terlalu besar atau berlebihan tentunya akan menjadi kekuatan yang merusak. Namun seiring berjalannya waktu, bentuk ogoh-ogoh kini tak harus selalu berbentuk wujud Bhuta yang menyeramkan. 

Dan memang pada saat arak-arakan berlangsung, banyak sekali wisatawanbaik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara yang ikut menyaksikkan, apalagi di sekitar kawasan Pantai Kuta. Jalanan tumpah ruah dengan wisatawan yang ingin menyaksikkan jalannya acara. Jadi sudah sepantasnya ogoh-ogoh yakni salah satu kesenian dan budaya khas Bali yang harus dilestarikan.

Sumber : utiket.com

Sabtu, 18 April 2015

Umbul Ponggok Klaten Indonesia



Introduksi 

Snorkeling merupakan olahraga air yang banyak digemari oleh para wisatawan. Mereka rela pergi jauh dan mengeluarkan banyak biaya demi mencari spot terbaik. Kegiatan ini biasanya dilakukan di bawah air laut yang dangkal. Selain bisa menikmati aneka flora dan fauna bawah air laut, kegiatan ini juga mempunyai sensasi tersendiri. Namun, tahukah Anda bahwa olahraga air seperti snorkeling itu tak hanya bisa dilakukan di laut saja, di air tawar pun Anda bisa melakukannya.

Yup, snorkeling air tawar ini bisa Anda lakukan di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Nama tempatnya adalah Umbul Ponggok. Sangat cocok untuk para pemula yang belum terlalu mahir dan ingin belajar snorkeling.

Umbul Ponggok merupakan sebuah mata air yang berbentuk kolam dengan panjang lebih dari 75 meter dan lebar lebih dari 40 meter. Kedalaman kolamnya pun mencapai dua hingga tiga meter (bagian tengah). Air di Umbul Ponggok ini sangat jernih. Airnya berasal dari mata air tanah yang hingga saat ini masih terus memancar. Saking jernihnya pengunjung bisa melihat aneka ikan di dalam air dengan jelas. Bahkan hasil dari berfoto ria di bawah air pun bisa terlihat sangat jelas. Namun untuk kamera tahan airnya, pengunjung bisa membawanya sendiri, karena pengelola belum menyediakan fasilitas ini.

Umbul Ponggok memang tidak menyediakan pemandangan bawah laut. Namun beberapa ikan juga dipelihara di umbul ini seperti nila, bawal, koi dan lainnya. Ikan-ikan ini tidak boleh dipancing, namun boleh dipegang. Tak perlu khawatir air Umbul Ponggok tidak akan berbau amis, karena air secara otomatis selalu berganti dan mengalir ke dua sungai di desa setempat.

Setiap harinya Umbul Ponggok ramai didatangi oleh pengunjung. Bahkan di hari libur pun pengunjungnya bisa mencapai hingga 600 orang per hari. Umbul ini juga sering dijadikan tempat untuk berlatih snorkeling. Bagi yang tidak mempunyai alatnya, di sekitar umbul juga disediakan jasa penyewaan alat snorkeling serta pelampung. Biaya sewanya pun cukup murah yaitu sekitar Rp 15.000 untuk sewa peralatan snorkeling lengkap.

Fasilitas

Beberapa fasilitas seperti tempat duduk untuk bersantai bagi para pengunjung, kolam khusus untuk anak-anak hingga taman bermain untuk anak-anak tersedia di kawasan ini. Selain itu beberapa penjual makanan dan minuman juga bisa Anda dapatkan di tempat ini. Anda juga bisa mendapatkan penginapan di pusat kota Klaten.

Akses ke Umbul Ponggok Klaten

Dari Solo rute terdekatnya adalah melalui jalan raya Solo-Yogyakarta.

Saat melewati Klaten berhentilah di Terminal Penggung. Terminal ini berada pada persimpangan lampu merah yang menuju ke Desa Ponggok. Dari sini ambilah arah ke kiri dan ikuti jalan hingga bertemu dengan Markas Koramil yang ada di sebelah kiri jalan pada pertigaan. Dari pertigaan tersebut ambil arah kanan, ikuti jalan dan Umbul Ponggok sudah terlihat.

