Jumat, 03 November 2017

Kepulauan Balabalagan Mamuju Indonesia





Kepulauan Balabalagan atau dikenal pula dengan nama Kepulauan Balabalakang merupakan sebuah kepulauan yang terletak di antara perbatasan Provinsi Kalimantan Timur dan Sulawesi Barat. Meski begitu secara administratif kepulauan tersebut masuk ke dalam wilayah Desa Balabalakang, Kecamatan Simboro dan Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Kepulauan Balabalagan terdiri dari beberapa pulau yang tentunya memiliki panorama yang indah. Beberapa pulau tersebut diantaranya adalah Pulau Popongan, Pulau Sabakatang, Pulau Samataha, Pulau Saboyang dan beberapa pulau lainnya. Ada dua cara untuk menuju ke kepulauan ini yakni dari Balikpapan atau dari Tanag Grogot, Provinsi Kalimantan Timur.

Aktivitas

Kepulauan Balabalagan memiliki pasir pantai yang berwarna putih serta air laut yang berwarna biru jernih. Ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini diantaranya :

Snorkeling/diving : Terdapat beberapa spot untuk snorkeling/diving di kepulauan ini.

Memancing : Beberapa sudut di kepulauan ini sangat cocok untuk memancing. Salah satunya ada di Pulau Sabakatang.

Berjemur : Beberapa pantai di kepulauan ini masih asri dan tenang, cocok untuk berjemur.

Fasilitas

Beberapa pulau di kepulauan ini sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum seperti toilet. Pulau Popongan merupakan pulau dengan fasilitas lengkap di kepulauan ini. Di pulau tersebut terdapat beberapa fasilitas untuk olahraga seperti lapangan bola, lapangan voli, badminton, tenis meja serta biliard serta mushala.

Selain itu hanya Pulau Popongan juga memiliki sumber air tawar. Sayangnya listrik belum sepenuhnya ada di kepulauan ini. Masyarakat setempat menggunakan genzet untuk penerangan mulai dari jam enam sore hingga jam sebelas malam waktu setempat.

Akomodasi

Belum ada hotel atau vila di kepulauan ini. Yang ada hanya rumah masyarakat setempat yang bisa dijadikan homestay. Kebanyakan wisatawan yang datang lebih memilih menginap di beberapa homestay yang ada di Pulau Popongan.

Akses Kepulauan Balabalagan
Ada dua cara untuk menuju ke kepulauan ini yakni melalui Balikpapan dan Tanah Grogot. Bila melalui Balikpapan rutenya adalah :

Dari Balikpapan, Anda bisa langsung menuju ke Pelabuhan Kampung Baru atau Pelabuhan Penajam. Dari salah satu pelabuhan tersebut, Anda bisa menyewa kapal nelayan setempat untuk menuju ke Kepulauan Balabalagan.

Dari Tanah Grogot :

Untuk menuju ke Tanah Grogot, Anda bisa melalui Batulicin. Jarak tempuhnya sekitar 6 jam perjalanan dengan kendaraan darat. Dari Tanah Grogot dilanjutkan ke Desa Lori menggunakan kendaraan darat (waktu tempuhnya sekitar 2 jam perjalanan).

Di Desa Lori terdapat sebuah dermaga kapal. Dari dermaga tersebut, perjalanan dilanjutkan menggunakan kapal menuju ke Kepulauan Balabalagan. Waktu tempuhnya sekitar 7 jam perjalanan tergantung cuaca.

Sumber : utiket.com