Senin, 13 Juni 2016

Pulau Peucang Banten Indonesia



Introduksi 

Pulau Peucang berjarak sekitar sembilan puluh kilometer dari Jakarta atau tepatnya berada di Selat Panaitan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Pulau ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Ujong Kulon. Keaneka ragaman flora dan fauna di pulau ini, membuat UNESCO menjadikannya sebagai salah satu situs alam warisan dunia.

Pulau ini memiliki pantai yang sangat indah. Pasir pantainya berwarna putih, dipadu dengan warna air lautnya yang berwarna biru jernih. Tak hanya itu pemandangan bawah lautnya pun juga menakjubkan. Tak heran pulau ini menjadi salah satu tempat favorit bagi para penyelam. Selain menyelam, pengunjung pun diperbolehkan memancing di kawasan ini.

Nama Peucang sendiri konon ada yang menyebutnya berasal dari nama sejenis siput yang ada di kawasan pantai. Namun sebagian ada pula yang menyebutnya diambil dari nama sejenis menjangan yang ada di kawasan ini. Pulau ini mempunyai salah satu spot menarik yang disebut dengan Karang Copong. Karang Copong merupakan karang mati yang berukuran besar dan memiliki lubang. Letak karang tersebut berada di sebelah utara pulau. Untuk melihat pemandangan matahari terbit, para wisatawan biasanya berkunjung ke karang ini. Selain itu pulau ini juga memiliki kawasan hutan hujan tropis yang memiliki banyak flora dan fauna seperti rusa, aneka burung hingga lutung.

Di kawasan pulau ini telah tersedia fasilitas penginapan yang dikelola oleh PT Wanawisata Alam Hayati dengan biaya menginap sekitar Rp 150.000 hingga Rp 250.000 per hari (tanpa AC). Tersedia pula pilihan harga lainnya seperti Flora A dengan biaya Rp 780.000 untuk enam kamar plus AC. Selain itu terdapat pula beberapa rumah makan yang bisa Anda kunjungi.

Akses Ke Pulau Peucang Banten

Pulau ini hanya dapat dicapai melalui jalur laut yang dapat diakses melalui dermaga penyeberangan di Kecamatan Sumur yang berjarak sekitar sembilan puluh kilometer dari pusat kota Jakarta. Dari Jakarta ke Kecamatan Sumur, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa.

Bila menggunakan kendaraan sewa, Anda dapat menggunakan bus tujuan Kalideres - Terminal Labuan dengan biaya sekitar Rp 25.000. Lama perjalanannya sekitar empat jam. Dari terminal, dapat menyewa kendaraan menuju ke Dermaga Sumur.

Nah, dari dermaga, Anda dapat menyewa perahu nelayan menuju ke lokasi Pulau Peucang. Biaya sewa sekitar Rp 1.500.000 hingga Rp 2.000.000 dengan waktu tempuh sekitar tiga hingga empat jam perjalanan, tergantung kondisi cuaca dan ombak tentunya.

Sumber : utiket.com