Bila dari Yogyakarta, rutenya adalah melalu jalan raya Yogyakarta-Solo.

Setelah melewati Klaten, Anda akan menemukan Terminal Penggung. Dari terminal belok kiri dan ikuti jalan hingga Anda menemukan papan petunjuk arah jurusan Cokro-Solo-Boyolali. Ikuti arah tersebut hingga sekitar tiga kilometer jauhnya dan Anda akan menemukan lokasi Umbul Ponggok yang terletak di sebelah kiri jalan. Lama perjalanannnya sekitar satu setengah jam perjalanan.

Jam buka

Obyek wisata ini buka mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Biaya tiket masuk

Tiket masuk ke umbul dikenakan biaya sekitar Rp 3.000 per orang (hari biasa) dan Rp 4.000 per orang (akhir pekan dan hari libur).

Sumber : utiket.com

Rabu, 15 April 2015

Tips Diving Bagi Pemula



Saat Anda sedang liburan ke pantai, rasanya kurang seru bila hanya sekedar bermain-main air laut saja. Tentu akan terasa lebih mengasyikkan bila kita bisa melihat secara langsung keindahan bawah laut yang ditawarkan. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk belajar diving atau menyelam, simak beberapa tips berikut ini.

Perhatikan dan dengarkan petunjuk dari instruktur

Saat Anda mulai belajar diving, pertama kali yang akan Anda dapatkan adalah arahan dari sang instruktur. Arahan tersebut berisi tentang petunjuk cara menggunakan masker oksigen hingga cara melihat kadar oksigen di dalam tabung. Arahan ini sangat penting dan wajib Anda dengarkan! Jangan sungkan untuk bertanya bila Anda belum mengerti.

Pilih kacamata renang (goggle) yang pas di wajah

Kacamata renang atau biasa disebut dengan goggle merupakan salah satu perlengkapan untuk diving ataupun snorkeling. Kacamata renang yang pas atau sesuai di wajah Anda sangatlah penting. Anda tentunya tidak mau bila kacamata yang Anda gunakan ternyata tidak pas sehingga air bisa dengan mudah masuk ke dalam masker Anda bukan?

Untuk memilih masker yang sesuai dengan wajah Anda, caranya adalah dengan memakai masker tersebut di wajah Anda, namun tanpa menggunakan tali pengencang. Setelah itu hiruplah nafas melalui hidung dan tahan sebentar. Bila masker tersebut melekat pada wajah Anda, maka masker tersebut cocok untuk digunakan. Selain itu masker yang berbahan karet serta semakin lentur maka semakin bagus.

Jangan tahan nafas saat berada di dalam air!

Hal ini sangat penting. Kadang secara tidak sadar, seseorang akan menahan sedikit nafas saat menghembuskan udara lewat mulut. Padahal hal tersebut sangat berbahaya karena efeknya bisa menimbulkan kecelakaan pada paru-paru.

Yang harus dilakukan adalah bernafas secara normal serta santai selama berada di dalam air. Jangan panik. Hiruplah udara sedalam-dalamnya lewat mulut, lalu keluarkan secara santai lewat mulut. Ingat, kapasitas udara yang masuk dan keluar harus sama dan seimbang.

Jangan lupa hafalkan isyarat tangan

Selama berada di dalam air, untuk berkomunikasi, tentu akan menggunakan isyarat tangan. Ada beberapa isyarat tangan umum yang biasanya digunakan oleh para penyelam dan wajib Anda ketahui. Seperti jempol ke atas yang artinya naik ke permukaan. Jempol ke bawah yang artinya menyelam lebih dalam. Telapak tangan bergoyang dan membentuk seperti gelombang yang artinya ada masalah. Serta telapak tangan menarik garis horizontal yang artinya kehabisan oksigen.

Usahakan selalu dekat dengan instruktur

Saat sedang menyelam dan menikmati keindahan bawah laut tentu akan terasa mengasyikkan. Namun perlu diingat bahwa Anda masih pemula, sehingga usahakan jangan terlalu jauh dengan instruktur yang sudah profesional. Hal ini cukup penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada Anda.

