Minggu, 07 September 2014

Tips Rafting Aman Bagi Pemula



Arum jeram atau rafting merupakan salah satu olahraga yang memerlukan kekompakkan tim. Olahraga ini tentunya cukup menantang dan dapat memacu adrenalin. Selain para profesional, olahraga ini sekarang dapat dilakukan oleh para pemula. Mulai dari anak-anak hingga orang tua. Bahkan bagi kalian yang tidak bisa berenang. Nah, berikut tips aman melakukan kegiatan rafting bagi pemula.

Siapkan kondisi fisik

Sebelum melakukan kegiatan ini, pastikan terlebih dahulu kondisi fisik Anda cukup prima dan sehat. Kondisi fisik yang prima sangat diperlukan bagi olahraga ini untuk mengayuh dan menyeimbangkan badan.

Pilih lokasi yang aman

Pilihlah lokasi rafting yang sesuai dengan kemampuan diri Anda. Bila kemampuan diri Anda tidak mencukupi, jangan memaksa untuk tetap rafting di sungai yang khusus untuk profesional.

Pilih perusahaan / operator rafting

Perusahaan / operator rafting yang sudah berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik cukup penting. Pilihlah operator / perusahaan rafting yang menyediakan jasa asuransi bagi Anda. Selain itu operator / perusahaan rafting yang baik biasanya memiliki badan hukum dan alamat kantor yang jelas.

Gunakan pakaian yang ringan

Sebelum melakukan kegiatan ini, jangan lupa pakailah pakaian dengan bahan yang ringan. Untuk celana, jangan memakai celana yang bahannya dari jeans. Untuk kaos, bisa memakai kaos lengan panjang untuk memproteksi lengan Anda. Sedangkan alas kakinya bisa menggunakan sepatu atau sandal gunung.

Gunakan perlengkapan keselamatan

Selama melakukan kegiatan rafting, perlengkapan keselamatan wajib digunakan. Perlengkapan tersebut diantaranya meliputi helm, pelampung serta pelindung tangan dan kaki.

Patuhi arahan pemandu

Bagi pemula, memakai jasa pemandu dalam olahraga ini adalah wajib. Pemandu adalah orang yang pastinya sudah cukup berpengalaman dan profesional dalam melakukan kegiatan ini. Jadi sudah sepantasnya, harus patuh terhadap arahan pemandu.

Tetap tenang

Bila Anda jatuh ke sungai, pastikan diri Anda tetap tenang dan jangan panik. Selain Anda telah memakai pelampung, pemandu Anda pastinya akan segera melakukan pertolongan.

Sumber : utiket.com