Minggu, 31 Januari 2016

Candi Tanjungpura Banjarmasin Indonesia



Introduksi 

Satu lagi warisan budaya yang penelitiannya belum tuntas, yaitu Candi Tanjungpura terletak di desa Negeri Baru yang terkenal dengan nama benua lama, di Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang.

Letak Candi ini di pinggir sungai pawan. Penelitian Candi Tanjungpura di lakukan oleh Balai Arkeologi (Balar) Banjarmasin dan telah berhasil menyingkap beberapa temuan. Namun demikian penemuan ini masih dalam tahap awal, masih banyak misteri yang belum terungkap. Situs ini diduga merupakan Candi Tanjungpura Kuno. Nama Tanjungpura merupakan nama sementara, karena dari hasil penelitian belum diketahui.

Struktur bangunan Candi Tanjungpura yang berbahan batu bata merah dan dapat dilihat adanya arca dan relief pada dinding pintu masuk. Terdapat beberapa temuan yaitu lumpang (lesung) dari bahan batu andesit berukuran 40 cm dan di yakini merupakan peralatan rumah tangga masyarakat Tanjungpura. Temuan lain adalah terdapat dasar lingga yang bersegi lima, yang menjadi ciri dari Lingga. Candi Tanjungpura diduga sebagai pusat asal mula Kerajaan Tanjung Pura purba yang dahulu pernah berjaya pada abad ke 13-14. Melihat dari bentuk dan struktur candi yang terbuat dari bata merah ini , Candi Tanjungpura mirip dengan candi-candi yang ada di Jawa Timur. Selain itu terdapat pula makam muslim yang juga mirip dengan makam-makam muslim di Troloyo di trowulan ibukota Majapahit Kuno yang berdiri di abad ke 13 atau 14.

Sumber : utiket.com

Kamis, 28 Januari 2016

Rafting Bambu di Sungai Amandit Banjarmasin Indonesia



Introduksi 

Salah satu wisata sungai yang menarik yaitu rafting. Rafting memang seru, kita dapat menyusuri arus sungai serta menguji adrenalin. Rafting pada umumnya menggunakan perahu karet, tapi Anda akan menemukan sensasi rafting yang berbeda jika berkunjung ke kawasan wisata Laksodo tepatnya di Sungai Amandit, Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Rafting di sini memang lain, karena menggunakan bambu yang disusun rapi memanjang.

Rafting bambu ini sebenarnya terinspirasi oleh Suku Dayak Meratus yang menggunakan rakit bambu sebagai sarana transportasi. Seperti yang telah kita tahu Suku Dayak Meratus ini memang banyak tinggal di kawasan Kalimantan Selatan. Satu rakit bambu biasanya terbuat dari 10-20 batang bambu yang dirakit menjadi satu. Setiap rakit hanya boleh dinaiki maksimal 3-4 orang saja, ini sudah termasuk joki. Joki inilah yang akan mengendalikan rakit kita menyusuri arus sungai. Joki akan membawa bambu panjang untuk mengendalikan rakit. Jika kita beruntung kita akan mendapatkan Joki asli penduduk Suku Dayak Meratus. Sekitar dua jam kita akan diajak berkeliling Laksado dengan mengarungi Sungai Amandit.

Perjalanan rafting akan berakhir hingga Desa Tanuhi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Sepanjang perjalanan kita akan menemukan berbagai tantangan mulai dari arus deras hingga batu besar. Benar-benar uji adrenalin. Tapi tak perlu khawatir, meskipun terbuat dari rakitan bambu, perahu rakit ini dijamin aman. Bagaimana tertarik untuk mencoba?

Tiket

Rafting bambu ini dikenakan biaya sekitar Rp 250.000 untuk sekali jalan.

Akses ke Rafting Bambu di Sungai Amandit Banjarmasin

Untuk mencapai Loksado Anda harus menempuh pejalanan kurang lebih selama enam jam dari pusat kota Banjarmasin. Perjalanan bisa menggunakan bus atau kendaraan pribadi. Memang cukup jauh, tapi semuanya akan terbayar jika sudah sampai Loksado nanti.

Sumber : utiket.com

Rabu, 20 Januari 2016

Museum Geologi Bandung



Jalan Diponegoro No.57, Bandung, Jawa Barat 40122, Indonesia 

Introduksi 

Satu lagi wisata sejarah yang dapat ditemukan di daerah Bandung, Jawa Barat, yakni Museum Geologi. Museum yang didirikan pada tanggal 16 Mei 1928 ini memang menjadi salah satu tujuan wisata di Bandung. Letak Museum Geologi sangat strategis karena berada di pusat kota dan akses yang mudah untuk dapat mencapai lokasi menjadikan museum ini tidak pernah sepi pengunjung.