Sesuaikan telinga dengan tekanan air

Sama seperti ketika Anda sedang naik pesawat. Saat pesawat, terbang lebih tinggi, maka tekanan udaranya semakin kuat sehingga membuat telinga terasa berdengung atau sakit. Hal tersebut juga terjadi saat Anda menyelam. Semakin ke bawah tekanan air semakin kuat. Agar telinga Anda tidak sakit caranya adalah dengan menelan ludah. Atau bisa juga dengan cara menekan dan menghembuskan nafas lewat hidung dalam keadaan hidung tertutup. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan sakit pada telinga. Bila masih sakit bisa jadi, Anda sedang mengalami flu. Untuk itu segeralah naik ke permukaan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sumber : utiket.com

Senin, 13 April 2015

Kellie’s Castle Ipoh Malaysia



Introduksi 

Selalu ada bangunan bersejarah yang merupakan wujud cinta kasih terhadap seseorang di setiap negara. Salah satunya dapat kita temukan di kota Ipoh, ibukota negara bagian Perak, Malaysia. Di kota ini terdapat sebuah kastil bernama Kellie’s Castle yang menjadi wujud cinta seorang suami terhadap istrinya. Walaupun kastil ini merupakan wujud cinta, namun berbagai kisah misteri melekat di bangunan ini. Kastil ini dibangun pada abad ke-19 oleh seorang pengusaha karet dari Skotlandia, Inggris bernama William Kellie Smith. Dahulunya William mencoba peruntungan dengan meninggalkan Skotlandia menuju ke Malaysia. Akhirnya dia berhasil menjadi pengusaha perkebunan sukses lalu kembali ke Inggris dan menikahi kekasihnya, Agnes Smith lalu memboyongnya ke Malaysia pada tahun 1903. Mereka kemudian dikarunai anak perempuan bernama Helen. Selang sebelas tahun kemudian, lahirlah anak kedua mereka, seorang laki-laki bernama Anthony. Sebagai wujud cintanya terhadap istrinya dan kelahiran putra keduanya, William memperbesar rumah yang mereka tinggali menjadi sebuah kastil pada tahun 1915.

William mendatangkan pekerja dan bahan bangunannya langsung dari India karena dia memiliki ketertarikan terhadap Hindu. Bahkan William pun membangun kuil Hindu di sekitar bangunan kastil ini. Di kastil terdapat sebuah tempat yang katanya akan digunakan sebagai lift. Jika lift tersebut ada maka akan menjadi lift pertama di Malaysia. Namun sayangnya hal tersebut tidak sempat terwujud karena banyak pekerja yang meninggal akibat flu dan meletusnya Perang Dunia II. Kemudian disusul dengan meninggalnya William akibat radang paru-paru pada tahun 1926 saat sedang dalam perjalanan ke Portugal bersama putrinya. Sepeninggal William, Agnes menjual kastil tersebut kepada sebuah perusahaan Inggris bernama Harrison and Crossfield dan meninggalkan Malaysia.

Namun perusahaan tersebut tidak melakukan perubahan apapun terhadap kastil itu. Hingga saat kastil tersebut menjadi tempat pengambilan film Anna and the King, banyak wisatawan yang berdatangan untuk menyaksikan kemegahan kastil ini. Walaupun berbagai cerita misteri sangat lekat di kastil ini, masih banyak wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara yang berdatangan untuk menyaksikan bangunan kuno yang tak sempat terselesaikan ini. Selain menjadi obyek wisata, kastil ini juga biasa digunakan untuk pengambilan foto pre wedding.

Tiket Masuk

Untuk warga negara Malaysia dikenakan biaya tiket masuk sebesar RM 5 (Ringgit Malaysia), sedangkan bagi para wisatawan mancanegara dikenakan biaya tiket masuk sebesar RM 10.

Jam Buka

Kellie’s Castle buka setiap hari mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 18.30 waktu setempat.

Akses ke Kellie’s Castle Ipoh

Perjalanan menuju ke Kellie’s Castle dari pusat kota Ipoh dapat ditempuh menggunakan kendaraan darat dengan lama perjalanan sekitar 30 menit. Jalan menuju ke kastil ini cukup sepi dan berkelok-kelok. Disarankan untuk kembali pulang dari kastil ini sebelum matahari tenggelam agar tidak tersesat di jalan.

