Selasa, 29 September 2015

Tiga Lubang Biru Terdalam di Dunia



Lubang biru merupakan sebuah lubang / gua yang berada di bawah air. Biasanya terletak di bawah laut atau daerah pesisir dataran rendah. Lubang ini dapat terbentuk karena erosi batuan karbonat. Bila dilihat dari atas permukaan, bentuknya berupa lingkaran biru dengan warna gelap. Nah, berikut tiga lubang biru terdalam yang ada di dunia.

The Great Blue Hole of Belize
Lubang biru ini merupakan salah satu lubang biru terdalam yang paling terkenal di dunia. Letaknya berada di Pantai Belize, yakni sebuah pantai yang ada di negara kecil di pesisir timur Amerika Tengah. Lokasinya sering dikunjungi oleh berbagai penyelam dari seluruh dunia. Lubang biru ini memiliki kedalaman lebih dari 300 meter. Menurut para ahli, lubang ini terbentuk antara 150.000 hingga 15.000 tahun yang lalu.

Dean's Blue Hole
Dean's Blue Hole merupakan salah satu lubang biru terdalam di dunia. Lubang ini memiliki kedalaman lebih dari 200 meter dan merupakan salah satu lokasi favorit bagi para penyelam. Lokasinya berada di Clarence Town, Long Island, Bahama. Lubang ini terbentuk karena air tanah yang secara bertahap melarutkan batu kapur di dasar dinding laut, sehingga langit-langitnya menjadi rapuh dan runtuh. 

Uniknya lagi, bagian dalam lubang ini ternyata jauh lebih luas dari pada permukaannya. Pemandangan di dasar lubang pun sangat mengagumkan. Hanya penyelam bersertifikat saja yang diperbolehkan menjelajahi gua ini.

Blue Hole of Dahab
Lubang biru ini terletak di Pantai Laut Merah. Jaraknya sekitar beberapa kilometer dari Kota Dahab, Mesir. Kedalamannya mencapai sekitar 130 meter. Lubang biru ini merupakan salah satu lubang biru terdalam di dunia yang cukup terkenal. Meski begitu lubang biru ini telah membuat beberapa penyelam meninggal karena berusaha menemukan terwongan melalui karang yang dikenal dengan nama The Arc. The Arc tersebut menghubungkan lubang biru dengan laut lepas di kedalaman sekitar 52 meter.

Sumber : utiket.com

Rabu, 23 September 2015

Tiga Kecelakaan Pesawat Terparah di Dunia



Tragedi kecelakaan pada pesawat penerbangan memang kerap terjadi. Beberapa pesawat ada yang hanya mengalami kecelakaan ringan dan tidak menimbulkan korban jiwa. Namun sebagian ada pula yang menyebabkan korban jiwa. Berikut beberapa kecelakaan terparah tersebut.

Kecelakaan pesawat KLM 5805 dan pesawat Pan Am 1736
Kecelakaan ini terjadi pada tanggal 27 Maret 1977 pukul 17.06 waktu setempat. Kedua pesawat jenis Boeing 747 tersebut bertabrakan di Bandara Internasional Los Rodeos, Tenerife, Kepulauan Canary, Spanyol. Berdasarkan investigasi, kecelakaan tersebut terjadi karena adanya usaha lepas landas KLM tanpa izin dari ATC, faktor kebingungan dari kedua pilot karena petugas ATC menggunakan logat Spanyol serta pilot KLM tidak menggunakan bahasa standar penerbangan sehingga membingungkan petugas ATC. Kecelakaan tersebut menyebabkan 583 orang meninggal dunia dan 61 orang berhasil selamat.

Kecelakaan pesawat MH370
Kecelakaan ini terjadi pada tanggal 8 Maret 2014 lalu, pesawat MH370 milik maskapai Malaysia Airlines yang sedang melakukan penerbangan dengan rute Kuala Lumpur – Beijing mengalami hilang kontak di sekitar Samudera Hindia dan hingga kini pesawat tersebut belum ditemukan.

Kecelakaan pesawat MH17
Kecelakaan ini terjadi pada tanggal 17 Juli 2014, dimana pesawat MH17 milik maskapai Malaysia Airlines yang membawa 280 penumpang dan 15 awak kabin ditembak oleh sebuah rudal lantaran dianggap memasuki wilayah udara negara yang sedang berkonflik tanpa ijin. Sebelumnya diketahui bahwa pesawat tersebut melakukan penerbangan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur.