Museum ini terbagi atas dua lantai dimana setiap lantai memiliki ruang tersendiri. Lantai pertama, terbagi dari tiga ruang berbeda yakni sebelah tengah, timur dan barat. Ruang tengah atau Ruang Orientasi berisi peta geografis Indonesia dalam bentuk relief yang tepat berada sejajar dengan pintu masuk museum. Ruang barat atau sayap barat dikenal dengan istilah Ruang Geologi karena pada ruangan ini akan ditampilkan berbagai macam koleksi mengenai bumi, tata surya, fosil-fosil sejarah manusia menurut evolusi Darwin, keadaan geologi tanah Jawa, Maluku, Sulawesi, Sumatera, Nusa Tenggara dan Irian Jaya.

Sedangkan di ruang timur atau sayap timur merupakan ruangan yang menggambarkan mengenai sejarah pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Di ruangan ini banyak dipamerkan fosil-fosil makhluk purbakala, misalnya fosil gajah, badak, kerbau, hominid, dan lain-lain. Selain fosil hewan dan tumbuhan tersebut, di ruangan ini juga diperagakan atau dipamerkan fosil tengkorak manusia purba yang pernah ditemukan di Indonesia, yakni fosil Homo Erectus P. VII.

Sedangkan pada lantai dua hampir serupa dengan lantai pertama. Lantai kedua ini juga terbagi atas tiga ruang berbeda, yakni ruang barat, tengah dan timur. Pada ruang barat digunakan sebagai kantor yang dipakai oleh staff atau karyawan museum. Sedangkan pada ruang tengah dan timur digunakan sebagai ruang geologi kehidupan manusia. Pada ruang tengah, pengunjung akan dapat menyaksikan maket pertambangan emas terbesar di dunia yang letaknya di pegunungan Tegan, Irian Jaya. Pada ruang timur akan dijumpai beberapa ruang kecil yang menggambarkan mengenai hal-hal positif dan negatif mengenai tatanan geologi bagi kehidupan manusia, khususnya yang ada di Indonesia.

Akses ke Museum Geologi Bandung

Untuk dapat mencapai lokasi museum ini dari stasiun kota Bandung sangatlah mudah.

Ada dua cara, yakni menggunakan kendaraan pribadi maupu kendaraan umum. Bagi yang ingin menggunakan kendaraan umum ada dua alternatif jalan yang dapat ditempuh:

Pertama, dari pintu sebelah selatan (sisi Terminal Stasiun Hall) :

Anda dapat menggunakan angkot berwarna hijau-kuning-hijau dengan nomor 10 dengan rute Stasiun Hall-Sadang Serang. Nantinya turunlah di pertigaan Masjid Pusdai. Dari sini pengunjung harus berganti angkot dengan warna hijau-hitam bernomor 05 dengan rute Cicaheum-Ledeng yang menuju ke arah Ledeng. Nah, mintalah turun di Museum Geologi.

Alternatif kedua, dari pintu sebelah utara (Jalan Kebun Kawung) :

Dari sini, Anda dapat menggunakan angkot berwarna ungu-hijau dengan jalur nomor 26 dengan rute Tegallega-Cisitu dan turun di Pasar Balubur. Setelah seberangilah jalan, lalu naik angkot dengan warna hijau-hitam yang bernomor 05 jurusan Ledeng-Cicaheum. Dan Anda bisa turun di depan museum.

Jam buka 

Senin-Kamis pukul 08.00-16.00 WIB dan Sabtu-Minggu pukul 08.00-14.00 WIB. Sedangkan pada hari Jum’at dan hari libur nasional, museum ini tutup.

Biaya tiket masuk 

Biaya sekali masuk yakni sebesar Rp 2.000 per orang untuk pelajar atau mahasiswa, Rp 3.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp 10.000 per orang untuk wisatawan mancanegara.

Kontak info :
Phone: +62 22 7213822

Sumber : utiket.com

Minggu, 10 Januari 2016

Trans Studio Bandung



Jalan Gatot Subroto No. 258
Indonesia

Introduksi

Satu lagi tempat wisata yang dapat dikunjungi di Bandung, Jawa Barat. Kota Bandung yang dijuluki Paris Van Java ini memang memiliki beraneka ragam tempat wisata menarik, salah satunya adalah Trans Studio Bandung. Siapa yang tidak kenal dengan obyek wisata satu ini. Obyek wisata yang dikabarkan merupakan taman bermain indoor terbesar di Asia bahkan di dunia ini dikelola oleh salah satu corporate televisi swasta di Indonesia. Obyek wisata yang mulai dibuka umum tepat tanggal 18 Juni 2011 ini memang telah menyedot animo masyarakat khususnya wisatawan yang berkunjung ke kota Bandung.