Sumber : utiket.com

Jumat, 10 April 2015

Taman Tumbina Bintulu Malaysia



Introduksi 

Taman Tumbina Bintulu merupakan taman rekreasi di kota BintuluSarawak, Malaysia. Jaraknya sekitar lima kilometer dari pusat kota Bintulu. Taman ini memiliki koleksi flora dan fauna yang mampu menarik perhatian setiap pengunjung. Tidak hanya ramai dikunjungi oleh warga lokal saja, taman ini juga menjadi tujuan wisata bagi siapa saja yang berkunjung ke kota Bintulu. Terlebih lagi letak taman ini menghadap ke arah Laut Cina Selatan. Taman ini berdiri di atas lahan seluas sekitar 57 hektar dan dibangun pada tahun 1990 lalu oleh Bintulu Development Authorithy (BDA) dan secara resmi dibuka untuk umum pada tanggal 2 Agustus 1991.

Perpaduan kebun binatang dan tumbuhan ini menjadikan Taman Tumbina selain sebagai tempat wisata, juga yang sebagai tempat edukasi, konservasi serta tempat penelitian dan pengembangan. Koleksi binatang yang terdapat di sini, antara lain burung rangkong, harimau, flamingo, buaya dan masih banyak lagi lainnya. Terdapat sebuah tempat yang khusus berisikan kupu-kupu dengan nama Alam Kelebar (Butterfly World). Salah satu koleksi tanaman yang menjadi daya tarik taman ini adalah tanaman anggrek. Terdapat berbagi jenis tanaman anggrek yang menjadi koleksi taman ini dan tersimpan di dalam Orchid Garden.

Mintalah peta Taman Tumbina ini saat di pintu masuk agar tidak tersesat. Namun jika lupa tidak meminta peta tersebut, tak usah khawatir karena ada petugas yang bisa ditemukan dengan mudah di dalam taman ini. Di dalam taman ini juga terdapat kantin yang menjual makanan dan minuman bagi para pengunjung. Terdapat juga toko souvenir yang menjual berbagai macam kerajinan dan souvenir khas Sarawak.

Tiket Masuk

Tiket masuk untuk anak–anak dikenakan biaya RM 0.50 (Ringgit Malaysia), sedangkan untuk dewasa dikenakan biaya tiket masuk sekitar RM 2 (Ringgit Malaysia).

Jam Buka

Taman Tumbina Bintulu buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga pukul 16.30 waktu setempat.

Akses ke Taman Tumbina Bintulu

Taman Tumbina Bintulu hanya berjarak sekitar lime kilometer dari pusat kota Bintulu dan dapat dicapai dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi, sewa maupun taksi. Jika menggunakan taksi, tarifnya sekitar RM 15 sekali jalan.

Sumber : utiket.com

Senin, 06 April 2015

Menara Alor Setar Malaysia



Introduksi 

Menara Alor Setar merupakan salah satu ikon bagi negara bagian Kedah, Malaysia. Menara ini berada tepat di jantung kota Alor Setar, Malaysia. Selain merupakan ikon, menara ini juga berfungsi sebagai menara telekomunikasi sekaligus sebagai salah satu obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Menara yang dibangun pada tahun 1994 dan selesai pada tahun 1996 ini memiliki ketinggian sekitar 165 meter dan menjadikannya sebagai menara tertinggi kedua di Malaysia dan tertinggi ke 19 di dunia. Menara ini resmi dibuka untuk umum sejak tanggal 14 Agustus 1997.

Terdapat beberapa ruang di Menara Alor Setar yang dapat dikunjungi. Dimulai dari Amphitheatre yang merupakan ruang terbuka yang digunakan untuk pertunjukan seni dan budaya serta berbagai acara pameran. Ruang selanjutnya berada di ketinggian 88 meter yang bernama Observation Deck. Di sini merupakan tempat pengamatan bulan untuk menentukan hilal. Selain itu, di sini tersedia lima binocular otomatis yang dapat digunakan oleh pengunjung. Dari ruang ini para pengunjung dapat melihat panorama keindahan kota Alor Setar yang membentang dari Gunung Jerai yang dikenal dengan nama Kedah Peak hingga ke Gunung Keriang. Terdapat juga toko souvenir, tempat penukaran uang (money changer) dan outlet makanan ringan serta es krim.