Sumber : utiket.com

Selasa, 15 September 2015

Pulau Unik Pulau Segajah Balikpapan Indonesia



Introduksi 

Pulau ini terletak di Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Bontang merupakan sebuah wilayah yang berjarak sekitar 250 kilometer dari pusat kota Balikpapan. Keunikan pulau ini adalah hanya akan terlihat pada saat di siang hari. Sedangkan saat malam tiba maka pulau ini akan tenggelam dengan sendirinya. Untuk itu bila Anda ingin berkunjung ke pulau ini haruslah pada saat siang hari, atau lebih tepatnya ketika air laut sedang surut. Karena saat air laut mulai pasang, maka Pulau Segajah seolah-olah akan tenggelam dan tidak terlihat. Selain keunikannya itu, Pulau Segajah mempunyai pemandangan alam yang cantik. Hamparan pasir di pulau ini berwarna putih. Air lautnya pun berwarna biru jernih sehingga cocok bagi Anda yang suka menyelam. Jangan khawatir karena pemandangan bawah lautnya juga cukup mengagumkan. Anda akan menjumpai banyak bintang laut yang berwarna coklat dan kemerahan. Pulau ini akan tenggelam saat malam hari atau ketika air laut mulai pasang, jadi tidak ada warung makan atau penginapan di sekitar pulau ini. Bila ingin menginap, Anda bisa mendapatkan penginapan di kota Bontang.

Akses ke Pulau Unik Pulau Segajah Balikpapan

Untuk menuju ke Bontang, lebih baik melalui Balikpapan. Dari Bandara Sepinggan Balikpapan, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan Bus AKDP (Antar Kota Dalam Propinsi) dengan tujuan ke pelabuhan yang ada di Bontang Kuala. Dari sini, Anda bisa menyewa perahu atau kapal motor dengan jarak tempuh sekitar 20 hingga 30 menit perjalanan.

Sumber : utiket.com

Rabu, 02 September 2015

Pantai Manggar Segarasari Balikpapan Indonesia



Introduksi 

Pantai Manggar Segarasari atau biasa disebut dengan Pantai Manggar merupakan salah satu tujuan wisata favorit bagi masyarakat kota Balikpapan. Pantai ini terletak di Kelurahan Manggar dan Teritip, Balikpapan, Kalimantan Timur. Luas wilayahnya kurang lebih sekitar 13.000 meter persegi.

Pantai ini mempunyai air laut yang biru dan hamparan pasir pantai berwarna putih. Ombaknya pun tidak terlalu besar, hanya riak gelombang kecil yang cocok untuk berenang. Di sekitar pantai juga banyak dijumpai tempat penyewaan pelampung dengan aneka bentuk dan warna. Pohon-pohon yang ada di sekitar pantai pun turut memberikan kesan teduh dan sejuk. Menariknya fasilitas di pantai ini bisa dibilang lebih komplit dibanding pantai-pantai lain yang ada di Balikpapan.

Anda tidak hanya bisa bermain air atau pasir saja, beberapa permainan seperti speedboat, jetski maupun banana boat juga tersedia di tempat ini. Selain itu Anda juga bisa bermain voli pantai ataupun sepak bola dan tak perlu repot karena net dan bola sudah disediakan di sini.

Tak perlu khawatir bila Anda merasa lapar, karena di tepian pantai akan banyak dijumpai penjual makanan. Para penjual sudah menyediakan tikar ala lesehan untuk duduk dan beristirahat sembari menikmati aneka kuliner yang dijajakan. Selain itu pengelola pantai juga sudah menyediakan tenda-tenda yang menghadap ke laut yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung.

Beberapa event juga sering diselenggarakan di pantai ini. Salah satunya adalah event yang berskala internasional seperti event Festival Layangan yang diadakan pada tahun 2010 lalu dan diikuti oleh 15 negara. Tertarik berlibur ke pantai ini? Jangan lupa jika Anda ingin datang ke pantai ini, sebaiknya membawa baju ganti.

Akses ke Pantai Manggar Segarasari Balikpapan

Lokasi pantai ini kurang lebih berjarak sekitar sembilan kilometer arah timur Bandara Sepinggan atau sekitar 22 kilometer dari pusat kota Balikpapan. Untuk menuju tempat ini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Bila Anda datang dari Terminal Damai, Anda bisa menggunakan angkutan umum dengan nomor tujuh yang berwarna hijau tua dan berhenti di Terminal Manggar. Selain itu Anda pun bisa menggunakan taksi.

Sumber : utiket.com