Minggu, 21 Februari 2016

Aplikasi Pendukung Untuk Liburan



Teknologi saat ini sudah semakin berkembang. Termasuk berbagai pilihan aplikasi pendukung yang bisa diunduh di ponsel Anda. Nah, berikut beberapa aplikasi traveling pendukung yang bisa dicoba oleh para traveler. Mungkin nantinya bisa menolong Anda untuk merencanakan liburan.

Aplikasi peta dan navigasi

Sebenarnya ada banyak aplikasi peta dan navigasi. Salah satunya adalah Google Maps. Namun kini ada pula aplikasi baru yang cukup populer selain Google Maps yakni Waze

Aplikasi Waze mempunyai tampilan yang cukup menarik. Traveler juga bisa dengan mudah mendapatkan informasi arah jalan untuk destinasi yang ingin dikunjungi. Kelebihan lainnya adalah Waze juga mempunyai fitur bagi penggunanya untuk mendapatkan informasi dari pengguna Waze lainnya. Sehingga pengguna bisa mendapatkan info yang paling efisien untuk menuju ke tempat tujuan.

Aplikasi pemesanan

Ada banyak aplikasi pemesanan untuk tiket pesawat, kereta api maupun hotel. Setiap aplikasi mempunyai kelebihan masing-masing. Aplikasi pemesanan tiket pesawat, kereta api atau hotel pastinya akan sangat membantu Anda untuk merencanakan liburan. Nah, salah satu yang bisa Anda gunakan adalah utiket.com.

Aplikasi Emergency

Setiap negara pastilah mempunyai nomor telepon emergency. Misal di Amerika Serikat mempunyai nomor telepon emergency 911 atau Australia dengan nomor telepon emergencynya 000.

Nah, bila Anda berencana berlibur ke luar negeri, ada baiknya Anda mengunduh aplikasi untuk nomor telepon emergency. Salah satunya adalah !Emergency! Aplikasi ini secara otomatis akan mendeteksi nomor telepon emergency di negara mana Anda berada.

Sumber : utiket.com

Kamis, 11 Februari 2016

Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi Indonesia



Introduksi 

Taman nasional ini luas wilayahnya sekitar 58.000 hektar dan diresmikan pertama kali pada tahun 1982. Namanya adalah Taman Nasional Meru Betiri. Nama tersebut berasal dari nama gunung tertinggi yang ada di kawasan ini yaitu Gunung Betiri.

Taman Nasional Meru Betiri terletak di wilayah Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Di taman ini banyak terdapat berbagai tanaman langka seperti bunga raflesia, rengas, bakau hingga berbagai jenis tanaman obat-obatan. Selain itu berbagai satwa liar seperti kera ekor panjang, penyu belimbing, kumbang hitam dan lain-lain bisa ditemukan di taman ini.

Tak hanya itu, kawasan taman nasional ini juga mempunyai banyak pilihan obyek wisata seperti pantai (Pantai Rajagwesi serta Pantai Sukamade), padang rumput (Sumbersari) hingga teluk (Teluk Hijau). Di Pantai Rajagwesi, pengunjung bisa berenang maupun melakukan aktivitas lainnya seperti mengunjungi desa nelayan di kawasan tersebut. Sedangkan di Pantai Sukamede merupakan sebuah lokasi dimana pengunjung bisa menyaksikan penyu yang sedang bertelur.

Untuk Sumbersari merupakan kawasan padang rumput dimana pengunjung bisa menyaksikan berbagai hewan liar seperti rusa atau kijang. Begitu pula untuk kawasan Teluk Hijau, pengunjung bisa menjelajah hutan hingga berenang. Tak hanya itu berbagai kegiatan wisata lainnya seperti berkemah, trekking/climbing, penelusuran goa, menyelam, selancar, memancing hingga menyewa kano bisa Anda lakukan di sini.

Fasilitas 

Terdapat penginapan dengan daya tampung sekitar 40 orang yang terletak di kawasan Pantai Sukamade atau pondok wisata dengan daya tampung sekitar 24 orang yang juga terletak di kawasan Pantai Sukamade. Atau bila mau Anda bisa mendirikan tenda di kawasan ini, jangan khawatir karena terdapat bumi perkemahan di sekitar kawasan pantai. Untuk makanan, sebaiknya Anda membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Tersedia juga fasilitas MCK di sekitar kawasan ini.

Akses ke Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi

Akses menuju ke kawasan taman nasional ini dapat ditempuh melalui kota Banyuwangi atau Jember.

Dari Banyuwangi rutenya :

Banyuwangi – Jajag – Pesanggaran – Sungai Lembu – Sarongan – Kandangan – Pantai Rajagwesi (pintu gerbang taman nasional) – Sumbersuko – Pantai Sukamade. Waktu tempuhnya sekitar empat hingga lima jam perjalanan.

Dari Jember rutenya :

Jember – Ambulu – Tempurejo – Curahnongko – Andongrejo (pintu gerbang taman nasional) – Pantai Bandealit. Waktu tempuhnya sekitar satu hingga satu setengah jam perjalanan.

Biaya tiket masuk 

Hari biasa : Pengunjung domestik sekitar Rp 5.000/orang dan pengunjung mancanegara Rp 150.000/orang. Hari Libur : Pengunjung domestik sekitar Rp 7.500/orang dan pengunjung mancanegara Rp 225.000/orang. Untuk rombongan pelajar/mahasiswa (minimal 10 orang) : Hari biasa : Pengunjung domestik sekitar Rp 3.000/orang dan pengunjung mancanegara Rp 100.000/orang. Hari Libur : Pengunjung domestik sekitar Rp 4.500/orang dan pengunjung mancanegara Rp 150.000/orang.

Sumber : utiket.com