Di ketinggian 94 meter terdapat Restoran Seri Angkasa. Selain menyajikan pemandangan yang indah, restoran berputar ini menyajikan berbagai macam menu yang lezat mulai dari menu lokal hingga internasional. Jika cuaca cerah, kita bisa melihat negara Thailand dari restoran ini. Di ruang terakhir yang berada di ketinggian 100 meter, kita dapat menemukan ruang bernama Mega View yang merupakan tempat yang dapat disewa untuk berbagai acara, seperti pesta pernikahan, ulang tahun dan berbagai acara extravaganza lainnya. Tentunya akan sangat berkesan saat mengadakan acara di atas ketinggian 100 meter dengan panorama yang sangat indah.

Akses ke Menara Alor Setar Alor Setar

Menara Alor Setar dapat dijangkau dengan mudah dari Bandara Sultan Abdul Halim, Alor Setar karena menara ini berada di jantung kota Alor Setar. Kita dapat menggunakan taksi dari bandara dengan lama perjalanan sekitar 30 menit.

Jam buka

Pukul 09.00 hingga pukul 22.00 waktu setempat.

Biaya tiket masuk

Untuk anak dengan usia sekitar 6 hingga 12 tahun dikenakan biaya RM 6 (Ringgit Malaysia) untuk tiket masuknya. Sedangkan untuk orang dewasa dikenakan biaya RM 12.

Sumber : utiket.com

Jumat, 03 April 2015

Glenelg Beach Adelaide Australia



Introduksi 

Glenelg Beach merupakan salah satu obyek wisata andalan dan terkenal di Adelaide, South Australia. Obyek wisata ini berupa pantai yang selalu ramai dikunjungi oleh warga Adelaide sendiri maupun para wisatawan yang sedang berkunjung ke South Australia. Pantai yang berada di kawasan Holdfast Bay ini menawarkan bermacam keindahan yang bisa membuat Anda betah berlama-lama untuk berada di sini.

Di pantai berpasir putih ini Anda bisa menikmati pemandangan laut yang indah dengan berjalan kaki atau bersepeda. Berenang, berselancar, snorkeling ataupun scuba diving juga menjadi kegiatan seru yang bisa Anda lakukan untuk bermain di air lautnya yang biru dan keeksotisan biota laut yang tersimpan di bawahnya. Tersedia pula perahu jet yang bisa Anda tumpangi untuk memacu adrenalin berkeliling pantai. Anda juga bisa menikmati day tour atau overnight adventure di atas kapal pancing.

Di tepian pantai ini terdapat kawasan yang bisa Anda jelajahi bernama Jetty Road. Di tempat ini Anda bisa menikmati berbagai kuliner yang disajikan oleh berbagai tempat makan dengan alam terbuka sekaligus berbelanja berbagai souvenir dan barang di ratusan toko yang berderetan. Jika ingin menikmati pengalaman santapan berkelas, Anda bisa berjalan sebentar ke arah Holdfast Marina dimana tempat ini merupakan tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan sunset menakjubkan di Glenelg. Selain itu, di tempat ini merupakan titik keberangkatan para wisatawan yang akan melihat lumba-lumba melintasi Holdfast Bay. Anda bisa mengikuti paket wisata yang tersedia untuk melihat lumba-lumba yang melintas dari jarak dekat dan bahkan Anda juga bisa berenang bersama lumba-lumba tersebut.

Anda juga bisa berjalan ke arah selatan dari Glenelg Beach menuju ke Marino Rocks atau ke Brighton yang juga merupakan kawasan pantai. Terdapat beberapa lokasi wisata lainnya yang bisa Anda jangkau dengan mudah dari Glenelg Beach hanya dengan berjalan kaki atau bersepeda, seperti Grange, Henley Beach dan West Beach.

