Selasa, 02 September 2014

Sinka Island Park Pontianak Indonesia



Tentang Sinka Island Park

Sinka Island Park merupakan salah satu obyek wisata di Pontianak, tepatnya berada di Teluk Ma’jantuh, Singkawang, Kalimantan Barat. Mengunjungi obyek wisata ini, kita bisa sekaligus berkunjung ke tiga tujuan yang berbeda, yaitu pantai, kolam renang dan kebun binatang. Ketiga tujuan wisata tersebut merupakan perpaduan antara obyek wisata alami dan modern.

Berada di Sinka Island Park kita bisa menikmati pemandangan Pantai Bajau di mana terdapat bebatuan yang bertaburan dengan air lautnya yang tenang dan angin yang sepoi-sepoi. Hanya saja bebatuan yang bertaburan di pantai ini memang sedikit menyulitkan pengunjung untuk berenang. Namun tidak usah khawatir karena masih ada beberapa permainan air yang bisa kita sewa untuk menikmati Pantai Bajau. Seperti banana boat, jet ski dan sepeda air. Atau bila mau penggunjung juga bisa menikmati keindahan pantai tersebut dengan berjalan kaki ataupun naik kuda yang disewakan. Bagi yang hobi memancing, pantai ini juga cocok untuk menyalurkan hobi tersebut.

Berada tak jauh dari pantai ini terdapat kolam renang dengan ukuran besar. Terdapat dua jenis seluncuran dengan ketinggian berbeda yang dapat digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Di dekat kolam renang ini tersedia pondokan yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk mengawasi anak-anaknya bermain di kolam renang. Di dalam area Sinka Island Park terdapat kebun binatang yang bernama Sinka Zoo. Sinka Zoo dibangun di atas lahan seluas 30 hektar dan memiliki koleksi binatang yang cukup lengkap. Terdiri dari 62 spesies dengan jumlah sekitar 200 hewan. Selain melihat berbagai jenis koleksi hewan, kita juga bisa memberi makan bahkan berfoto dengan beberapa hewan tertentu.

Satu lagi yang menarik di Sinka Island Park adalah Pulau Simping. Terdapat jembatan kayu yang bisa digunakan untuk menuju ke pulau ini. Pulau ini ditumbuhi dengan pepohonan dan memiliki bangunan kelenteng mini. Pada papan di dekat jembatan dikatakan bahwa pulau ini merupakan pulau terkecil yang diakui oleh PBB. Tak perlu khawatir kehabisan bekal dan kelaparan karena di kawasan Sinka Island Park ini tersedia kantin dan terdapat banyak penjual makanan dan minuman. Kita juga bisa menemukan banyak penjual souvenir di sini. Fasilitas umum yang bisa kita temukan di kawasan wisata ini adalah mushola dan toilet.

Harga Tiket

Harga tiket masuk ke Pantai Bajau sekitar Rp 20.000 per orang, sedangkan untuk sewa Banana Boat dikenakan biaya sekitar Rp 200.000/6 orang untuk 15 menit. Untuk tiket masuk ke Sinka Zoo, dikenakan biaya sekitar Rp 10.000 per orang.

Akses ke Sinka Island Park

Sinka Island Park berada di sebelah selatan kota Singkawang yang dapat ditempuh selama tiga jam menggunakan kendaraan darat dari pusat kota Pontianak.

Sumber : utiket.com