Minggu, 24 April 2016

Surga di Nusa Lembongan Bali Indonesia


Introduksi

Nusa Lembongan adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah tenggara Pulau Bali. Pulau ini terletak di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Jaraknya hanya sekitar 30 menit dari Bali. Pulau ini terbagi menjadi dua desa yakni Desa Lembongan dan Desa Jungutbatu.

Pulau ini memang kecil, namun jangan salah, di sini banyak sekali dijumpai obyek wisata yang menarik. Pantai-pantai di sini mempunyai hamparan pasir yang berwarna putih. Air lautnya pun berwarna biru jernih. Diantaranya adalah Pantai Dream Beach, Pantai Tamarind, Pantai Tanjung Sanghyang, Pantai Selegimpak dan beberapa pantai lainnya. Selain itu suasana pantainya juga masih sepi dari pengunjung.

Kebanyakan wisatawan yang datang ke pulau ini adalah wisatawan mancanegara. Bisa dibilang masih sangat sedikit wisatawan domestik yang berkunjung ke pulau ini. Wisatawan mancanegara yang datang ke pulau ini sebagian besar melakukan kegiatan surfing serta diving. Beberapa spot untuk surfing serta diving memang banyak terdapat di kawasan pulau ini. Tentunya tak hanya surfing dan diving saja, di pulau ini wisatawan bisa pula melakukan kegiatan trekking, memancing maupun snorkeling. Untuk keliling pulau tersedia jasa penyewaan motor karena tak banyak terdapat mobil di sini.

Saat air surut, pinggiran pantai di kawasan ini juga bisa digunakan untuk berenang. Air lautnya yang jernih juga terasa segar. Selain pantai, pulau ini juga memiliki obyek wisata lainnya seperti Rumah Bawah Tanah Gala-Gala, Gua Sarang Walet dan beberapa obyek wisata lainnya.

Puas berkeliling di Nusa Lembongan, Anda bisa langsung menuju ke Nusa Ceningan, yakni sebuah pulau kecil di sebelah Pulau Nusa Lembongan. Kedua pulau ini dihubungkan oleh sebuah jembatan kecil yang berwarna kuning. Ada banyak obyek wisata menarik di Nusa Ceningan. Salah satunya adalah Cliff Jumping (sebuah tempat dimana Anda bisa terjun bebas ke laut dari atas tebing) serta Secret Beach.

Fasilitas 

Ada dua pemberhentian di pulau ini yakni Jungut Batu dan Mushroom Bay. Di kedua pemberhentian tersebut banyak terdapat penginapan. Harganya pun bervariasi.

Di Jungut Batu, Anda bisa mendapatkan penginapan dengan harga mulai dari Rp 200.000 per malam dan sudah termasuk sarapan pagi. Sedangkan di Mushroom Bay, untuk penginapan yang lokasinya berada di pinggir pantai, harga sewanya sekitar Rp 500.000 per malam dan sudah termasuk sarapan pagi.

Selain itu, di pulau ini banyak tersedia jasa penyewaan motor serta jasa penyewaan perlengkapan untuk diving maupun surfing. Harga sewa motor untuk berkeliling ke pulau ini adalah sekitar Rp 50.000 hingga Rp 70.000 per hari. Jangan kaget karena sebagian besar motor di sini tidak menggunakan plat nomor. Anda pun tidak perlu menggunakan helm karena di pulau ini sama sekali tidak ada polisi.

Beberapa warung makan sederhana hingga restoran juga banyak terdapat di kawasan pulau ini. Menu makanan yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari Nasi Jenggo khas Bali hingga menu seafood. Beberapa toko souvenir juga tersedia di kawasan ini.

Akses ke Nusa Lembongan

Pulau ini dapat diakses melalui Pantai Sanur dengan menggunakan speed boat atau slow boat.

Bila menggunakan speed boat tarifnya sekitar Rp 75.000 (wisatawan domestik) dan Rp 175.000 (wisatwan mancanegara) untuk sekali jalan, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan. Untuk slow boat tarifnya sekitar Rp 50.000 (wisatwan domestik) dan Rp 100.000 (wisatawan mancanegara) untuk sekali jalan, dengan waktu tempuh sekitar 90 menit perjalanan.

Untuk slow boat, jadwal keberangkatan dari Pantai Sanur hanya tersedia pada pukul 10.30 WITA saja. Sedangkan keberangkatan dari Nusa Lembongan yakni dari Jungut Batu hanya tersedia di pagi hari yakni pukul 08.00 WITA.

Sedangkan untuk speed boat, ada banyak pilihan jadwal keberangkatan dari Pantai Sanur. Paling pagi keberangkatan pukul 08.00 WITA dan paling akhir keberangkatan pukul 16.30 WITA.

Biaya tiket masuk

Tidak dikenakan biaya untuk masuk ke pantai-pantai yang ada di pulau ini.

Sumber : utiket.com