Jika Anda beruntung datang ke pantai ini pada saat Australia Day, maka Anda bisa menikmati kemeriahan suasana pesta di pantai dimana pada hari tersebut akan digelar Glenelg Jazz Festival dan City to Bay Fun Run.

Akses ke Glenelg Beach Adelaide

Glenelg Beach berjarak sekitar dubelas kilometer dari pusat kota Adelaide. Anda bisa menuju ke pantai ini menggunakan trem yang menuju ke arah Glenelg. Nantinya trem ini akan menurunkan Anda di Mosseley Square yang berada tepat di belakang dermaga Glenelg Beach. Anda tinggal berjalan kaki sebentar untuk bisa menapakkan kaki di Glenelg Beach yang siap memanjakan mata Anda.

Sumber : utiket.com

Kamis, 02 April 2015

Kolam Susuk



Desa Junelu, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Indonesia 

Introduksi 

"Bukan lautan, hanya kolam susu. Kail dan jala cukup menghidupimu". Penggalan lirik lagu dari grup musik legendaris di era 70-an, Koes Plus pasti sudah tak asing lagi di telinga Anda. Tahukan Anda bahwa kolam susu yang ada di lagu tersebut benar-benar ada?

Kolam susu yang ada di lagu tersebut terinspirasi oleh salah satu obyek wisata yang ada di Atambua, Nusa Tenggara Timur. Obyek wisata ini aslinya bernama Kolam Susuk. Kolam Susuk sendiri berarti kolam nyamuk. Asal muasal nama Kolam Susuk sendiri berdasarkan legenda yang sudah dikenal oleh masyarakat setempat.

Menurut legenda, pada jaman dahulu ada tujuh bidadari yang singgah untuk membersihkan diri di Kolam Susuk ini. Bidadari tersebut merupakan utusan Raja Lifao dari Oecusse. Raja Lifao sengaja mengirim nyamuk untuk menganggu mereka saat tertidur. Karena gangguan nyamuk tersebut, para bidadari tetap terjaga sehingga tidak dimangsa oleh para pembantu raja. Berdasarkan legenda tersebut akhirnya masyarakat setempat menyebut kolam tersebut dengan nama Kolam Susuk yang artinya sarang nyamuk.

Kolam Susuk mempunyai pemandangan alam yang cantik. Bukan hanya Koes Plus saja yang jatuh cinta pada kolam itu tapi wisatawan pun banyak mengunjungi Kolam Susuk terutama pada hari libur. Bahkan pada saat even internasional yang diadakan oleh pemerintah setempat, yaitu Sail Komodo 2013, Kolam Susuk menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan internasional. Seperti yang tergambar di lagu Koes Plus tersebut, Kolam Susuk kaya akan ikan terutama ikan bandeng.

Bahkan masyarakat setempat dan pemerintah terus mengembangkan Kolam Susuk sebagai obyek wisata serta memanfaatkan Kolam Susuk sebagai pusat budidaya bandeng dan udang sehingga lingkungan di sekitar Kolam Susuk bisa terus terawat dengan baik. Kolam Susuk bukan satu-satunya tempat wisata alternatif di Atambua. Di dekat Kolam Susuk terdapat obyek wisata lain yaitu Teluk Gurita, salah satu dermaga penyeberangan di Kabupaten Belu. Jarak antara Kolam Susuk dan Teluk Gurita tidak begitu jauh, hanya sekitar 3 kilometer.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia masih sangat minim karena kurangnya perhatian dari pemerintah setempat. Namun bisa dibilang juga fasilitas di sini sudah jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun sebelumnya. Fasilitas air bersih, toilet, jalan yang bagus, pondok-pondok istirahat, rumah-rumah payung, pos penjagaan.

Akses ke Kolam Susuk

Kolam Susuk berjarak kurang lebih sekitar 20 km dari Atambua, tepatnya berada di Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Karena sulitnya transportasi dari Atambua, Anda bisa menyewa kendaraan. Jarak tempuh dari Atambua menuju Kolam Susuk sekitar 40 menit menggunakan kendaraan roda empat.

Makan di Kolam Susuk

Terdapat warung-warung dan kios-kios milik masyarakat setempat disekitar obyek wisata ini.

Sumber : utiket.com