Wahana Trans Studio Bandung ini terletak di Jalan Gatot Subroto No. 258, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Obyek wisata ini menawarkan 20 wahana permainan yang tentunya sangat menarik dan patut untuk dicoba. Wahana-wahana tersebut terbagi menjadi tiga bagian: Studio Central, Lost City dan Magic Corner.

Ada beberapa wahana yang dapat dinikmati. Bagi wisatawan yang menyukai tantangan ekstrim atau memacu adrenalin bisa mencoba beberapa wahana ini:

Yamaha Race Coaster

Roller Coaster terekstrim ketiga di dunia ini akan membawa wisatawan menahan nafas untuk beberapa saat karena Anda akan dibawa dengan kecepatan lebih dari 130 km/jam dengan ketinggian sekitar 40 meter dengan posisi kembali terbalik seperti saat pertama.

Giant Swing

Wahana yang memacu adrenalin ini merupakan pendulum raksasa yang diayun di atas ketinggian 30 meter.

Vertigo

Hampir sama dengan Giant Swing, Vertigo merupakan kincir putar yang akan memberikan tantangan bagi pengunjung berputar 360 derajat di atas ketinggian sekitar 40 meter.

Negeri Raksasa (Jack and The Bean)

Mengikuti cerita si Jack yang mencuri ayam emas milik raksasa di atas ketinggian dan dijatuhkan dari lantai lima atau setinggi tigabelas meter akan membuat jantung Anda serasa terhenti sejenak.

Dunia Lain

Di lokasi ini Anda akan dibawa mengelilingi gua Belanda yang sangat menyeramkan dan menegangkan, Ambulan berhantu dan berbagai macam perwujudan hantu lainnya akan siap membuat Anda menjerit ketakutan.

Tidak semua wahana di Trans Studio Bandung bersifat menantang. Ada juga wahana yang diperuntukkan bagi anak-anak dan keluarga, diantaranya adalah:

Pulau Liliput

Wahana ini dikhususkan untuk putra-putri Anda dimana di lokasi ini terdapat beberapa arena bermain dan berpetualangan yang menyenangkan bagi putra-putri Anda.

Si Bolang

Wahana ini akan menyuguhkan petualangan menarik. Anda beserta keluarga bisa mengelilingi seluruh provinsi di Indonesia bersama tokoh Bolang.

Dunia Anak (Kiddy’s Land)

Wahana ini menampilkan beberapa permainan yang tentunya akan sangat menyenangkan bagi buah hati Anda, diantaranya Tea Cup, Jump Around, Mini Bumper, dan lain-lain.

Science Center

Wahana ini menyuguhkan keajaiban dari ilmu pengetahuan yang tentunya akan menambah wawasan Anda dan juga buah hati Anda. Pengunjung juga dapat langsung mempraktekkan beberapa alat peraga yang terdapat di wahana ini.

Jelajah

Di wahana ini, wisatawan dapat merasakan sensasi berpetualang di rimba hutan Afrika dan bertemu dengan orang Indian dan di akhir perjalanan Anda akan merasakan sensasi terjun dari air terjun setinggi tigabelas meter yang siap membasahi pakaian Anda.

Skypirates "Zeppelin"

Wahana ini akan membawa wisatawan untuk berkeliling di hampir seluruh area Trans Studio Bandung menggunakan kapal udara dari ketinggian sekitar duabelas meter.

Marvel Superheroes The Ride 4D

Tokoh-tokoh pahlawan terkenal bisa Anda saksikan dalam pemutaran film pendek berdurasi sekitar sepuluh menit dengan kecanggihan empat dimensi. Sehingga pengunjung serasa dibawa dalam setiap adegan di film tersebut.

Amphitheater

Inilah salah satu pertunjukan terbaik kelas dunia yang dihadirkan oleh Trans Studio Bandung. Wisatawan akan dapat menyaksikan pertunjukan maha dahsyat yang menampilkan cerita yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Sangat perlu diketahui bahwa setiap wahana memiliki peraturan atau syarat tersendiri. Jadi, pengunjung senantiasa diharapkan untuk dapat mematuhi setiap aturan yang terdapat di setiap wahana permainan. Bagi pengunjung yang ingin menikmati keseluruhan permainan tersebut dapat membeli tiket masuk seharga Rp 150.000 pada hari Senin-Jum’at dan Rp 200.000 pada hari libur atau weekend. Bagi wisatwana juga disediakan tiket VIP yang tentunya akan sangat membantu dalam menikmati setiap permainan karena dengan VIP card ini Anda akan mendapatkan antrian yang berbeda dan lebih cepat. Untuk menadapatkan tiket VIP ini, wisatawan diharuskan menambah biaya sebesar Rp 250.000,-.

