Selasa, 08 April 2014

Jembatan Terpanjang di Dunia



Apa nama jembatan terpanjang yang ada di Indonesia? Apalagi kalau bukan Jembatan Suramadu, jembatan ini menghubungkan antara Surabaya dan Madura. Tapi tahukah Anda, apa dan dimana letak jembatan terpanjang di dunia? Penasaran? Yuukk simak informasinya:

Danyang-Kushan Grand Bridge

Jembatan ini adalah jembatan terpanjang di dunia yang memegang rekor Guinnes dari tahun 2011 hingga sekarang. Jembatan ini terletak di China. Mempunyai penjang hingga 164.800 meter. Letak jembatan berada di jalur rel antara Shanghai dan Nanjing di Provinsi Jiangsu China Timur. Jembatan super panjang ini membentang sejajar dengan sungai Yangtze.

Tianjin Grand Bridge

Jembatan terpanjang kedua di dunia saat ini diduduki oleh Tianjin Grand Bridge yang juga ada di China. Mempunyai panjang 113.700 meter dan selesai dibangun pada tahun 2010. Tianjin Grand Bridge merupakan jembatan bagi kereta api dengan kecepatan tinggi (High Speed Railway) dengan rute Beijing-Shanghai. Jembatan ini membentang antara Langfang dan Qingxian.

Winan Weihi Grand Bridge

Jembatan ini mempunyai panjang 79.732 meter dan merupakan jembatan kereta api cepat yang menghubungkan Kota Zhengzhou dan Xi’an di China. Jembatan yang pembangunannya selesai pada tahun 2008 ini awalnya tidak dibuka untuk umum. Baru pada 6 Februari 2010, jembatan ini mulai dibuka untuk umum. Jembatan ini menyeberangi sungai Wei dan sungai lainnya.

Bang Na Expressway

Mempunyai nama resmi Burapha Withi Expressway, jembatan ini menduduki posisi ke empat sebagai jembatan terpanjang di dunia. Mempunyai panjang 55 km dan berada di negara Thailand. Jembatan ini sempat mendapatkan rekor dari Guinness sebagai jembatan terpanjang di dunia untuk jembatan jalan raya pada tahun 2000. Pembangunan jembatan ini menggunakan metode kontraktor rancang bangun.

Beijing Grand Bridge

Posisi kelima untuk jembatan terpanjang di dunia saat ini di duduki oleh Beijing Grand Bridge. Jembatan ini mempunyai panjang 48.153 meter dan selesai dibangun pada tahun 2010. Meskipun selesai pada tahun 2010 tapi jembatan ini baru dibuka pada tahun 2011.

Saat ini Indonesia memang belum masuk dalam daftar pemilik jembatan terpanjang di dunia. Namun saat ini pemerintah Indonesia tengah merancang proyek Jembatan Selat Sunda atau JSS yang kabarnya jika jembatan ini jadi maka akan menjadi salah satu jembatan terpanjang di ASEAN bahkan di dunia. Semoga saja proyek ini cepat berjalan, dan Indonesia kembali mencatatkan karya infrastukturnya pada dunia.

Sumber : utiket.com