Rabu, 27 Agustus 2014

Taman Nasional Tanjung Puting Pangkalan Bun Indonesia



Tentang Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting berada di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin, Propinsi Kalimantan Tengah. Pada awalnya kawasan ini merupakan cagar alam dan suaka margasatwa pada tahun 1936 dengan luas 305.000 hektar. Kemudian pada tahun 1984 ditetapkan sebagai taman nasional dengan penambahan luas menjadi 415.040 hektar yang meliputi Suaka Margasatwa Tanjung Puting seluas 300.040 hektar, hutan produksi seluas 90.000 hektar dan kawasan perairan seluas 25.000 hektar.

Taman nasional Tanjung Puting berukuran seluas Pulau Bali dan memiliki beberapa tipe ekosistem seperti: hutan hujan tropis, dataran rendah, hutan tanah kering, hutan rawa air tawar, hutan mangrove, hutan pantai dan hutan sekunder. Letak taman nasional ini berada di ketinggian 0-100 mdpl dan merupakan rumah bagi satwa endemik dan dilindungi seperti: orang utan, bekantan, lutung merah, beruang, kancil, dan kucing hutan. Terdapat juga 200 jenis burung, 38 jenis mamalia, hewan liar lainnya dan sejumlah flora yang mendiami taman nasional ini. Taman Nasional Tanjung Puting ini merupakan pusat rehabilitasi orang utan pertama di Indonesia.

Terdapat beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi di Taman Nasional Tanjung Puting ini, diantaranya :
  1. Tanjung Harapan: berada di hutan sekunder dan hutan rawa, meruapakan stasiun pertama dalam proses rehabilitasi orang utan yang dilengkapi dengan pusat informasi, wisma tamu dan jalan trail.
  2. Pondok Tanggui: tempat di mana orang utan diobservasi secara tertutup dan terhindar dari kontak dengan manusia
  3. Camp Lakey: berada di hutan primer dan merupakan tempat bagi orang utan dari yang setengah liar sampai liar, dari yang baru dilahirkan sampai usia tiga tahun.
  4. Natai Lengkuas: merupakan stasiun penelitian bekantan dan pengamatan satwa lainnya melalui sungai.
  5. Sungai Buluh dan Danau Burung: merupakan tempat pengamatan bagi burung terutama burung migran.

Untuk melihat keseluruhan isi Taman Nasional Tanjung Puting ini disarankan berkunjung pada bulan Juni-September setiap tahunnya.

Akses ke Taman Nasional Tanjung Puting

Dari Pangkalan Bun kamu bisa menuju ke Kumai yang berjarak sekitar 8 km dengan kendaraan umum yang memakan waktu sekitar 15 menit. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju ke Taman Nasional Tanjung Puting menggunakan kapal tradisional yang disebut klotok dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Jika menggunakan speed boat hanya memakan waktu sekitar 1 jam.

Sumber : utiket.com