Di area ini juga telah tersedia berbagai macam outlet yang menjual makanan dan minuman. Selain itu, terdapat juga beberapa outlet yang menjual souvenir atau oleh-oleh khas dari Trans Studio Bandung. Namun pembelian di setiap outlet di area Trans Studio Bandung ini tidak dapat menggunakan uang cash. Setiap pembayaran untuk makan, souvenir dan lain sebagainya menggunakan kartu yang telah diisi ulang sebelumnya. Kartu tersebut bisa didapatkan ketika membeli tiket masuk dengan biaya sebesar Rp 10.000. Untuk dapat menggunakan kartu ini dalam setiap transaksi, pengujung terlebih dahulu harus mengisi ulang di outlet-outlet yang telah disediakan di seputar area Trans Studio Bandung dengan maksimum pengisian Rp 1.000.000,- (Mega Cash yang tidak terdaftar) dan Rp 5.000.000,- (Mega Cash terdaftar).

Akses transport ke Trans Studio Bandung

Lokasi Trans Studio Bandung bisa dicapai dengan mudah. Bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan kendaraan umum.

Bagi wisatawan yang tiba di Stasiun Kota Bandung, keluar terlebih dahulu dari sisi utara lalu menggunakan angkot berwarna hijau muda bernomor 12 dengan rute Stasiun-Hall-Gede Bage. Lalu turun di Jalan Jendral Gatot Subroto. Dari sini, lalu berganti angkot berwarna merah-hijau bernomor 30 dengan rute Elang Kalapa-Cicadas. Mintalah turun di depan Trans Studio Bandung. Angkot ini akan langsung membawa wisatawan tepat di depan pintu masuk Trans Studio Bandung. Biaya untuk sekali naik angkot tersebut adalah Rp 5.000 sekali jalan.

Apabila wisatawan menggunakan kendaraan umum lainnya, misalnya taksi, biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 40.000,- sampai Rp 50.000,- dari Stasiun Kota Bandung menuju Trans Studio Bandung.

Jam buka

Buka mulai pukul 10.00-22.00 WIB pada hari Senin-Jum’at dan 09.00-22.00 WIB pada hari libur atau weekend

Biaya tiket masuk

Tiket masuk seharga Rp 150.000 pada hari Senin-Jum’at dan Rp 200.000 pada hari libur atau weekend

Kontak info
Phone: +62 899-8240-236

Website: www.transstudiobandung.com

Sumber : utiket.com

Minggu, 03 Januari 2016

Pulau Tangkil Bandar Lampung Indonesia



Introduksi 

Pulau Tangkil letaknya berada di seberang Pantai Mutun. Tepatnya berada di Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Padang Cermin, Provinsi Bandar Lampung. Pulau ini dikelola oleh Tangkil Resort dan baru dibuka sejak awal Juni 2014 lalu.

Pulau Tangkil memiliki hamparan pasir pantai berwarna putih halus. Air lautnya biru jernih. Di sekitar pulau ini terdapat pepohonan yang masih rimbun.

Aktivitas 

Snorkeling/diving : Di pulau ini, terdapat spot yang bisa Anda gunakan untuk snorkeling maupun diving.

Jalan-jalan : Jika bosan berenang, Anda bisa mencoba untuk jalan-jalan menikmati panorama pantai.

Memancing : Anda bisa memancing di kawasan pulau ini.

Wahana air : Di pulau ini Anda dapat menikmati berbagai wahana air seperti banana boat (harga sewanya sekitar Rp 150.000 dengan kapasitas enam orang), kano (harga sewanya sekitar Rp 50.000), perahu donat ( harga sewanya sekitar Rp 125.000 untuk lima orang), perahu karet (harga sewanya sekitar Rp 175.000 untuk lima orang), parasailing (sekitar Rp 150.000 untuk orang).

Fasilitas

Jangan khawatir fasilitas di pulau ini sudah cukup lengkap mulai dari mushola, toilet yang bersih, warung makan hingga gubuk-gubuk yang disewakan yang bisa Anda gunakan untuk sekedar melepas penat sambil menikmati panorama pantai.

Akomodasi

Ada sebuah penginapan yang bisa Anda sewa di pulau ini.

Akses ke Pulau Tangkil Bandar Lampung

Pulau Tangkil jaraknya sekitar 10 hingga 15 menit dari Pantai Mutun. Pantai Mutun sendiri jaraknya hanya sekitar 25 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung, bisa diakses dengan kendaraan roda empat. Dari Pantai Mutun, Anda bisa menggunakan perahu untuk menuju ke pulau ini. Harga sewa perahunya sekitar Rp 15.000 per orang pp.

Biaya tiket masuk

Tiket masuk ke pulau ini cukup murah yakni sekitar Rp 6.000 per orang.

Sumber : utiket.com